Lancar Berinternet di Pulau Lombok

9 Jan 2012 11:30 9595 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Daerah Nusa Tenggara Barat dengan Ibukota Mataram saat ini lebih dikenal oleh masyarakat dengan sebutan Pulau Lombok. Meski tergolong kota kecil, namun Lombok selalu berbenah diri untuk menunjang pariwisata alamnya yang memukai seperti Pulau Senggigi, Gili Trawangan, dan Gunung Rinjani.

Daerah Nusa Tenggara Barat dengan Ibukota Mataram saat ini lebih dikenal oleh masyarakat dengan sebutan Pulau Lombok. Meski tergolong kota kecil, namun Lombok selalu berbenah diri untuk menunjang pariwisata alamnya yang memukai seperti Pulau Senggigi, Gili Trawangan, dan Gunung Rinjani.

Bandara Internasional Lombok yang baru beroperasi 1 bulan menggantikan bandara Selaparang yang hanya bisa didarati oleh pesawat - pesawat kecil merupakan bukti keseriusan Pemerintah Daerahnya dalam membangun sarana dan prasarana penunjangnya. Selain itu Pulau Lombok yang kaya dengan sinar matahari juga dimanfaatkan dengan membangun jaringan lampu jalan dengan panel surya sepanjang jalan mulai dari Bandara Internasional Lombok hingga sebelum memasuki Kediri, sebuah kecamatan di luar kota Mataram.

Jika Anda senang bepergian sendiri, Anda bisa menyewa mobil Rp 300.000an per hari (lepas kunci). Jika Anda belum bisa mengendarai mobil, Anda juga bisa memilih menyewa atau merental motor dengan harga Rp. 50.000 per hari, tergantung seberapa baik anda menawar harga sewanya. Selama 3 hari mengunjungi Pulau Lombok, Plimbi meluangkan sedikit waktu untuk menguji kecepatan sambungan internet dari 3 operator seluler yaitu XL, IM2 dan SmartFren.

Operator pertama yang diuji adalah IM2 dengan menggunakan pilihan internet sebesar Rp 50.000. Melalui perangkat komputer merek Lenovo dan modem Vodafone, Paseban tidak kesulitan melakukan sambungan internet terutama di tengah kota Mataram dan sepanjang jalan raya Senggigi. Dengan sambungan internet yang lancar Anda bisa berkirim foto dan *file* dan membaginya pada teman-teman Anda di dunia maya sekaligus mencari informasi tambahan mengenai objek wisata Pulau Lombok.

Operator berikut yang Paseban uji adalah SmartFren dengan komputer yang sama namun dengan jenis modem yang berbeda. Harap mahfum, kartu SmartFren yang Paseban miliki merupakan *bundling* dengan modem CDMA EVDO Sambungan internet dari Smartfren dengan pilihan internet Rp 50.000 pun ternyata memiliki sinyal yang sangat baik. Paseban mampu berselancar di dunia maya dengan sangat mudah.

Operator terakhir yang diuji adalah XL. Seperti pada tulisan TelcoJourney edisi Lombok sebelumnya, XL merupakan operator seluler dengan pengguna terbanyak di Pulau Lombok atau Mataram, mencapai 90% dari jumlah penduduk. Dengan pilihan internet yang sama dengan IM2 dan SmartFren yaitu Rp 50.000, kegiatan berinternet ria pun ternyata sangat lancar. Secara umum, sambungan internet ketiga operator tersebut sangat lancar dengan sinyal yang cukup kuat.

Artinya ketiga operator tersebut memiliki kekuatan yang sama. Satu-satunya kelemahan adalah untuk operator IM2 dan SmartFren hanya sedikit tempat yang menyediakan pulsa isi ulang sehingga Anda harus mengisi pulsa terlebih dahulu atau membawa cadangan voucher isi ulang. Bagi Anda yang tidak memiliki modem ataupun lupa membawa modem tidak perlu khawatir.

Di berbagai tempat di pulau Lombok khususnya cafe dan restoran biasanya memiliki sambungan HotSpot atau WiFi gratis. Anda dapat dengan mudah menemukannya karena beberapa tempat dengan jelas menuliskan kata "HotSpot" atau "WiFi" pada papan nama atau papan iklannya. Jadi Anda bisa tetap berlibur di pulau Lombok nan indah sambil tetap terhubung dengan dunia maya untuk berbagi pengalaman perjalanan yang memukau. (EK)

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel