5 Tips Bermanfaat Untuk Memberdayakan Laptop dan Komputer Bekas

26 Mar 2013 11:00 10115 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jika Anda memiliki laptop dan komputer bekas, mungkin biasanya akan dijualnya untuk mendapat keuntungan lebih. Selain itu, mungkin ada juga di antara Anda yang hanya menyimpannya di gudang tanpa mempergunakannya lagi. Namun daripada Anda menjual atau menyimpannya, ada beberapa tips bermanfaat yang bisa dilakukan untuk kedua perangkat tersebut.

Jika Anda memiliki laptop dan komputer bekas, mungkin biasanya akan dijualnya untuk mendapat keuntungan lebih. Selain itu, mungkin ada juga di antara Anda yang hanya menyimpannya di gudang tanpa mempergunakannya lagi. Namun daripada Anda menjual atau menyimpannya, ada beberapa tips bermanfaat yang bisa dilakukan untuk kedua perangkat tersebut.

Tidak peduli apakah laptop dan komputer tersebut masih berjalan normal ataupun tidak, banyak hal-hal bermanfaat yang bisa Anda lakukan. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini Plimbi akan memberikan Anda beberapa tips untuk menjadikan laptop dan komputer bekas Anda menjadi lebih berguna. Apa sajakah tips tersebut? Simak tips triknya berikut ini.

Membuat Hard Drive Eksternal

Jika satu atau beberapa bagian dari komputer dan laptop Anda mengalami kerusakan, maka Anda dapat mengambil dan memanfaatkan komponen yang masih bekerja dengan baik. Sebagai contoh, jika hard drive yang Anda miliki masih bekerja dengan normal, maka Anda dapat mencopotnya untuk kemudian menjadikannya sebagai hard drive eksternal. Caranya pun sangat mudah karena Anda hanya tinggal menyambungkannya dengan konektor USB. Pastikan Anda memilih konektor USB yang tepat untuk hard drive Anda, karena hard drive laptop biasanya berukuran 2,5” sementara hard disk biasa memiliki ukuran 3,5”.

Donasikan Untuk Membantu Orang Lain

Hal selanjutnya yang dapat Anda lakukan dengan laptop dan komputer bekas tersebut adalah dengan mendonasikannya untuk kegiatan sosial. Terdapat banyak komunitas dan organisasi yang menerima barang-barang elektronik bekas untuk kemudian mereka jual dan hasil penjualannya didonasikan untuk berbagai kegiatan amal. Jika Anda ingin hal yang lebih sederhana, maka Anda dapat mendonasikan laptop dan komputer tersebut langsung ke orang yang membutuhkan, seperti untuk anak-anak di panti asuhan, dan lainnya. Selain bermanfaat untuk diri Anda, kegiatan tersebut juga tentunya akan bermanfaat bagi orang lain.

Mencoba Linux

Jika Anda seorang pengguna Windows dan belum pernah mencoba Linux, maka komputer dan laptop bekas merupakan perangkat yang tepat bagi Anda untuk mencoba berbagai macam hal baru seperti mencoba sistem operasi Linux. Ketika Anda mencoba Linux di komputer lama Anda tersebut, pasti Anda akan terkagum-kagum karena sistem operasi tersebut dapat berjalan dengan mulus di komputer lama terssebut. Hal tersebut tentu sangat wajar mengingat Linux membutuhkan daya yang lebih sedikit ketimbang Windows. Maka dari itu, Anda dapat belajar banyak hal dengan menginstal Linux di komputer bekas tersebut.

Jadikan Sebagai Media Station

Hal bermanfaat selanjutnya yang dapat Anda lakukan dengan laptop serta komputer bekas adalah dengan menjadikannya sebagai media station. Artinya, Anda dapat menjadikan komputer tersebut sebagai sumber hiburan yang tada habisnya bagi Anda. Sebagai contoh, Anda dapat menjadikannya sebagai sebuah radio dengan terus memutar stasiun radio kesukaan Anda dari situs Last.fm. selain itu Anda dapat juga menancapkan TV Tuner dan kemudian merekam semua acara televisi favorit Anda. Untuk lebih nyamannya lagi Anda dapat menghubungkannya dengan speaker wireless sehingga Anda dapat mendengarkan lagu ataupun siaran radio di manapun Anda berada. Selain hal-hal tersebut, masih banyak yang bisa Anda lakukan dengan laptop dan komputer bekas jika Anda ingin menjadikannya sebagai sumber hiburan. Yang diperlukan hanyalah kreativitas Anda untuk mengubahnya menjadi hal-hal bermanfaat.

Menjual Komponennya

Jika laptop atau komputer yang Anda miliki masih bekerja dengan baik, tentu bukanlah hal yang sulit untuk menjualnya. Namun jika ada satu atau beberapa komponen yang mengalami kerusakan, tentu saja Anda tidak bisa menjualnya sebagai satu kesatuan utuh. Maka dari itu, lebih baik Anda mengambil komponen-komponen yang masih berjalalan saja untuk kemudian menjual komponen-komponen tersebut secara terpisah. Komponen-komponen seperti hard drive, RAM, A/C adapter, motherboard, kartu grafis, dan kartu audio merupakan komponen-komponen bekas yang cukup banyak dicari. Anda dapat menjual komponen-komponen tersebut langsung ke toko komputer ataupun menjualnya secara online melalui KasKus, eBay, dan lainnya. Dengan menjual komponen-komponen tersebu, maka Anda akan mendapatkan tambahan uang untuk membeli hal-hal lain yang bermanfaat. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel