Cara Menggunakan Recuva dengan 4 Langkah Mudah

3 Jan 2012 08:00 17837 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Recuva merupakan salah satu *software* pengembali data yang hilang yang saat ini tengah popular dan banyak direkomendasi. Mengapa begitu *recommended?* Bagaimana Recuva bekerja? Bagaimana cara menggunakan recuva? simak caranya di artikel ini

Seiring perkembangan teknologi yang kini sudah memasuki era digitalisasi, komputer dan laptop kerap kali menjadi teman terdekat kita.

Berbagai data tersimpan di dalamnya. Dari hanya sekadar data curhatan sehari-hari hingga data penting yang berkaitan dengan dunia sekolah, kuliah, bisnis, atau bahkan data-data rahasia yang tak seorang pun tahu, kecuali kita sendiri.

Lantas, pernahkah terbayangkan jika data-data tersebut hilang dari lokasi semestinya? Atau mungkin, Anda saat ini sedang mengalaminya? Cara dasar untuk mencari data yang hilang pastinya melakukan pengecekan di Recycle Bin.

Beruntung, jika data yang hilang tersebut masih *nangkring* di sana. Namun jika data yang hilang tersebut benar-benar hilang? Sengaja atau tidak, jangan panik! Berbagai software penyelamat data yang hilang sebenarnya bisa didapatkan dengan mudah, salah satunya adala Recuva, si penyelamat data yang hilang.

Recuva merupakan salah satu *software* pengembali data yang hilang yang saat ini tengah popular dan banyak direkomendasi. Mengapa begitu *recommended?* Bagaimana Recuva bekerja? Bagaimana cara menggunakan recuva? Pada dasarnya, cara kerja Recuva sama seperti *software* pengembali data yang hilang lainnya, yaitu dengan cara *scanning* semua lokasi di OS.

Data yang hilang tersebut akan kembali utuh seperti sedia kala, jika lokasi di mana data awal itu berada tidak ditimpa dengan data lain. Mengap demikian? *File* atau data kita yang hilang dianggap OS tidak lagi berada dalam lokasinya sehingga jika *file* atau data ditulis dan ditempatkan pada lokasi yang sama, OS akan menganggap lokasi tersebut sudah kembali terisi (tertimpa).

Jika lokasi sudah ditimpa, maka data yang hilang tersebut akan kembali, namun tidak seratus persen bahkan kemungkinan besar akan rusak. Lantas, apakah dengan cara menggunakan recuva, file data kita akan dapat kembali seutuhnya? Cara menggunakan Recuva sangat mudah.

Paseban merumuskannya dalam 4M; Mengunduh, Menginstal, Men-*scanning*, dan Mengembalikan. Proses pencarian, pengunduhan, hingga instalasi bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Recuva, juga merupakan software yang bisa didapatkan dengan cara yang murah. Software ini tidak berbayar atau gratis sehingga siapapun dapat menggunakannya.

Cara menggunakan Recuva pun bisa dilakukan siapa pun karena hanya mengikuti langkah yang ditampilkan. Cara menggunakan Recuva yang pertama kali adalah, mengunduh *software* ini di situs-situs penyedia kesayangan Anda.

Setelah proses pengunduhan selesai, instalasi bisa dilakukan hanya dengan men-*double* klik *icon* Recuva dan mengikuti *step* per *step* yang diminta. Cara menggunakan Recuva selanjutnya adalah kita akan dipinta memilih jenis *file* data yang akan kita kembalikan. Semua data baik dengan jenis *file* gambar, dokumen, program, video, musik, *compressed*, bahkan *email* sekalipun bisa dikembalikan Recuva.

Setelah itu cara tersebut digunakan, cara menggunakan Recuva ini selanjutnya adalah dengan memilih lokasi *scanning*. Kita juga akan diberikan pilihan lokasi mana saja yang akan dilakukan proses *scanning* data yang hilang tersebut. Semakin banyak *drive* yang dipilih, maka semakin lama proses *scanning* data oleh Recuva berlangsung. Tapi tenang saja, selain cara menggunaka Recuva mudah dan murah, Recuva juga tidak membutuhkan waktu yang begitu lama untuk proses *scanning*.

Jika kita menginginkan proses scanning yang lebih mendalam, kita bisa mencentang icon kecil yang memberikan opsi *enable deep scanning* setelah kita menentukan lokasi *scanning*. Setelah proses *scanning* selesai, maka kita akan disuguhkan *list* data hilang yang kita cari.

Cara menggunakan Recuva berikutnya, kita hanya tinggal memilih *file* mana saja yang akan dikembalikan dan meng-*klik* *restore*. Proses pengembalian data akan berlangsung dengan sendirinya. Hal yang perlu diingat adalah, tidak meletakkan hasil *restore* data di tempat yang sama karena itu berarti kita menimpa lokasi di mana data yang hilang itu berada.

Hal tersebut akan membuat pekerjaan Recuva sia-sia. Recuva akan memberikan laporan tentang kondisi *restore* data, apakah berhasil seutuhnya atau memang ada yang rusak karena proses tertimpa tadi atau lain hal. Cara menggunakan Recuva begitu mudah dan akurat, jadi sekarang, tak perlu khawatir, Recuva siap menyelamatkan data Anda yang hilang. [ZH]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel