Penjelasan Mengenai Teknologi Jaringan CDMA EVDO dan HSPA

23 Dec 2011 19:00 4141 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
CDMA EVDO dan HSPA adalah teknologi jaringan 3G. CDMA EVDO (CDMA Evolution Data Optimised) merupakan langkah menuju teknologi *mobile broadband* yang mampu memberikan kecepatan data lebih tinggi dari 2Mbps dalam lingkungan *mobile*.

CDMA EVDO dan HSPA adalah teknologi jaringan 3G. CDMA EVDO (CDMA Evolution Data Optimised) merupakan langkah menuju teknologi mobile broadband yang mampu memberikan kecepatan data lebih tinggi dari 2Mbps dalam lingkungan mobile.

Yang siginifikan adalah teknologi EVDO bahwa ia menggunakan banyak teknik yang digunakan oleh HSPA dan juga mencapai efisiensi spektral termasuk kode turbo, skema modulasi adaptif, dan yang lainnya. Sementara HSPA (High Speed Packet Access) sendiri adalah teknologi berbasis paket yang secara teoritis dapat memberikan rate data downlink hingga 14,4 Mbps dan uplink maksimal 5,8 Mbps.

CDMA EVDO (CDMA Evolution Data Optimised)

CDMA EVDO terdiri dari tiga rilis utama sebagaimana ditentukan oleh 3GPP2 sebagai bagian dari CDMA 2000 standar yaitu CDMA2000 1xEVDO Release 0 (Rel 0), CDMA2000 1xEVDO Revision A (Rev A) dan CDMA2000 1xEVDO Revision B (Rev B).

Jaringan saat ini dikerahkan dengan menggunakan Release 0 dan Rev A dengan downlink 2,4 Mbps dan 3,1 Mbps dengan uplink 153Kbps dan 1,8 Mbps. Bandwidth dari saluran radio yang digunakan di sini adalah 1.25MHz menghasilkan kecepatan data yang lebih rendah dibandingkan dengan UMTS. Jaringan Revisi A mampu memberikan VoIP dengan kualitas baik karena uplink-nya memiliki kecepatan data yang mirip dengan HSUPA. Sementara tipe jaringan Revisi B belum dimanfaatkan secara komersial.

HSPA (High Speed Packet Access)

HSPA adalah terminologi digunakan untuk mengacu pada HSDPA (3GPP Release 5) dan HSUPA (3GPP Release 6), yang berbasis teknologi paket Evolved yang mana memiliki jauh lebih tinggi data rate dibandingkan dengan 3G dan GPRS. HSPA + atau HSPA (Release 7 dan seterusnya) juga termasuk keluarga HSPA dan akan sesuai dengan standar 3GPP LTE. Ini disebut sebagai teknologi untuk jaringan 3.5G. Secara teoritis kecepatan data HSPA bisa naik menjadi 14,4 Mbps downlink dan maksimum uplink 5,8 Mbps yang 3-4 kali yang memiliki kecepatan downlink 3G dan 15 kali lebih tinggi dari GPRS.

Tetapi jaringan saat ini mampu memberikan 3.6Mbps downlink dan 500 kbps untuk uplink 2Mbps. Sementara bandwith interface radio CDMA EVDO adalah 1.25MHz maka HSPA memanfaatkan bandwidth 5MHz. Selain itu upgrade jaringan ke HSPA dari 3G (WCDMA) diperlukan untuk mengubah downlink yang ada untuk teknologi HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) dan uplink ke teknologi HSUPA (High Speed Uplink Packet Access). [ND]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel