Tips Menambah Kemampuan Fotografi Ponsel Anda

26 Jan 2012 12:30 7242 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Saat ini hampir semua ponsel telah melengkapi dirinya dengan kamera. Selain semakin bagus dari segi tampilan dan desain, kemampuan kamera ponsel pun semakin meningkat dari segi kapasitas dan kualitas gambar. Begitupun dengan berbagai macam fitur yang memberikan Anda keasyikan tersendiri dalam menikmati petualangan fotografi ponsel.

Saat ini hampir semua ponsel telah melengkapi dirinya dengan kamera. Selain semakin bagus dari segi tampilan dan desain, kemampuan kamera ponsel pun semakin meningkat dari segi kapasitas dan kualitas gambar. Begitupun dengan berbagai macam fitur yang memberikan Anda keasyikan tersendiri dalam menikmati petualangan fotografi ponsel. Banyak orang mengatakan, bahwa fotografi terdiri dari berbagai macam disiplin ilmu, seperti seni, desain, jurnalistik, multimedia, arsitektur, hingga dunia visual.

Setiap orang dapat menjadi fotografer. Namun, tidak setiap fotografer ponsel memiliki kemampuan fotografi yang mumpuni. Kebanyakan dari pengguna hanya menikmati apa yang telah tersaji dalam fitur kamera ponselnya. Tapi, tidak banyak yang mampu menambah kemampuan fotografinya.

Terdapat berbagai macam cara untuk menambah kemampuan fotografi ponsel Anda. Salah satunya dengan cara melakukan Kontrol Eksposur. Anda dapat menghasilkan bermacam foto yang berbeda dengan memainkan eksposur kamera ponsel. Memotret gambar dengan under atau over-exposure dapat memberikan Anda hasil yang berbeda. Cara paling mudah adalah menggunakan built-in camera dan tap pada layar di area yang paling gelap atau paling terang.

Foto yang memiliki komposisi bagus seringkali menggunakan teori desain dasar. Anda dapat mencoba mempotret foto dengan elemen-elemen Simetri. Dengan mencari objek potret berupa garis, pola, dan bentuk lain, Anda dapat menggunakannya sebagai tampilan seni menarik.

Permainan cahaya pun akan menambah kemampuan fotografi ponsel Anda. Flash pada ponsel dapat memberikan cahaya tambahan tepat saat Anda menekan tompol potret. Tentunya, seringkali pula flash yang Anda gunakan terlalu memberikan cahaya tambahan yang berlebih. Jika Anda penyuka warna-warna ceria dan unik, Anda dapat menggunakan sejumlah Colour Flash Filter untuk mendapatkan foto dengan kesan film manual.

Selain aplikasi-aplikasi, kamera ponsel Anda pun akan lebih menghasilkan foto berkualitas jika menggunakan lensa tambahan khusus ponsel. Lensa ponsel dapat membantu Anda secara instan melalui lensa macro, fisheye, atau format lainnya.

Untuk mendapatkan hasil yang tak terduka, Anda dapat menggunakan cara Double-Filter Trick pada perangkat fotografi ponsel. Dengan Double-Filter Trick ini dapat memproses foto dengan dua filter sekaligus. Contohnya, jika Anda telah mengolah foto dengan filter black & white, Anda dapat mengolahnya kembali di aplikasi Instagram. Jika ingin melakukan Double-Filter Trick di Instagram, Anda perlu mengubah ponsel ke airplane mode (WiFi Off) sebelum mempublikasikannya. Dengan begitu ponsel akan menyimpan foto tanpa menambahkannya terlebih dahulu ke stream.

Double/Triple Exposure In-App adalah cara lain untuk menciptakan kesan pro di fotografi ponsel Anda. Sejumlah aplikasi seperti PhotoForge2 dapat membantu menghasilkan foto-foto cantik. Selain itu, cara lain yang terbilang unik dan sederhana adalah menggunakan berbagai macam benda menjadi filter kamera ponsel. Kamera kovensional memiliki lensa besar dengan filter tertentu saja. Sementara, kamera seperti iPhone memiliki lensa yang sangat kecil. Dengan begitu, Anda dapat melakukan fotografi ponsel dengan berbagai macam benda sebagai filter lensa. Contohnya, coba dekatkan kamera ponsel Anda dengan botol minuman ringan, plastik mika berwarna, ataupun film kamera 35 mm. Kemudian coba jepret dan lihat hasil yang Anda dapatkan. [MS]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel