Tips Pintar Memilih Aplikasi Di Android Market

28 Jan 2012 17:00 3813 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan aplikasi ber platform android di android market memang berkembang pesat, bayangkan saja sudah ada 200 ribu aplikasi pendukung yang ada pada Android Market ini. Ini semua bisa terjadi karena Google tidak menerapkan sistem approval yang ketat yang menjadikan aplikasi di Android Market tidak difilterisasi dengan baik seperti App Store lainnya.

Tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan aplikasi ber platform android di android market memang berkembang pesat, bayangkan saja sudah ada 200 ribu aplikasi pendukung yang ada pada Android Market ini. Ini semua bisa terjadi karena Google tidak menerapkan sistem approval yang ketat yang menjadikan "aplikasi di Android Market" tidak difilterisasi dengan baik seperti App Store lainnya. Dari sistem filterisasi yang tidak baik itulah muncul berbagai permasalahan yang menghantui para pengunduh aplikasi di Android Market ini.

Ditinjau dari segi keamanannya, aplikasi-aplikasi ini bisa saja disusupi oleh "spyware" dan "phising scam" yang keberadaanya pasti sangat merugikan data-data pribadi yang Anda miliki. Mungkin saja beberapa aplikasi yang ada pada Android Market bisa mencuri data-data pribadi Anda dari "smartphone" yang di akses, atau hanya akan memperberat kinerja "smartphone" Anda. Dan yang lebih parah lagi adalah tindakan "cybercrime" melalui "phising scam" dengan mengambil data-data penting hasil transaksi Anda menggunakan kartu kredit atau PayPal. Ada beberapa tips dan trik untuk menghindari hal-hal di atas pada waktu kita sedang asyik memilah dan men-"download" "aplikasi di Android Market" tersebut.

Tips dan trik disini bersifat sebagai pencegahan awal dari proses instalasi yang akan di lakukan di proses selanjutnya, seperti beberapa langkah penting pencegahan di bawah ini :

"Pengecekan Rating" Setiap aplikasi di Android Market memiliki rating dan tingkatan kepopuleran yang berbeda-beda, untuk poin tertinggi yaitu bintang 5. Untuk upaya pencegahan ringan adalah Anda bisa mengunduh aplikasi berating tinggi. Logikanya untuk aplikasi yang berating tinggi ini memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi pula dari pengguna aplikasi Android. "Selalu Membaca Komentar" Komentar-komentar yang tersemat pada aplikasi di Android Market juga bisa dijadikan sebagai tolak ukur yang besar untuk mengetahui kepopuleran aplikasi tersebut di mata para pengguna aplikasi ini.

Dengan melihat komentar-komentar yang diutarakan, Anda bisa mendapatkan rekomendasi gratis dari para pengunduh lainnya, terkait kinerja aplikasi tersebut di "smartphone", seperti apakah aplikasi itu "support" dengan "device" yang kita punyai atau tidak. "Cek Permissions" Pencegahan lain yang bisa anda lakukan selanjutnya adalah dengan mengecek permissions yang ada pada aplikasi di Android Market tersebut. Dengan kita mengecek "permissions" pada aplikasi tersebut, maka secara otomatis kita juga mengecek "permissions" aksesnya. Kalau saja kita tidak mengecek "permissions" yang ada dan kita tidak pernah menghiraukannya, maka pemberian "permissions" berlebihan akan membahayakan untuk "device" Android di dalam "smartphone" yang kita miliki.

Kita bisa mengecek nya dengan merujuk pada menu aplikasi di "Setting > Applications > Manage Applications" "Sumber Non-Market" Selain aplikasi di Android Market, banyak sumber-sumber aplikasi Non-Android Market di luar sana. Oleh karena itu Anda harus berlaku ekstra hati-hati kalau mengaktifkan Setting > Applications dan mencontreng Unknown Sources. Perlu cek benar kegunaan aplikasi yang akan Anda instal dari sana.

Yang pasti, lagi-lagi, cek Permission-nya. Pencegahan ini lumayan bisa mengetahui apakah aplikasi tersebut betul-betul aplikasi dari Android Market atau selundupan dari Market Store lainnya "Waspada terhadap Update Aplikasi" Meng-"update" aplikasi memang dirasa perlu di lakukan untuk memperbaruhi segala hal yang ada pada aplikasi tersebut, baik itu dari penambahan layanan dan perbaikan terhadap bugs. Tetapi mungkin hal ini tak selamanya bagus, apalagi ketika ada permintaan mengubah atau menambah Permission baru.

Anda perlu cek benar penambahan Permission atau perubahan pada update aplikasi tersebut. Kalau saja Anda tidak tahu dan benar-benar tak mengerti mending anda untuk melawati langkah tersebut, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Itulah sedikit langkah pencegahan ringan terhadap ribuan aplikasi yang beredar di android market yang ada.

Aplikasi di Android Market bisa saja menjelma sebagai aplikasi pembantu kinerja "smartphone" Anda, tetapi di lain sisi juga bisa merugikan Anda dan ponsel pintar Anda. Pintar-pintarlah memilah aplikasi yang bagus dengan beberapa aspek pencegahan diatas, syukur-syukur kalau Anda selalu meng-?"update" informasi dari forum-forum Android yang ada. [KS]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel