Tips Memaksimalkan Fungsi Baterai Samsung Galaxy Tab 10.1

6 Jan 2012 15:30 7269 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Dengan fitur-fitur menarik yang Samsung sajikan, penggunaan *tablet* pun semakin lama. Namun, sebagian pengguna seringkali bermasalah dengan kinerja baterai yang kurang maksimal. Berikut Paseban uraikan beberapa langkah untuk meningkatkan kinerja kinerja **baterai Samsung Galaxy Tab** 10.1

Belum lama ini Samsung menghadirkan tablet terbarunya ke pasaran global. Samsung Galaxy Tab 10.1 ini memiliki kecepatan 1 GHz *dual-core prosessor* Tegra NVIDIA 2 untuk mengakses aplikasi multimedianya. Selain itu, dengan 3 MB LED *flash* kamera digital, pengguna *tablet* dapat mengabadikan gambar foto dan video berkualitas HD 720p.

*Tablet* ini pun dilengkapi dengan OS Android v3. 1 (Honeycomb). Samsung Galaxy Tb 10.1 memiliki fitur gambar brilian sebesar 800 x 1280 piksel dalam layar sentuh LCD TFT WXGA. Dengan fitur-fitur menarik yang Samsung sajikan, penggunaan *tablet* pun semakin lama.

Namun, sebagian pengguna seringkali bermasalah dengan kinerja baterai yang kurang maksimal. Berikut Paseban uraikan beberapa langkah untuk meningkatkan kinerja kinerja baterai Samsung Galaxy Tab 10.1 **Matikan WiFi Bila Tidak Digunakan** Samsung Galaxy Tab 10.1 didukung oleh WiFi b/g/n. Ketika Anda melakukan pengaturan WiFi, jangan lupa untuk mematikannya terlebih dahulu apabila memang tidak digunakan. Karena ketika WiFi telah hidup, itu akan menguras baterai Samsung Galaxy Tab Anda. Maka, cobalah agar tidak terlalu sering melalukan pengaturan WiFi **Turunkan Brightness Tablet** Sebetulnya ini masalah yang seringkali terulang bagi pengguna tablet.

Ukuran tablet Samsung Galaxy Tab ini adalah 10,1 inci atau sekitar 800 x 1280 piksel layar besar. Masalah yang seringkali menimpa baterai tablet ini adalah tingkat kecerahan layar yang tinggi. Hal tersebut dapat menguras baterai secara masif. Maka, agar baterai Samsung Galaxy Tab Anda dapat tahan lama, jaga tingkat kecerahan tablet Anda serendah mungkin. **Matikan GPS** Hal ini seringkali terjadi ketika Anda tengah berpergian menggunakan GPS.

Apabila GPS Samsung Galaxy Tab 10.1 diaktifkan terus menerus untuk mencari lokasi yang Anda inginkan, dapat mengakibatkan pemborosan baterai. Walaupun daya kurasnya tidaklah terlalu tinggi, dengan mematikan GPS setidaknya Anda memiliki sedikit cadangan baterai. Maka, aktifkan GPS hanya ketika Anda benar-benar membutuhkannya. **Matikan Auto-Update Aplikasi** Bukan hanya pada *tablet*, hal ini telah lama terjadi pada laptop dan *notebook* dengan hubungan internet. *Auto-update* pada beberapa aplikasi seringkali terjadi karena pengaturan yang kita lakukan.

Atau, Anda tidak menyadari bahwa aplikasi yang Anda gunakan dalam pengaturan *auto-update*. Hal tersebut membantu baterai Samsung Galaxy Tab Anda terkuras lebih cepat. Untuk menghentikan cukup mengatur *update* aplikasi dengan bijak. Bila dirasa tak perlu melakukan pembaruan, maka tak perlu melakukannya. **Atur Penggunaan LED Flash** Samsung Galaxy Tab 10.1 dilengkapi dengan lampu LED Flash. Selain itu, fasilitas lainnya adalah *autofocus* ketika hendak mengambil gambar menggunakan kamera. Penggunaan LED Flash diperlukan apabila gambar yang akan Anda ambil kekurangan cahaya.

Maka, untuk menghindari terkurasnya baterai Samsung Galaxy Tab ini hindarilah penggunaan LED *flash* terlalu sering. Selama cahaya dirasa cukup untuk mengambil gambar, *flash* tak perlu digunakan. [MS}

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel