Mengenal Teknologi Jaringan Wireless WiGig (Wireless Gigabit), 10 Kali Lebih Cepat Dibanding WiFi

18 Jan 2012 15:00 5474 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Teknologi jaringan Wireless adalah teknologi nirkabel yang dapat menghubungkan dua piranti berbeda untuk saling menukar data tanpa perantara kabel. Dan saat ini tengah dikembangkan teknologi jaringan Wireless terbaru bernama Wireless Gigabit atau WiGig.

"Teknologi jaringan Wireless", adalah teknologi nirkabel yang dapat menghubungkan dua piranti berbeda untuk saling menukar data tanpa perantara kabel. Seiring perkembangan teknologi, akses data nirkabel yang paling banyak digunakan pengguna saat ini adalah menggunakan WiFi atau "Wireless Fidelity". WiFi memungkinkan seseorang yang memiliki perangkat komputer atau ponsel dengan kartu nirkabel "(wireless card)" atau *personal digital assistant* agar dapat terhubung dengan Internet melalui titik akses. Jaringan wireless memiliki ketergantungan pada kekuatan sinyal.

Agar dapat memastikan Anda mendapatkan konektivitas yang baik, harus dipastikan bahwa perangkat komputer atau ponsel Anda memiliki akses sinyal yang memadai. Hal tersebut menjadi titik lemah teknologi WiFi yang sering dirasakan oleh pengguna. Namun, berkat perkembangan teknologi yang begitu pesat, saat ini tengah dikembangkan teknologi jaringan Wireless terbaru bernama Wireless Gigabit atau WiGig.

Dua perusahaan pengembang "teknologi jaringan Wireless", Wireless GigaBit dan WiFi Allience saat ini tengah mengembangkan teknologi WiGig. Mereka mengklaim bahwa produk yang sedang dikembangkannya ini memiliki kecepatan sepuluh kali lebih cepat daripada kecepatan WiFi saat ini yang masih tertahan pada kecepatan "megabite per second".

Artinya, penggunaan WiGig akan berjalan dalam kecepatan "gigabite per second" atau Gbps. Manfaat penggunaan transmisi data dengan kecepatan tinggi ini adalah dapat menggantikan fungsi kabel dalam mengirimkan video dalam format HD "(High Definition)" dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Hal tersebut disebabkan karena teknologi jaringan Wireless harus dapat terus mengikuti perkembangan konten multimedia yang semakin kaya dan canggih. Teknologi WiGig ini akan dapat berjalan dengan kekuatan 1 Gbps hingga 7 Gbps. Artinya, kekuatan Wireless Gigabit ini memiliki kecepatan 10 hingga 70 kali lipat daripada WiFi. Selain itu, teknologi ini pun dipersiapkan agar dapat digunakan untuk HDMI "port", PCI Ecpress secara nirkabel.

Dengan kerjasama kedua perusahaan pengembang ini, memungkinkan WiGig dapat dipergunakan dengan WiFi yang berjalan pada frekuensi 2,4 GHz hingg 5 Ghz. Namun untuk mendapatkan performa maksimal dari WiGig, Anda harus menggunakannya dalam jarak 100 meter. Nyatanya, teknologi jaringan Wireless ini pun bukan hanya dilirik oleh pengembang WiFi Allience dan Wireless Gigabit saja. Perusahaan terkenal seperti Panasonic, Toshiba dan Hitachi pun telah melihat peluang mengembangkan teknologi WiFi saat ini. Mereka sedang menyiapkan produk nirkabel dengan kekuatan mencapai 60 GHz. Sejatinya, perkembangan teknologi jaringan Wireless Gigabit ini bukan dikhususkan untuk mengganti peran WiFi.

Kedepannya WiGig akan hadir sebagai bonus dari WiFi itu sendiri. Hal ini berkat bergabungnya kedua perusahaan pengembang tersebut. Sementara itu, dengan kehadiran WiGig, hal-hal yang tidak dapat dilakukan oleh WiFi dapat terbantu hanya dengan menggunakan Wireless Gigabit. {MS]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel