Alasan Mengapa Ponsel Android Memiliki Layar yang Besar

4 Feb 2012 13:00 4268 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kebanyakan layar ponsel Android berkisar antara 4,3 inchi jauh lebih besar dari pada layar yang dimiliki iPhone. Dengan layar selebar itu ternyata ponsel Android memiliki maksud dan tujuan desain tersendiri.

Setiap vendor ponsel ataupun "smartphone" memiliki ciri khas yang berbeda-beda dalam hal tampilan layar ponsel produknya. Hal yang menarik kemudian beralih kepada salah satu vendor ponsel yang kebanyakan menghasilkan produk ber-sistem operasi Android, di mana mereka selalu menghadirkan produk dengan layar yang besar dan lebar.

Ada apa sebenarnya di balik semakin lebarnya layar ponsel Android ini ketimbang dengan *smartphone* pesaingnya, iPhone yang memiliki lebar layar 3,5 inci. Kebanyakan layar "ponsel Android" berkisar antara 4,3 inchi jauh lebih besar dari pada layar yang dimiliki iPhone. Dengan layar selebar itu ternyata ponsel Android memiliki maksud dan tujuan desain tersendiri.

Berikut adalah alasannya: "Bergantung pada use interface Android" Pengembangan ukuran layar "ponsel Android" sudah didesain sedemikian rupa karena disesuaikan dengan interface ponsel Android tersebut, yaitu tergantung kepada proses "rendering" teks dan grafisnya. Proses "rendering" yang digunakan pada ponsel Android memakai sistem "rendering" yang sama dengan sistem operasi pada komputer dekstop yakni Windows, Linux dan Mac.

Oleh sebab itulah resolusi layar pada ponsel Android ini dikembangkan lebih besar, begitu pula pada ukuran layar yang ikut disesuaikan dengan resolusi yang ada. Semakin dinaikkan resolusinya, maka tampilan "interface" serta tombol-tombol yang ada, akan mengecil secara otomatis. Dan itu pulalah yang menjadikan ukuran layar ponsel Android ini menjadi 4.3 inchi, di mana *interface* dan tombol-tombol navigasi pada ponsel ini dapat terlihat dengan besar.

"Penggunaan chipset dengan ukuran besar" layar ponsel Android dibuat besar karena berfungsi untuk mendukung "chipset" dan mengakomodasinya. Salah satunya adalah "chipset" terbaru teknologi LTE   "(Long Term Service)", yaitu sebuah standar komunikasi akses data nirkabel berkecepatan tinggi. Bentuk dari "chipset" LTE ini memang masih berukuran besar untuk chipset yang baru saja di buat.

Nah dengan alasan inilah permukaan layar ponsel Android terlihat luas. "Sebagai ciri khas" Persaingan ketat dalam menggaet pengguna baru untuk mau memakai produk terbarunya juga menjadi melatar belakangi desain lebar layar ponsel Android ini. Lebar layar yang luas ini memungkinkan pengguna untuk melakukan banyak aktivitas terkait pekerjaannya. Seperti contoh aktivitas pekerjaan menggunakan "aplikasi office" yang memungkinkan kita untuk membaca dan menulis.

Jadi, dibutuhkan layar yang lumayan besar. Begitu pula untuk urusan bermain "game" dan grafis yang kebanyakan orang lebih suka dengan kondisi layar yang luas untuk memuaskan penglihatannya. Itulah sedikit "review" mengenai alasan penggunaan layar ponsel Android yang lebar dan luas, ternyata alasan di balik itu semua bukan hanya untuk memberikan ciri khas berbeda ketimbang "platform" lainnya, tetapi juga lebih menitik beratkan kepada sisi keseuaian dengan "interface" yang dimiliki sistem operasi Android itu sendiri. [KS]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel