Mengurangi Limbah Elektronik dengan Memperbaiki Handphone Rusak

9 Jan 2012 15:30 15820 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Punya limbah elektronik dari handphone yang sudah rusak? Jangan dibuang! Cobalah beberapa tips dari Paseban berikut ini dalam rangka memanfaatkan limbah elektronik.

Rata-rata, orang Amerika masih mengganti handphone-nya setiap 18 bulan sekali. Hal ini menyebabkan masalah yang terus tumbuh dengan limbah-limbah elektronik yang tidak didaur ulang sehingga menumpuk di TPA bahkan ada yang sampai dikirim ke luar negeri. Tidak jauh berbeda juga dengan keadaan di Indonesia yang didukung dengan gaya hidup konsumtif yang dominan.

Salah satu solusi untuk masalah ini adalah dengan memanfaatkan barang elektronik Anda menjadi sesuatu yang berharga. Tetapi, bagaimana bila handphone Anda rusak? Jika hal ini terjadi, ada baiknya bila Anda mencoba memperbaiki handphone Anda terlebih dahulu, apalagi jika handphone Anda masih memiliki garansi.

Garansi Produsen

Biasanya masa garansi handphone baru dari produsen yang baik rata-rata adalah 1 tahun. Bila terjadi kerusakan atau masalah pada handphone Anda, produsen akan menentukan apakah masalah handphone Anda tersebut mencakup garansi atau tidak sebelum menentukan penanganan lebih lanjut. Umumnya, bila terjadi kerusakan dalam masa garansi, handphone Anda akan diganti dengan yang baru.

Garansi Dealer/Toko

Dealer/toko handphone juga biasanya menyediakan garansi ketika kita melakukan pembelian di tempat mereka. Namun, tidak semua toko menawarkan jasa perbaikan pada beberapa merek handphone tertentu. Selain itu, tidak semua lokasi memiliki layanan di dalam tokonya, jadi Anda harus melakukan pengecekkan dan memeriksa lokasi toko dengan service center terlebih dahulu.

Bengkel Servis

Bengkel servis handphone saat ini dapat dengan mudah ditemukan di setiap daerah. Namun mungkin Anda tidak akan mengetahui pasti apakah mereka memiliki teknisi yang berpengalaman atau tidak, dan apakah mereka menawarkan garansi pada layanan mereka atau tidak. Jadi sebaiknya Anda mencari bengkel servis yang menyediakan pelayanan perbaikan karena biasanya biaya pengeluarannya lebih efektif ketika Anda langsung mendatangi bengkel servis untuk memperbaiki handphone Anda.

Memperbaiki Handphone Sendiri

Beberapa kerusakan handphone sebetulnya bisa diperbaiki di rumah, seperti kerusakan air yang harus ditangani sesegera mungkin contohnya. Membuat pilihan untuk memperbaikinya dirumah memang merupakan hal yang paling masuk akal di saat darurat. Kunci untuk menyelamatkan handphone yang rusak terkena air adalah dengan melepas baterai dan kartu SIM. Jikalau pun handphone Anda tidak dapat diselamatkan, maka kartu SIM yang telah dikeluarkan sangat penting untuk memulihkan data Anda.

Lap handphone untuk menyeka air sebisa mungkin. Gunakan handuk kertas untuk mengeringkannya. Kemudian simpan di suatu tempat, idealnya tempat yang hangat dan kering. Biarkan beberapa hari sebelum mengganti baterai. Jika handphone masih tidak bekerja, mungkin masih perlu perbaikan atau bahkan penggantian.

Untuk masalah lainnya, Anda dapat melihat panduan perbaikan secara online. Anda dapat menyimak beberapa artikel tips dari Paseban atau akses website seperti Repair4MobilePhone.org yang menawarkan berbagai tips perbaikan handphone. Sementara untuk cara memperbaiki handphone yang terbaik dapat diserahkan kepada sang ahlinya yang profesional. Namun, terkadang memperbaiki handphone di bengkel servis atau di toko dalam keadaan di luar garansi bisa menyebabkan Anda mengeluarkan biaya yang membengkak dari sebuah harga handphone itu sendiri. Jadi, intinya persiapkan dompet Anda. [ND]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel