Penelitian Tentang Bahaya dan Pengaruh Handphone Terhadap Kesehatan (2)

1 Jan 2012 11:00 5938 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Melanjutkan pembahasan tentang bahaya dan pengaruh handphone terhadap kesehatan pada artikel sebelumnya, kini kita akan membahas bahaya *handphone* bagi pendengaran, postur, kurang tidur, dan satu bahaya paling populer.

Melanjutkan pembahasan tentang bahaya dan pengaruh handphone terhadap kesehatan pada artikel sebelumnya, kini kita akan membahas bahaya handphone bagi pendengaran, postur, kurang tidur, dan satu bahaya paling populer.

Speaker handphone dan pendengaran Anda

Sekitar 37% pengguna handphone memiliki kemungkinan untuk menderita tinnitus (telinga berdengung). Pengguna handphone yang menggunakan telepon rata-rata 10 menit atau lebih perhari, akan menambah kemungkinan mereka untuk menderita tinnitus sebesar 71%. Inilah bahaya dan pengaruh handphone terhadap kesehatan untuk pendengaran Anda.

Cara untuk mencegah tinnitus adalah Anda harus menghindari: suara bising maupun yang terlalu sepia tau diam, garam, caffeine, nicotine, dan kelelahan. Berolahraga, menjaga tekanan darah, dan teknik managemen stress bisa membantu untuk mengurangi gejala bahaya handphone bagi pendengaran ini.

Postur Menjadi Bungkuk

Sekitar 91% penggunal handphone hyper-flex atau terlalu membungkukkan leher mereka saat menulis pesan teks. Arthritis atau radang sendi dan penyakit degenerative (penurunan fungsi atau struktur tubuh) lainnya dulu hanya ditemukan pada orang berusia 40 hingga 50 tahun. Tetapi kini penyakit ini bisa ditemukan pada pengguna handphone yang berumur jauh lebih muda, di mana penelitian bahaya handphone ini menemukan umur termuda yang menderita penyakit degenerative adalah 15 tahun. Itulah salah satu pengaruh handphone terhadap kesehatan yang mungkin tidak Anda sadari.

Cara untuk mencegah penyakit degenerative adalah: lakukan jeda secukupnya setelah melakukan kegiatan menggunakan handphone, lakukan peregangan tubuh setiap hari, olahraga secara rutin, minum air putih secukupnya.

Kurang Tidur

Penelitian menemukan radiasi handphone bisa mengurangi kualitas tidur Anda, mengurangi step-1 sleep cycle (waktu transisi antara bangun dan tidur) Anda sekitar 6 menit, dan mengurangi step-4 sleep cycle(waktu di mana Anda sudah terlelap) Anda hingga 8 menit.

Cara mencegah bahaya handphone ini adalah: ubah jadwal tidur Anda 1 jam lebih dini, gunakan earphone saat melakukan telepon, apabila tidak menggunakan earphone, jaga jarak antara handphone dan telinga atau kepala Anda 2.5 sentimeter.

Bahaya Radiasi Handphone lain yang sangat Populer

Satu lagi bahaya handphone yang sampai saat ini masih menjadi perdebatan adalah mengakibatkan tumor otak. Satu penelitian menyebutkan bahwa radiasi non-ionisasi dipancarkan oleh handphone. Dan 50% dari pengguna handphone "kelas berat," dalam waktu 10 tahun ke atas, akan mengalami tumor otak.

Penelitian yang dilakukan WHO baru-baru ini menunjukkan korelasi radiasi oleh handphone dengan kanker otak bernama Glioma. Namun beberapa pihak juga menyatakan bahwa tumor otak atau kanker otak tidak ada hubungannya dengan akibat dari radiasi handphone.

Lepas dari manakah yang benar dari bahaya dan pengaruh handphone terhadap kesehatan ini, alangkah baiknya apabila Anda melakukan tindakan pencegahan dengan menggunakan earphone atau jarak antara handphone dan kepala seperti yang telah dibahas pada cara mencegah resiko kurang tidur di atas. [RY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel