Aplikasi Android Snapdragon GameCommand Hadir Mengikuti Jejak Tegra Zone

17 Jan 2012 18:30 7051 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Nvidia dengan produk GPU Tegra miliknya telah lama meluncurkan Nvidia Tegra Zone, sebuah aplikasi Android yang berupa portal dan dirancang untuk memamerkan *game mobile* yang akan berjalan maksimal ketika menggunakan Tegra.

Nvidia dengan produk GPU Tegra miliknya telah lama meluncurkan Nvidia Tegra Zone, sebuah "aplikasi Android" yang berupa portal dan dirancang untuk memamerkan "game mobile" yang akan berjalan maksimal ketika menggunakan Tegra. Qualcomm sebagai vendor yang juga terjun ke GPU "(Graphic Processor Unit)" dengan produk Snapdragon tidak tinggal diam. Baru-baru ini, Qualcomm merilis aplikasi portal serupa bernama Snapdragon GameCommand. Ide dari Snapdragon GameCommand ini mirip dengan Nvidia Tegra Zone.

Aplikasi Android ini tersedia untuk diakses melalui *smartphone* dan tablet PC Android untuk diisi *game* yang memang sengaja dikembangkan agar bisa berjalan maksimal pada GPU Snapdragon serta pada beberapa konten eksklusif lainnya. "Aplikasi Android" ini bisa dibilang mirip seperti Android Market yang menyediakan aplikasi untuk di-"download".

Hanya saja, aplikasi GameCommand lebih mengkhususkan diri pada bidang "game" yang paling kompatibel dengan GPU yang digunakan oleh sebuah "handset". Snapdragon GameCommand memberikan kemudahan dalam menemukan, "organize" dan mengakses "game" Android terbaru yang kompatibel dengan perangkat ber-GPU Snapdragon mereka pada penggunanya.

Aplikasi Android ini sekaligus memberikan kesempatan kepada pengembang untuk mempromosikan fitur-fitur yang menonjol dari "game" ciptaannya saat digunakan dengan Snapdragon. Aplikasi Android Snapdragon GameCommand menunjukkan bahwa pembuat "chip" tidak hanya memperhatikan hal seputar "hardware chip" mereka saja, tetapi juga ekosistem perangkat yang menggunakan "chip" mereka. Lebih dari 60% pengguna "smartphone" menggunakan perangkat mereka untuk bermain "game" secara "regular", selain menggunakan fungsi *smartphone* lainnya.

Oleh karena itu, aplikasi Android seperti Nvidia Tegra Zone maupun Snapdragon GameCommand merupakan langkah yang efektif bagi para vendor GPU, karena selain vendor GPU bisa mengawasi dan mengajak pengembang untuk menciptakan "mobile game" yang bisa mengoptimalkan kemampuan "hardware" ciptaannya, dan sekaligus mempengaruhi permintaan pasar atas perangkat ber-*chip* snapdragon.

Untuk Anda pengguna perangkat Android yang ditenagai Nvidia Tegra, Anda bisa mendapatkan Nvidia Tegra Zone di sini. Sementara bagi Anda pengguna Android yang ditenagai Qualcomm Snapdragon, Anda bisa mendapatkan Snapdragon GameCommand di sini. [RY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel