Akses Internet dengan Broadband Wireless Access dan Mobile Broadband

23 Dec 2011 09:00 7210 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
*Broadband wireless* dan *mobile* menyediakan metode cepat untuk mengakses internet. Secara umum *broadband* adalah fasilitas transmisi yang memiliki *bandwidth* untuk membawa data, suara, dan saluran video pada waktu yang sama. *Broadband* dapat dikategorikan ke dalam *mobile broadband* atau *wireless*, tergantung pada pembatasan lokasi untuk mengakses internet dan metode broadband wireless access.

Broadband wireless dan mobile menyediakan metode cepat untuk mengakses internet. Secara umum broadband adalah fasilitas transmisi yang memiliki bandwidth untuk membawa data, suara, dan saluran video pada waktu yang sama. Broadband dapat dikategorikan ke dalam mobile broadband atau wireless, tergantung pada pembatasan lokasi untuk mengakses internet dan metode broadband wireless access.

Broadband Wireless

Broadband wireless memiliki arti tidak digunakannya kabel untuk mengakses internet. Di sini, air interface digunakan sebagai media transmisi dengan teknologi akses radio yang berbeda. Broadband wireless access adalah langkah besar dalam dunia komunikasi, yang memungkinkan pengguna untuk mengakses internet dari berbagai titik di sekitar lokasi tertentu. Sebagai contoh, Wireless Fidelity (WiFi) dan Worldwide Interoperability for Microwave Access (WiMAX) dapat dianggap sebagai metode broadband wireless access. Wireless local loop juga termasuk ke dalam kategori broadband wireless. Beberapa teknologi mobile broadband seperti, 3G dan 4G juga dapat dianggap sebagai metode broadband wireless access karena tidak tersedianya koneksi kabel.

Broadband Mobile

Ketika datang ke broadband mobile, maka hal ini mengacu pada dua hal yakni, kabel dan akses wireless. Secara umum, mobile berarti dapat diakses dari lebih dari satu lokasi, dan pengguna harus membayar penyedia layanan untuk hak istimewa ini. Saat ini, orang mengacu broadband wireless access sebagai mobile broadband.

Teknologi broadband wireless mobile yang dioptimalkan dapat memiliki akses internet lebih cepat bila unit akses bergerak pada kecepatan yang lebih tinggi. Sebagai contoh, teknologi 3G seperti Code Division Access Beberapa Wideband (WCDMA), High Speed Downlink Packet Access (HSDPA), dan High Speed Packet Access (HSPA +) dapat dianggap sebagai teknologi broadband mobile wireless.

Teknologi seperti 4G Long Term Evolution (LTE) dan LTE advanced masuk ke dalam kategori yang sama karena sifat mobilitasnya tinggi, selain memberikan kecepatan data yang juga tinggi. Satelit broadband dapat juga dianggap sebagai teknologi mobile broadband karena kurangnya pembatasan di lokasi akses. Digital Subscriber Line (DSL) dapat dianggap sebagai teknologi mobile broadband jika penyedia layanan memungkinkan pengguna untuk mengakses internet tanpa membatasi mereka ke lokasi tertentu seperti rumah atau kantor, dan yang lainnya.

Perbedaan antara Broadband Wireless dan Mobile Broadband

Baik broadband mobile dan wireless menawarkan akses internet kecepatan tinggi kepada pengguna. Perbedaan antara broadband wireless dan broadband mobile adalah di mana (tempat) Anda dapat mengakses internet. Broadband wireless hanya membutuhkan air interface untuk menyediakan akses internet kecepatan tinggi untuk lokasi tertentu, dan tidak mempertimbangkan kemampuan pengguna untuk bergerak ketika memiliki konektivitas broadband. Sehingga fleksibilitas untuk bergerak dengan broadband wireless adalah terbatas. Contohnya bila Anda menggunakan WiFi dan teknologi WiMax.

Sebaliknya mobile broadband memungkinkan pengguna untuk mengakses internet saat bepergian, atau dari lokasi yang berbeda seperti dari rumah, kantor, dan lainnya. Mobilitas atau kemampuan untuk mengakses internet kecepatan tinggi dari lokasi yang berbeda disebabkan kemampuan teknologinya (misalnya 3G dan 4G), atau karena peraturan yang diberlakukan oleh regulator (misalnya DSL).

Dapat disimpulkan, broadband wireless dan mobile broadband merupakan metode cepat untuk akses internet. Broadband wireless memungkinkan akses internet tanpa kabel, sementara mobile broadband memungkinkan akses internet dari lokasi yang berbeda tanpa pembatasan. Dalam hal mobilitas, metode broadband wireless access menjadi lebih unggul karena tidak diperlukannya konektivitas kabel. [ND]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel