Cara Memilih Aplikasi Keyboard Android Sesuai Kebutuhan

20 Mar 2013 10:00 9127 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ada aplikasi keyboard Android yang berbeda yang dapat Anda instal yang akan mengubah tata letak, bahasa, bahkan menambahkan fitur istimewa yang tidak dimiliki keyboard standar. Beberapa keyboard harus Anda beli, namun ada beberapa yang bisa Anda dapatkan secara gratis.

Jika ada alasan untuk memilih Android di antara banyaknya jenis smartphone, itu karena Android sangat mudah disesuaikan. Apakah Anda mencari berbagai jenis aplikasi, tema atau ROM, Anda selalu bisa melakukannya dengan hanya satu klik untuk mengubah cara telepon Anda beroperasi. Apakah Anda tahu bahwa Anda juga dapat mengganti keyboard dari telepon Anda ke sesuatu yang baru?

Ada aplikasi keyboard Android yang berbeda yang dapat Anda instal yang akan mengubah tata letak, bahasa, bahkan menambahkan fitur istimewa yang tidak dimiliki keyboard standar. Beberapa keyboard harus Anda beli, namun ada beberapa yang bisa Anda dapatkan secara gratis.

Fitur Keyboard Android

Sebelum membahas keyboard yang sesuai dengan kebutuhan, terlebih dahulu Anda harus menentukan apa yang menjadi kebutuhan. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah melihat semua fitur utama di seluruh keyboard dan memutuskan mana yang benar-benar dibutuhkan:

• Predictive typing. Ini adalah fitur untuk pengetik cepat yang hanya ingin menekan tombol demi tombol dan ponsel menguraikan kesalahan yang dibuat. Jika Anda adalah orang yang sangat berhati-hati saat mengetik, mungkin Anda tidak memerlukan fitur ini.

• Swipe typing. Anda tidak hanya men-tap, namun dengan menggesek memungkinkan Anda untuk menggeser jari Anda dari satu tombol ke tombol lainnya dan keyboard akan menguraikan kata mana yang Anda maksudkan. Sangat berguna ketika dikombinasikan dengan predictive typing karena ini jauh lebih cepat.

• Customization. Beralih di sekitar layout keyboard, menggunakan beberapa bahasa, mengganti warna tema dan font, mampu beralih ke fitur yang berbeda. Customization adalah salah satu poin utama dari Android, sehingga mempunyai keyboard yang bisa disesuaikan seringkali menjadi hal yang penting.

• Estetika. Beberapa orang tidak dapat mengetik pada keyboard yang jelek. Tidak ada yang salah ketika Anda menginginkan keyboard yang terlihat cantik, terutama Anda akan melihatnya hari demi hari.

Jadi sekarang Anda mengetahui apa yang Anda cari, lihat beberapa aplikasi keyboard Android gratis yang menerapkan fitur-fitur tersebut dengan cukup baik berikut ini.

SwiftKey Flow

Saat ini, SwiftKey hadir dengan versi baru dari aplikasi mereka yang bernama SwiftKey Flow. Saat ini masih dalam versi beta, yang berarti Anda dapat mengaksesnya secara gratis meskipun mungkin nantinya akan berbayar ketika meninggalkan versi beta. Jadi, gunakan selagi bisa! SwiftKey Flow memiliki hampir segalanya yang Anda inginkan dari keyboard Android, seperti swipe typing yang merupakan fitur baru, predictive typing (yang cukup akurat), beberapa penyesuaian, dan interface yang bersih.

Bahkan SwiftKey Flow memiliki analisa teks yang terlihat melalui teks dan email Anda (tentu saja ini hanya dengan izin Anda) dan mempelajari cara Anda mengetik dan kata-kata yang sering Anda gunakan. Hal ini meningkatkan algoritma predictive typing dan membuatnya lebih akurat. Aplikasi ini bisa didownload di sini.

Swype

Swype adalah aplikasi keyboard Android dengan swipe typing. Ini mungkin juga disertakan pada ponsel Anda secara default. Sayangnya, untuk satu dan lain hal aplikasi ini tidak tersedia di Google Play Store seperti kebanyakan aplikasi Android, jadi jika Anda tidak memilikinya Anda harus pergi ke situs resminya dan mengikuti instruksi untuk menginstalnya. Jangan khawatir, karena ini cukup sederhana.

Swype berjalan lancar bahkan pada ponsel dengan model yang lebih lama dan aplikasi ini memiliki beberapa fitur menarik seperti yang dimiliki SwiftKey Flow, yang bernama learning. Fitur ini mempelajari pola mengetik Anda berdasarkan teks dan email. Beberapa tambahan yang membuat Swype unggul dari beberapa aplikasi serupa adalah kemampuan pengenalan tulisan tangan dan pengenalan suara. Aplikasi ini bisa didownload di sini.

GO Keyboard

Jika Anda telah mencari aplikasi Android untuk beberapa waktu, Anda mungkin mengenal aplikasi dari GO. Tim GO menghasilkan banyak aplikasi mulai dari pengubah tema untuk penggerak homescreen dan banyak lagi. Mereka sangat populer dan jika Anda menggunakan banyak aplikasi GO, Anda dapat mengharapkan tingkat kualitas yang sama di sini.

GO dikenal untuk aplikasi mereka yang mengesankan dan untuk dukungan multinasionalnya, yang berarti bahwa keyboard keluaran mereka mendukung puluhan bahasa. Fitur predictive typing bekerja di beberapa bahasa dan layout keyboard. Ditambah, ada tema yang bisa Anda sesuaikan, Emojis, dan perubahan tata letak cepat dengan hanya menggesekkan jari Anda.

Fitur lain di GO Keyboard seperti tablet support, contacts import, swipe gesture support, dan tata letak berbagai bahasa. Sejauh ini, tidak ada swipe typing pada aplikasi ini, inilah yang menjadi kekurangan GO Keyboard. Anda bisa mendownload aplikasi ini di sini.

Smart Keyboard

Meskipun namanya Smart Keyboard, namun aplikasi ini tidak memiliki banyak fitur berteknologi tinggi. Tidak ada swipe typing, tidak ada gesture maupun predictive typing. Hanya keyboard normal, di mana Anda harus men-tap setiap tombol. Jadi, apa yang membuatnya smart? Aplikasi ini ramping, bersih dan sangat bisa disesuaikan.

Hal menarik tentang Smart Keyboard adalah bahwa Anda dapat beralih dari layout keyboard dengan sangat mudah. Aplikasi keyboard ini menggunakan sistem format keyboard open-source, yang berarti Anda dapat menyesuaikan layout keyboard menjadi seperti yang Anda inginkan. Selain itu, Smart Keyboard memiliki pilihan untuk mengubah ukuran tombol keyboard Anda menggunakan slider yang bisa disesuaikan dengan ukuran jari.

Satu kelemahan dari Smart Keyboard adalah bahwa pada versi gratis, layar keyboard sedikit rewel. Namun Anda hanya cukup men-tap untuk menghilangkannya, jadi ini tidak mengganggu seperti iklan. Jika merasa terganggu, Anda dapat meng-upgrade ke Smart Keyboard Pro dengan harga $2.64 di Play Store. Aplikasi ini bisa didownload di sini.

Adaptxt

Adaptxt adalah keyboard yang unik dalam hal aplikasi keyboard Android. Banyak orang yang menganggap aplikasi ini adalah yang paling estetis. Aplikasi ini memiliki tombol yang besar, desain grafis yang enak dilihat, sangat responsif dan cepat. Perbedaan kecil ini dapat membuat dampak yang besar dalam penggunaanya sehari-hari.

Adapun fitur-fiturnya, Adaptxt mendukung lebih dari 60 bahasa. Ini adalah pustaka bahasa yang besar dan mengagumkan, bahwa ia dapat melacak banyak bahasa yang berbeda dalam satu aplikasi. Adaptxt dapat memposting pesan yang Anda ketik langsung ke media sosial, jika Anda berada di dalamnya. Jika Anda membutuhkan akses cepat ke Wikipedia, Anda dapat mengetikkan kata dan langsung pergi ke halaman Wikipedia. Aplikasi ini juga memiliki predictive typing dan koreksi kesalahan.

Aplikasi ini bekerja pada ponsel dan tablet, ini merupakan nilai plusnya. Namun aplikasi ini memiliki beberapa fitur kecil yang tidak signifikan atau tidak penting, semua tergantung kebutuhan Anda. Aplikasi ini mendapatkan peringkat yang baik di Google Play Store, jadi ini layak untuk Anda coba. Anda bisa mendownload aplikasi ini di sini.

Kesimpulan

Apakah Anda sedang mencari predictive typing, swipe typing, customizability, estetika atau hal lainnya, salah satu aplikasi di atas bisa memenuhi kebutuhan Anda. Tentu saja, ada aplikasi keyboard gratis lainnya yang tidak termasuk dalam artikel ini yang bisa Anda coba. Jadi jika aplikasi-aplikasi di atas tidak sesuai dengan yang Anda inginkan, Anda bisa mencari yang lainnya. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel