Tips dan Trik Windows Agar Optimal Dalam Bermain Game

15 Mar 2013 10:00 3375 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Banyak hal sebenarnya yang menjadi faktor penyebab terjadinya hal tersebut seperti hardware yang terlalu panas, prosesor yang banyak memproses prosram, kerusakan RAM atau hardware lainnya atau driver dan lain-lain. Simak tips dan trik Windows yang bisa dilakukan menanggulangi masalah ini

Sulit rasanya untuk menolak tawaran game-game komputer yang ada saat ini. Dari sisi cerita dan teknologi yang digunakan membuat pengguna komputer semakin tertarik saja, tapi terkadang yang jadi masalah adalah kemampuan komputer. Secara minimum require komputer sudah memenuhi bahkan lebih walau sedikit. Tetapi ketika memainkannya, tetap terjadi lag atau tiba-tiba di pertengahan game terjadi error. Banyak hal sebenarnya yang menjadi faktor penyebab terjadinya hal tersebut seperti hardware yang terlalu panas, prosesor yang banyak memproses prosram, kerusakan RAM atau hardware lainnya atau driver dan lain-lain.

Namun, Plimbi akan memberikan beberapa bagian penting yang berpengaruh cukup signifikan mengurangi ketidaknyamanan Anda bermain game. Mari kita lihat apa-apa saja tips dan trik Windows yang bisa dilakukan menanggulangi masalah ini.

Update semua driver Dalam jangka waktu tertentu, perusahaan-perusahaan hardware meng-update driver-driver perangkat mereka. Ini bertujuan agar lebih bisa menghadapi perkembangan teknologi baik itu program atau game.

Untuk itu bila Anda ingin nyaman bermain game, update-lah driver-driver yang ada di komputer Anda, apalagi jika Anda termasuk orang yang suka mencoba game-game baru. Mungkin untuk AMD dan NVidia mudah untuk menemukan website resminya atau malah ada juga yang update secara otomatis, tetapi bagaimana dengan driver-driver yang lain. Perlu usaha sedikit menemukannya di internet, untuk membantu Anda menemukannya bisa menggunakan software Device Doctor, SlimDriver, DriverMax.

Matikan proses yang tidak penting Bila dibandingkan dengan Windows XP dan sebelumnya sekarang sudah lebih baik lagi, tetapi tetap saja ada saat di mana proses tersebut error atau tak mampu diproses komputer. Untuk melihat proses apa saja yang sedang berjalan pada komputer Anda bisa menekan tombol CTRL+ALT+DEL atau dengan mengklik kanan taskbar Windows dan pilih Task Manager.

Kemudian pilih tab Processes. Dari sini Anda akan bisa melihat berapa banyak program yang berjalan memakan RAM. Beberapa program yang sedang berjalan bisa dimatikan dengan mengklik kanan proses tersebut kemudian End Processe atau End Processe Tree untuk memaksa mematikan. Namun yang perlu menjadi catatan adalah, Anda harus tahu proses apa yang dihentikan. Segala yang masuk ke dalam sistem dianjurkan untuk tidak dimatikan karena akan berpengaruh pada Windows. Terkadang perlu me-restart komputer bila ingin kembali seperti normal lagi. Biasanya yang menjadi background processes seperti Chrome, Mozilla, DropBox, SkyDrive dan lain-lain. Proses yang seperti ini bisa Anda matikan selagi bermain game untuk menghemat RAM dan prosesor.

Instal Game di harddisk tercepat Anda Harddisk merupakan bagian penting dalam kecepatan memproses program karena disinilah disimpan file-file dari game tersebut. Anda perlu tahu drive mana yang paling cepat memproses data di harddisk. Namun, biasanya drive ‘C’ menjadi drive yang diposisikan untuk drive instalasi software. Bila tidak ingin di dive C karena kepenuhan atau alasan lainnya Anda bisa bisa menggunakan drive lainnya. Sebelumnya Anda bisa cek harddisk dengan software benchmark seperti SiSoft Sandra, ATTO atau HD Tune. Bila komputer Anda suport USB 3.0 dan memiliki flashdisk berkapasitas besar dengan teknologi USB 3.0, bisa menginstal game pada flashdisk tersebut, karena USB 3.0 sudah terjamin kecepatan bacanya.

Overclock video card Anda Video Card atau yang sering disebut VGA bertugas memproses gambar yang muncul di layar. Jadi semakin berat grafik yang ingin ditampilkan maka semakin besar pula kebutuhan video card ini. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal atur video card Anda dalam keadaan semaksimal mungkin. Alat untuk overcloak ini bila di NVidia disebut nTune dan di AMD disebut Overdrive. Tapi Anda harus ingat, overclock ini bukan tanpa resiko, terlalu menggenjot kemampuan video card Anda akan membuatnya harus menahan berat. Sebagai saran jangan terlalu tinggi overclock video card, bila ada perubahan seperti suhu komputer yang lebih cepat panas atau grafik mulai agak berbeda, hentikan segera overclock. 

Pengaturan pada Windows Banyak tips dan trik Windows yang bisa dilakukan untuk memperingan kinerja komputer seperti membersihkan registry, membersihkan memori, menambah RAM dan lain sebagainya. Tapi yang paling dekat adalah tips dan trik Windows dalam pengaturannya itu sendiri. Untuk Windows Vista ke atas, sudah disediakan pengaturan power, Anda bisa mengubahnya menjadi hight performance agar mendapat kekuatan maksimal dari komputer. [RTH]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel