Tips & Trik Android untuk Memaksimalkan Kinerja Smartphone Anda

12 Jan 2012 18:30 7984 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Semakin maraknya penggunaan Android sebagai OS (Operating System) di *smartphone* ataupun di tablet PC membuat si hijau satu ini menjadi salah satu OS yang sangat digemari, terutama orang-orang yang menyukai *open source*. Kali ini Plimbi akan memberikan tips & trik Android penting dalam penggunaan OS Android.

Semakin maraknya penggunaan Android sebagai OS (Operating System) di smartphone ataupun di tablet PC membuat si hijau satu ini menjadi salah satu OS yang sangat digemari, terutama orang-orang yang menyukai open source. Kali ini Plimbi akan memberikan tips & trik Android penting dalam penggunaan OS Android.

Rooting untuk Android

Root merupakan istilah untuk memodifikasi Android sehingga memberikan pengguna akses penuh dalam handphone Android tersebut, kinerjanya mirip dengan "run as administrator" dalam Windows. Contoh untuk tips & trik Android ini adalah software untuk rooting yaitu super one click dan Z4 root.

Mengoptimalkan Internal Memory

Internal Memory sangat penting karena penunjang performa dari si gadget, karena itu penggunaan internal memory dengan bijak sangat diperlukan. Tips & trik Android kali ini menyarankan penggunaan aplikasi yang sangat membantu di antaranya adalah link2sd dan app2sd yang fungsinya memindahkan file aplikasi yang terinstal di memory internal ke memory eksternal.

Meminimalisir Aplikasi yang Berjalan

Point ini ditujukan terutama untuk gadget yang memiliki RAM yang sangat terbatas. Beberapa aplikasi dalam Android dapat aktif tanpa sepengetahuan kita, seperti aplikasi browser ataupun jejaring sosial yang tidak secara otomatis tertutup bila kita keluar dari aplikasi tersebut. Tips & trik Android untuk hal ini adalah menginstall task manager untuk memonitoring penggunaan RAM.

Jangan Cabut Memory Card dalam Keadaan Menyala

Dalam kondisi aktif OS ini memerlukan beberapa file sistem yang terinstall di memory card, apalagi kita telah menginstallkan link2sd ataupun app2sd. Bila kita melakukan hal tersebut maka akan terjadi kerusakan pada sistem Android kita dan mengakibatkan beberapa aplikasi tidak dapat berjalan.Untuk amannya, artikel tips &trik; Android kali inimenyarankanAnda melepas memory card bila gadget dalam keadaan mati (power off).

Chainfire 3D untuk Gamer

Banyaknya game yang berjenis High Definition membuat beberapa gadget kepayahan dalam menjalankan game tersebut. Tips & trik Android untuk hal ini adalah instal aplikasi Chainfire 3D yang berguna untuk menurunkan kualitas grafis game sehingga tidak terjadi lag dan performa menjadi maksimal.

Back Up Data Gadgetmu

Point terakhir ini merupakan antisipasi kehilangan data pada gadget anda,karena dalam memodifikasi si hijau pasti ada resikonya. Tidak salah bila kita mem-back up data-data Anda bila terjadi hal yang tidak diinginkan.

Semoga tips & trik Android ini dapat membantu Anda dalam menggunakan OS Android. [KS]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel