Cara Mendeteksi & Mencegah Spy Software pada Ponsel Anda

28 Dec 2011 12:00 9963 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Teknologi modern tidak selalu digunakan untuk kebaikan. Banyak kehawatiran yang dirasakan oleh pemilik ponsel dan *smartphone* dikarenakan begitu banyaknya penguntit, penjahat, dan pencuri yang dengan cara-cara baru dan tidak dapat diprediksi menyerang privasi dan mencuri informasi kita.

Teknologi modern tidak selalu digunakan untuk kebaikan. Banyak kehawatiran yang dirasakan oleh pemilik ponsel dan smartphone dikarenakan begitu banyaknya penguntit, penjahat, dan pencuri yang dengan cara-cara baru dan tidak dapat diprediksi menyerang privasi dan mencuri informasi kita.

Penjahat dapat menginstal software yang akan memungkinkan mereka untuk mencuri dengar percakapan real-time dan gerakan Anda ketika Anda berpikir ponsel Anda dimatikan. Ini seperti spyware pada komputer, generasi baru dari software ini memungkinkan orang lain untuk mendengarkan panggilan ponsel pribadi, mencegat pesan teks, dan bahkan melacak lokasi pengguna dengan GPS.

Ada beberapa jenis software spy yang bekerja dengan cara serupa, di antaranya seperti FlexiSpy, BlackBerry Spy dan Spyphone. Penjahat bisa saja mendapatkan akses fisik ke ponsel Anda, dan menginstal software, yang memakan waktu hanya sekitar 15 menit. Software kemudian berjalan di ponsel, dengan tidak ada indikator yang jelas bahwa itu ada.

Program ini kemudian akan mengumpulkan data dari pesan teks dan email, catatan nomor ponsel panggilan masuk dan keluar, dan bahkan mencatat lokasi Anda melalui penggunaan GPS yang built in ke dalam ponsel. Lalu, seperti pesan teks biasa atau wireless web session, ia mengirimkan data melalui jaringan operator. Pada smartphone dengan web enabled, program ini bahkan dapat menawarkan kemampuan mengakses ponsel setiap saat.

Cara Mendeteksi Software Spy

Karena software spy ini dirancang untuk berjalan invisible, biasanya kita tidak mungkin untuk menemukannya pada ponsel itu sendiri. Namun, ada tanda-tanda lain yang ditinggalkan oleh program ini, dan setelah Anda tahu apa yang harus dicari, mereka mudah untuk ditemukan. Sebuah ponsel menjalankan program tambahan di background akan menggunakan daya lebih dari normal, sehingga membuat Anda untuk mengisi ulang ponsel Anda lebih sering. Jika ponsel Anda mulai pencahayaan berlebih atau membuat suara-suara aneh tanpa alasan yang jelas, ini dapat menjadi indikator bahwa koneksi data sedang digunakan. Terakhir, lihat tagihan ponsel Anda. Jika ada pesan SMS atau koneksi data, terutama yang terjadi pada waktu yang aneh, itu indikasi yang cukup jelas bahwa data sedang dikirim secara otomatis.

Cara Menemukan Software Spy

Karena macam program-program ini memerlukan akses fisik ke ponsel untuk menginstal spyware. Jika ponsel Anda baru-baru ini telah hilang dan kembali, atau dipinjamkan kepada orang asing untuk membuat beberapa panggilan, maka mungkin mudah untuk mengetahui kapan program ini terinstal, tapi sulit untuk menentukan secara spesifik siapa yang melakukannya. Jika Anda menduga bahwa ponsel Anda sedang dimonitor, Anda adalah korban kejahatan. Konsultasikan dengan penegak hukum setempat.

Cara Mencegah Spy Software

Non aktifkan Bluetooth bila Anda tidak menggunakannya. Hal ini dapat membantu untuk mencegah orang mengirimi Anda pesan teks atau gambar yang mengandung spyware.

Tidak membuka lampiran pesan teks yang dikirim oleh orang yang tidak Anda kenal. Pesan spam yang dikirim oleh pengguna ponsel lain sering mengandung spyware yang dapat merusak ponsel Anda. Jika Anda menerima pesan yang Anda tahu adalah spam, hubungi perusahaan ponsel Anda. Perusahaan dapat memblokir nomor yang mengirim pesan ke ponsel Anda di masa depan.

Anda juga dapat membeli security software program untuk ponsel. Program ini mirip dengan program anti-virus dan anti-spyware yang digunakan untuk melindungi komputer dari spyware dan infeksi serupa. Anda bahkan dapat men-download program keamanan langsung ke ponsel Anda. [ND]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel