Perkembangan Resolusi Layar Sentuh Warna iPod Apple Touch

4 Jan 2012 19:00 4503 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
iPod Apple Touch menawarkan banyak fitur yang sama seperti iPhone, termasuk layar sentuh kapasitif dan *ambien backlighting*. Sama seperti iPhone, spesifikasi iPod Apple Touch telah diperbaiki dengan versi terbaru, termasuk pengenalan layar resolusi tinggi "Retina" yang meningkatkan kedalaman warna dan resolusi perangkat.

iPod Apple Touch menawarkan banyak fitur yang sama seperti iPhone, termasuk layar sentuh kapasitif dan *ambien backlighting*.

Sama seperti iPhone, spesifikasi iPod Apple Touch telah diperbaiki dengan versi terbaru, termasuk pengenalan layar resolusi tinggi "Retina" yang meningkatkan kedalaman warna dan resolusi perangkat. iPod Touch memiliki empat generasi (sejak Mei 2011) dan masing-masing menawarkan fitur desain baru dan perbaikan.

Masing-masing generasi iPod Touch mirip dengan generasi sebelumnya, ada perbedaan kecil yang membedakan setiap generasi dari model lainnya.

Beberapa perbedaan ini karakteristik eksternal yang jelas, sementara yang lain lebih halus dan memerlukan pemeriksaan lebih dekat. **Teknologi layar iPod Apple Touch** iPod Apple Touch memiliki fitur layar sentuh kapasitif, menggunakan *grid* bermuatan listrik untuk merasakan posisi jari Anda dan mengirim sinyal ke *operating system*.

Di bawah grid inilah terdapat sebuah layar LCD dengan LED *backlighting*, kecerahannya ditentukan oleh sebuah sensor cahaya *ambient* dan pilihan kecerahan iPod. **Perkembangan iPod Apple Touch** iPod Touch pertama diperkenalkan dengan layar 3.5-inci *diagonal* dan dimensi pixel 320 x 480. Hal ini menghasilkan resolusi pixel-per-inci 163. Layar pertama ini memiliki kedalaman warna 18 bit, yang berarti setiap pixel dapat menampilkan 262.144 warna alami.

Apple menggunakan metode *dithering* warna yang dipatenkan untuk mengaktifkan tampilan warna 24-bit. iPod Touch kedua dan generasi ketiga menggunakan layar yang sama dan memiliki spesifikasi yang sama. Pada iPhone 4 dan iPod Touch generasi keempat, Apple meluncurkan apa yang disebut "Retina Display." Layar baru ini memiliki 3,5 inci di ukuran diagonal, identik dengan model sebelumnya, tetapi jumlah piksel meningkat menjadi 960x480, menciptakan resolusi 326 ppi. Dalam pembukaan display barunya,

Apple menyatakan resolusi ini akan menjadi begitu tinggi sehingga mata Anda tidak dapat membedakan individu piksel. Kedalaman bit dari iPod Touch baru juga ditingkatkan untuk kedalaman 24-bit yang mampu me-rendering lebih dari 16 juta warna, atau warna RGB keseluruhan. **Permasalahan yang Muncul pada IPod Apple Touch** iPod Touch asli menggunakan dithering untuk meniru kedalaman 24-bit, beberapa pengamat mengeluh bahwa walaupun fitur ini menciptakan gradien warna lebih halus, *dithering* pun menambahkan "noise" pada gambar.

Soal *dithering* tersebut diperbaiki dengan layar 24-bit asli di iPod Touch generasi keempat. Selain itu Retina Display di iPod juga membawa spesifikasi warna yang sama seperti iPhone, pengguna percaya iPod menggunakan teknologi tampilan yang berbeda yang mengurangi visibilitas display di sudut ekstrim.

Beberapa spesifikasi Apple telah dimasukkan untuk layar iPhone, seperti rasio kontras dan kecerahan maksimum, namun ini tidak tersedia untuk iPod Apple Touch. [ND]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel