Desain Aplikasi Android Lebih Mudah Menggunakan Android Design

20 Jan 2012 14:00 4147 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Kelihatannya Google mulai lelah melihat penampilan buruk aplikasi Android untuk versi terbarunya yaitu Ice Cream Sandwich. Android versi ini memang produk bagus tapi ketika Anda menjalankan aplikasi *third-part* hasilnya tidak sama dengan prinsip desain aplikasi pada sistem operasinya.

Kelihatannya Google mulai lelah melihat penampilan buruk aplikasi Android untuk versi terbarunya yaitu Ice Cream Sandwich. Android versi ini memang produk bagus tapi ketika Anda menjalankan aplikasi third-part hasilnya tidak sama dengan prinsip desain aplikasi pada sistem operasinya.

Menurut Christian Robertson, ketua tim Android visual desain yang juga designer dari Roboto font family, Ice Cream Sandwich adalah proyek desain ulang terbesar yang belum selesai. Tim nya akan meningkatkan kerangka user interface dengan interaksi baru dan gaya baru yang akan mengijinkan Anda membuat desain aplikasi Android yang lebih sederhana dan lebih indah dari sebelumnya.

Google mengumumkan peluncuran Android Design ini pada acara pameran elektronik paling bergengsi di dunia, Consumer Electronic Show 2012 di Las Vegas. Android Design ini dideskripsikan sebagai sebuah situs untuk mempelajari prinsip-prinsip desain aplikasi, building blocks, dan pola pembuatan antarmuka aplikasi Android berkelas dunia. Google akhirnya kini semakin memperhatikan kualitas desain antarmuka dari aplikasi-aplikasi Android.

Ini pertama kalinya Google melakukan hal ini pada Android. Jika dibandingkan dengan rivalnya seperti Apple dan Microsoft yang memiliki panduan UI (user interface) sejak lama. Dengan panduan antarmuka baru ini Google bertujuan untuk mencapai konsistensi yang sama.

Dengan pembuatan situs panduan desain aplikasi Android ini, tim Android User Experience berkomitmen untuk membantu Anda dalam merancang aplikasi yang luar biasa yang disukai banyak orang, dan ini merupakan sebuah permulaan. Pada beberapa bulan ke depan, mereka akan memperluas Android Design dengan lebih menekankan pada konten.

Sayangnya, situs Android Design ini sepertinya hanya ditujukan untuk desain aplikasi yang akan dibuat pada Android Ice Cream Sandwich saja. Beberapa poin yang dijabarkan pada situs tersebut tidak cocok untuk diterapkan pada aplikasi Android di versi lain.

Dengan adanya situs Android Design ini, para developer aplikasi Android akan memiliki satu tempat baru untuk mempelajari desain aplikasi Android. Ice Cream Sandwich akan menjadi sistem operasi Android pertama yang menggunakan standar desain dan antarmuka dari Google.

Bagi Anda para pengembang aplikasi Android bisa langsung mengunjungi situsnya di sini. [RK]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel