Cara Menembus Disable Klik Kanan pada Website

29 Dec 2011 09:00 11546 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Seringkali ketika kita berselancar menjelajahi dunia maya, mungkin pernah menemukan sebuah website yang tidak bisa melakukan Disable Klik Kanan pada *mouse*. Berikut ini adalah tips dari Paseban mengenai cara membobol proteksi klik kanan ini.

Seringkali ketika kita berselancar menjelajahi dunia maya, mungkin pernah menemukan sebuah website yang tidak bisa melakukan disable klik kanan pada mouse. Sudah banyak website ataupun blog yang menerapkan proteksi klik kanan, sehingga kita tidak bisa meng-copy tulisan yang kita butuhkan di website tersebut. Tujuannya tentu saja untuk mencegah content di website atau blog tersebut agar tidak di copy paste tanpa seizin penulis.

Cara ini mungkin bagus untuk melindungi hak cipta si penulis agar tetap orisinil dan tidak termuat ulang di blog lain. Tapi bagi sebagian orang yang membutuhkan informasi untuk tugas kuliah misalnya, proteksi semacam ini sangat menjengkelkan karena terkesan penulis pelit untuk membagi tulisannya. Pada akhirnya ketika mencari informasi, dia akan mencari informasi ke tempat lain yang tanpa proteksi dan tentu tidak akan kembali ke website tersebut.

Sebenarnya walaupun sudah diproteksi sedemikian rupa, proteksi disable klik kanan ini kurang efektif dalam melindungi hak cipta, karena ada banyak jalan untuk menembus disable klik kanan tersebut. Apapun yang mereka lakukan untuk melindungi postingan mereka agar tidak bisa di-copy, tetap saja postingan mereka masih bisa di-copy dan disimpan oleh pengunjung.

Seperti yang sudah Paseban jelaskan di atas, terdapat cara untuk membuka disable klik kanan pada website. Proteksi disable klik kanan pada suatu website biasanya melibatkan javascript, sehingga kita bisa mematikan script tersebut untuk menembus proteksinya.

Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membobol proteksi disable klik kanan.

Pada Internet Explorer

  1. Pada menu navigasi klik : Tools - Internet Options

  2. Pilih Pada: Security Tab - Custom Level

  3. Scroll Down sampai menemukan "Active Scripting" dan Klik "Disable"

  4. Tekan tombol Ok.

Pada Mozila Firefox

  1. Pada Navigasi Menu Klik: Tools - Options

  2. Kemudian Klik: Content tab, Un-check "Enable JavaScript"

  3. Klik Ok

Pada Google Chrome

  1. Pada Google Chrome Shortcut, Klik Kanan -> Pilih Properties.

  2. Pada field textbox "Targeted file", tambahkan "-disable-java" pada bagian belakang.
    "C:\Documents and Settings\Administrator.SNAKE\Local Settings\Application Data\Google\Chrome\Application\chrome.exe" -disable-javascript"

Pada Opera

  1. Klik menu Tools kemudian pilih "Quick Preferences"

  2. Selanjutnya hilangkan centangan pada "Enable Javascript".

Pada Safari

  1. Pada bagian menu Edit,

  2. Pilih menu Preferences

  3. Pada menu Security, hilangkan tanda centang pada enable javascript.

Selain itu kita juga masih bisa memperoleh isi website yang terdapat proteksi disable klik kanan dengan cara-cara berikut ini.

  1. Menyimpan halaman website dalam bentuk HTML, simpan halaman website ke komputer lalu buka secara offline maka otomatis script proteksi tidak akan jalan.

  2. Menyorot artikel kemudian tekan tombol Ctrl+C, jika web tersebut hanya memproteksi klik kanan tanpa memproteksi untuk menyorot tulisan, langkah ini bisa dilakukan untuk melakukan copy paste tulisan.

  3. Menggunakan tombol Print Screen, kemudian paste hasilnya pada Photoshop atau Paint Brush dan simpan dalam file *.tif. Gunakan fasilitas menu Recognize Text Using Ocr, setelah menjadi teks gunakan menu Send Text to Word.

  4. Men-disable program javascript, disable klik kanan pada website biasanya melibatkan penggunaan javascript, sehingga kita bisa mematikan kinerjanya dengan menghentikan proteksinya. Untuk beberapa browser bisa menggunakan bantuan Add-Ons Righttoclick. [RK]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel