Nikmati Android di Televisi Anda dengan Veolo Smart Android Hub

5 Jan 2012 08:30 3827 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Android kini mulai merambah ke dunia media elektronik, sebagai buktinya AC Ryan memperkenalkan *gadget* Veolo Smart Android Hub yang satu ini. Penasaran seperti apa *gadget* Android ini? Baca *review*-nya di sini.

Tidak hanya dalam bentuk ponsel ataupun tablet, Android kini mulai merambah dunia media elektronik. Setelah meluncurkan Dvico Xroid, AC Ryan juga memperkenalkan Veolo yang juga berjalan di *platform* Android. Perusahaan IT dan *consumer electronic* asal Belanda tersebut mulai memperkenalkan produk barunya yaitu Veolo Smart Android Hub di Indonesia pada bulan Desember lalu.

Dengan bentuk kotak hitam berkilau dan berbagai *port* dibelakangnya, benda ini mampu mengubah televisi Anda layaknya sebuah komputer. Veolo ini juga bisa dikatakan sebagai *gadget* jenis baru yang berbasis Android.

Yang membedakan Veolo dengan produk lainnya adalah dilengkapinya dengan 3 in 1 *remote* yang mempunyai tiga fungsi yaitu sebagai QWERTY *keyboard*, *mouse* dan *wireless controller*. Pada *remote* Veolo dilengkapi dengan sensor gerak sehingga mampu memainkan permainan yang tidak membutuhkan kabel. Sinyal *remote control*-nya juga menggunakan *Radio Frequency* (RF) bukan infrared sehingga tidak perlu didekatkan ke televisi Anda.

Secara teknis, AC Ryan Veolo memiliki spesifikasi yang hampir sama dengan *smartphone* kelas menengah yaitu 1 GHz ARM prosesor *(single core)*, 512MB RAM dan 4GB memori internal yang didesain khusus untuk bisa berjalan pada sistem operasi Android. Kelihatannya memang seperti tidak memungkinkan jika ingin meng-*install* *hard drive internal*, tetapi dengan adanya *port* SDHC memungkinkan Anda untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan. Veolo juga diperkuat dengan Android Froyo yang sudah disempurnakan untuk aplikasi TV, termasuk game kasual dan sosial media. Terintegrasi dengan dukungan *web browser* dan dukungan Java untuk menjelajah dunia maya yang sudah mendukung Flash, HTML 5 hingga *video streaming*.

Jadi, selain tampilan yang berbeda dengan ponsel maupun tablet, pengguna juga harus bisa melakukan beberapa penyesuaian untuk mengoptimalkannya. Cara kerja piranti ini sangat mudah, Anda hanya perlu mencolokkan kabel HDMI ke televisi dan menyambungkannya dengan jaringan Internet yang ada. Alat ini mendukung koneksi jaringan WiFi 802.11 b/g/n, WLAN hingga 1.000 Mbps dan modem. Veolo juga dapat digunakan sebagai perangkat alternatif untuk mendapatkan hiburan selain ponsel dan laptop. Ditambah dengan dukungan aplikasi di Android Market, Anda juga bisa mendapatkan aplikasi yang Anda butuhkan kemudian memainkannya di televisi.

Veolo Smart Android Hub dipasarkan melalui jaringan distribusi PT. Astrindo Starvision dengan garansi dua tahun. Dalam paket penjualan produk yang dibanderol seharga Rp 2.500.000,- ini Anda akan mendapatkan 1 unit Veolo, 1 remote *control* nirkabel, buku manual, adapter, serta HDMI dari Monster Cable.

Perangkat ini adalah salah satu mainan baru dari AC Ryan, vendor yang sebelumnya terkenal dengan produk media player untuk memutar *film high definition*. Kehadiran Veolo di Indonesia ini diharapkan dapat memperluas pangsa pasar mereka khususnya di industri multimedia. [RK]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel