Tips iPad: Menjadikan iPad Sebagai Monitor Kedua Komputer Menggunakan Air Display

28 Dec 2011 09:00 5122 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Setelah kemarin Paseban menghadirkan cara menjadikan tablet PC Android sebagai monitor kedua PC, Anda pengguna iPad mungkin bertanya, bisakah iPad menjadi monitor kedua untuk Mac maupun Windows? jawabannya adalah *definitely yes!* Dan berikut **tips iPad** untuk menjadikannya monitor kedua *desktop* PC atau laptop Anda.

Setelah kemarin Paseban menghadirkan cara menjadikan tablet PC Android sebagai monitor kedua PC, Anda pengguna iPad mungkin bertanya, bisakah iPad menjadi monitor kedua untuk Mac maupun Windows? jawabannya adalah definitely yes! Dan berikut tips iPad untuk menjadikannya monitor kedua desktop PC atau laptop Anda.

iPad dengan tablet PC Android adalah dua perangkat yang cukup mirip dalam hal kemampuan kinerja. Mereka sedikit berbeda dalam hal hardware dan aplikasi yang mendukungnya. Apabila kemarin membahas iDisplay sebagai aplikasi pendukung tablet PC Android menjadi monitor kedua PC, pada tips iPad kali ini akan menggunakan aplikasi untuk platform iOS bernama Air Display.

Yang Anda butuhkan

Sebelum memulai tips iPad ini Anda perlu mempersiapkan beberapa hal sebagai berikut:

  • iPad. Sebenarnya Air Display juga kompatibel dengan iPhone dan iPod touch, namun seperti yang telah sebutkan pada tips & trick versi Android layar kecil sebuah smartphone tidak akan memiliki banyak manfaat untuk tips iPad ini. Jangan lupa pastikan iPad Anda terinstal iOS minimal versi 3.2 agar Air Display bisa berfungsi dengan baik.

  • Komputer Mac atau Windows. Untuk MAC OS X, Anda memerlukan minimal versi 10.5.8 (Leopard) atau 10.6 (Snow Leopard), baik sistem 32-Bit atau 64-Bit. Agar hasil bisa maksimal, Paseban sarankan menggunakan MAC OS X 10.6.5 ke atas. Untuk Windows, Anda membutuhkan Windows XP (32-bit only), Windows Vista (32-bit or 64-bit), atau Windows 7 (32-bit or 64-bit). Jangan menggunakan Windows 7 Starter edition, karena Air Display tidak mendukung Windows OS versi ini.

  • Jaringan WiFi. Agar Air Display bisa berfungsi dan berkomunikasi antara komputer dan iPad, kedua perangkat harus terhubung pada satu jaringan WiFi yang sama. Air Display untuk iPad sedikit berbeda dengan iDisplay untuk tablet PC Android, Air Display tidak, atau mungkin belum, mendukung koneksi menggunakan kabel USB.

  • Aplikasi Air Display pada iPad. Anda bisa mendapatkan Air Display di App Store seharga $9.99.

  • Sama seperti iDisplay untuk tablet PC Android, Air Display juga memerlukan software terinstal pada komputer Anda. Anda bisa mendapatkan Air Display Server Software untuk Mac atau Windows secara gratis di sini.

Tanpa adanya pilihan koneksi menggunakan kabel USB, bagaimana apabila Anda tidak memiliki jaringan WiFi yang tersedia? Terdapat alternatif dengan cara menciptakan jaringan "ad hoc," yang mana cara setting jaringan ad hoc akan Paseban bahas pada artikel tips iPad berikutnya. [RY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel