Cara Mengubah Smartphone Menjadi Gamepad

21 Mar 2013 21:10 19578 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Smartphone yang Anda gunakan ternyata tidak hanya bisa digunakan untuk telepon maupun sekedar browsing internet, mau dijadikan sebagai gamepad (pengontrol game) dari permainan yang dimainkan komputer pun ternyata bisa. Aplikasi bernama Ultimate Gamepad bisa dijajal bila Anda mengguakan sistem operasi Android dan iOS (iPhone).

Smartphone yang Anda gunakan ternyata tidak hanya bisa digunakan untuk telepon maupun sekedar browsing internet, mau dijadikan sebagai gamepad (pengontrol game) dari permainan yang dimainkan komputer pun ternyata bisa. Aplikasi bernama Ultimate Gamepad bisa dijajal bila Anda mengguakan sistem operasi Android dan iOS (iPhone). Dengan aplikasi ini, ponsel pintar yang dimiliki dapat menjadi sebuah gamepad. Bermodal layar sentuh tentunya di mana tombol-tombol gamepad virtual cukup di-tap dan diusap untuk mengontrol game yang sedang dimainkan.

Aplikasi ini benar-benar gratis, termasuk aplikasi client yang harus diinstal di komputer apapun sistemnya baik Windows, Linux maupun Mac OS. Untuk koneksi antara smartphone dan komputer Anda bisa menggunakan koneksi wireless baik WiFi maupun Bluetooth. Cara instalasinya pun cukup mudah, Anda dapat menggunakan ponsel berbasis Android dan laptop Mac OS X pada tutorial ini.

Melakukan Pengaturan di Komputer

Tahap awal adalah dengan menginstal aplikasi yang diperlukan di komputer Anda terlebih dulu. Aplikasi untuk komputer ini kompatibel dengan Windows, Linux dan Mac OS. Pasang aplikasi Ultimate Control Receiver (v1.2) di perangkat Anda dengan mengunduhnya di sini. Pilihlah installer sesuai dengan sistem operasi yang Anda pakai, lakukan instalasi. Setelah aplikasi terpasang di komputer, jalankan. Ikon aplikasi di sudut atas (untuk Mac OS) atau di sistem tray (pada Windows) akan muncul. Aplikasi ini secara otomatis akan mengaktifkan pilihan koneksi Bluetooth dan WiFi di komputer Anda untuk mulai mengoneksikan komputer. Bukalah Setting dari Ultimate Control Receiver dengan mengeklik ikon lalu memilih Show setting. Anda bisa memberikan password koneksi untuk verifikasi penghubung antara komputer dan ponsel, ingatlah nama agent komputer yang tertera di sana. Jika sudah, klik Hide dan sekarang giliran Anda mengatur ponsel.

Melakukan Pengaturan di Ponsel

Sekarang, atur ponsel Anda untuk dijadikan gamepad di komputer desktop atau laptop Anda. Pastikan installer aplikasi sudah diambil dari website sumber atau pasar aplikasi untuk sistem ponsel Anda, setelah itu Anda bisa memainkan game seru di PC atau laptop tanpa perlu membeli game pad nirkabel baru. Serunya lagi, game pad ini dapat digunakan tanpa kabel sehingga gerakan-gerakan seru ketika bermain game dapat Anda lakukan.

  1. Instal aplikasi Ultimate Gamepad dari Google Play Store untuk Android dan App Store untuk iOS. Jalankan aplikasi, lalu akan muncul notifikasi untuk menginstal client di komputer. Lewatkan ini jika sudah menginstal client di komputer.

  2. Pada jendela aplikasi, pilih koneksi yang digunakan. Jika menggunakan Bluetooth, tap dan jika ada notifikasi pilih Yes. Selanjutnya pilih nama komputer yang Anda gunakan, ikuti proses berikutnya seperti pairing atau memasukkan password yang sudah Anda atur.

  3. Jika Anda menggunakan koneksi WiFi yang terhubung di hotspot rumahan atau kantor, pilih WiFi. Lalu pilih nama agent di komputer dan jika sudah terkoneksi tampilan game pad akan tampil di layar dengan pendaran warna biru. Untuk selanjutnya, game pad sudah dapat diaktifkan.

  4. Jalankan aplikasi game di komputer Anda dan cobalah untuk memainkannya dengan game pad. Beberapa setting juga tersedia di game pad ini. Tap tombol tanda panah atas dan bawah di tengah game pad hingga muncul menu drop-down.

  5. Untuk mengubah fungsi setiap tombol, aturlah di pengaturan buttons. Untuk melakukan konfigurasi seperti efek getar dan gerakan tombol, lakukan pada menu Configuration.

  6. Untuk menampilkan layar game pad dalam bentuk yang lebih luas, tap Full Screen. Jika ingin menonaktifkan, tap Quit.

Aplikasi Gamepad Untuk Ponsel

Beragam aplikasi bisa dapat dengan mudah Anda daptakan bila menginginkan aneka permainan menarik bisa dieksekusi dengan menggunakan ponsel pintar yang dimiliki. Inilah pilihan aplikasi-aplikasi untuk mengubah ponsel pintar menjadi pengontrol game di komputer desktop atau laptop Anda.

iOS

Android

[IRW]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel