Tepat dan Cermat Memilih BlackBerry Second

25 Dec 2011 09:00 7697 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jika Anda berencana untuk memiliki produk BlackBerry namun memiliki budget terbatas, maka Anda dapat mencari produk BlackBerry second sebagai alternatif pilihan Anda. Namun ada beberapa hal yang perlu dicermati ketika Anda hendak memilih BlackBerry *second* agar Anda tidak salah pilih.

BlackBerry telah ada sejak tahun 1999. Menurut RIM (Research In Motion), pada tahun 2004, ada lebih dari dua juta pelanggan BlackBerry seluruh dunia, dan hari ini lebih dari 13 juta orang yang menggunakan BlackBerry.

BlackBerry adalah smartphone yang dapat digunakan untuk membuat panggilan telepon, akses Internet, bermain game dan banyak lagi. Sebuah ponsel BlackBerry menawarkan fitur yang beragam. Tidak masalah jika Anda menggunakan BlackBerry Anda untuk bekerja, kehidupan pribadi Anda atau keduanya. Ponsel BlackBerry tidak sulit untuk dioperasikan, namun, seperti perangkat baru, mereka dapat mengambil beberapa membiasakan diri.

Jika Anda berencana untuk memiliki produk BlackBerry namun memiliki budget terbatas, maka Anda dapat mencari produk BlackBerry second sebagai alternatif pilihan Anda. Namun ada beberapa hal yang perlu dicermati ketika Anda hendak memilih BlackBerry second agar Anda tidak salah pilih.

Cek IMEI BlackBerry Second

IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah identitas BlackBerry yang bersifat unik, di mana ia berbeda antara satu BlackBerry dengan BlackBerry lainnya. Sehingga setiap BlackBerry pasti memiliki nomor IMEI tersendiri. Selain itu ia menandakan tipe, pabrikan, dll. Oleh karenanya jika Anda hendak memilih BlackBerry second pastikan nomor IMEI BlackBerry sesuai dengan nomor yang tertera di kardus.

Cek Kondisi BlackBerry Second

Lihat fisik BlackBerry second yang hendak Anda pilih. Pastikan tidak ada baret, atau goresan. Jika ada hal-hal yang kurang pada fisiknya maka Anda dapat nego harga sehingga BlackBerry second yang Anda pilih bisa jauh lebih murah.

Cek Pemblokiran PIN BlackBerry

Tentunya salah satu tujuan Anda memilih BlackBerry adalah karena fitur BBM-nya. Oleh karenanya perhatikan PIN BlackBerry yang hendak Anda pilih. Cek apakah PIN masih berfungsi atau malah sudah terblokir. Cara mengeceknya dapat dilakukan dengan menggunakan proses wipe handset. Dalam keadaan BlackBerry aktif, klik "Option" pada perangkat >> pilih "Security" >> "General Options" >> pilih "Wipe Handheld".

Setelahnya Anda dapat melihat simbol huruf GPRS, EDGE atau 3G. Bila PIN terblokir huruf-huruf tersebut akan berukuran kecil, namun bila BlackBerry tersebut dapat tersambung pada GPRS maka BlackBerry Anda aman dari blokir.

Cek Pencabutan PIN BlackBerry

Untuk mengetahui apakah PIN sudah pernah dicabut atau tidak maka dapat dilakukan dengan cara berikut; Masukkan kartu SIM yang sudah diaktifkan layanan BlackBerry >> Klik "Email Setting" kemudian halaman browser akan muncul >> pilih "Create New Account".

Anda kemudian akan diminta nomor PIN dan IMEI. Bila setelah dimasukkan Anda bergulir ke menu berikutnya maka PIN sudah dicabut. Namun jika seandainya belum dicabut, akan muncul notifikasi "Cannot Create Account. An Account Already Exist for this BlackBerry Device." [ND]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel