Tips & Trik handphone: Mengubah iPod Touch Menjadi iPhone (part-2)

22 Dec 2011 19:00 4116 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

iPhone dan iPod Touch terbaru adalah perangkat yang hampir identik, dengan satu perbedaan signifikan iPod Touch tidak bisa digunakan untuk telepon dan SMS. Tapi sebenarnya Anda bisa memperbaiki perbedaan tersebut. Tips & trik handphone berikut adalah cara untuk mengubah iPod touch Anda menjadi alternatif lebih murah dari iPhone.

Pada artikel sebelumnya, Plimbi telah membahas tips & trik handphone untuk mengubah iPod touch menjadi iPhone yang merupakan bagian pertama dari artikel ini.

Masih sama dengan artikel sebelumnya, cara ini disajikan untuk Anda yang menginginkan sebuah iPhone tetapi belum bisa mewujudkannya. Sehingga alternatif yang paling murah adalah dengan membeli iPod touch lalu memodifikasinya dengan beberapa aplikasi yang mendukung.

Berikut ini adalah tips & trik handphone yang bisa Anda pahami dan lakukan dalam rangka mengubah iPod touch menjadi iPhone.

Mendapatkan layanan telepon dan SMS

iPod Touch tidak dirancang untuk memiliki layanan telepon, namun berkat sejumlah pengembang aplikasi Anda dapat memiliki beberapa pilihan untuk melakukan panggilan WiFi melalui handset. Pilihan yang paling tepat adalah Skype, tetapi ada juga pilihan yang lebih baik dari Skype.

Berikut adalah beberapa pilihan tersebut, termasuk apa yang artikel tips & trik handphone ini anggap sebagai pilihan terbaik.

  • Skype, paling baik untuk panggilan internasional

Hal yang paling menarik dari Skype adalah Anda bisa menelepon pengguna Skype lain secara gratis. Meskipun memang bukan pilihan terbaik untuk menggantikan fungsi telepon yang sebenarnya, tetapi Anda bisa memanfaatkan layanan VoIP Skype yang secara garis besar adalah gratis (Anda baru akan mengeluarkan biaya apabila Anda menghubungi nomor telepon sebenarnya).

Performa Skype sangat bagus untuk melakukan panggilan suara maupun video dengan pengguna Skype lain melalui jaringan WiFi. Sayangnya, Skype ini juga tidak memiliki konsistensi, Anda sesekali akan mengalami jaringan yang terputus.

Sehingga, sebenarnya satu hal saja yang membuat artikel tips & trik handphone ini tidak menempatkannya sebagai satu-satunya aplikasi, yakni terletak pada masalah layanan SMS. Layanan chatting antar pengguna Skype memang gratis, namun untuk layanan SMS Skype membutuhkan biaya dan tergolong lebih mahal daripada layanan SMS operator ponsel sebenarnya.

Oleh karena itu, Skype ditempatkan sebagai aplikasi yang paling baik untuk panggilan internasional dengan teman atau sanak saudara Anda yang juga menggunakan Skype, meskipun masih dibutuhkan aplikasi tambahan lain untuk melengkapinya.

  • Fring, paling serba guna

Yang menarik dari Fring adalah ia berfungsi dengan berbagai macam tools komunikasi yang mungkin sudah Anda gunakan sebelumnya. Jika Anda memiliki akun GTalk, Anda bisa menggunakan Fring untuk melakukan panggilan. Fring tidak menawarkan layanan SMS, tetapi Anda bisa menggunakan akun AIM, MSN, ICQ dan lain-lain untuk mengirimkan pesan teks.

Untuk masalah biaya, Fring hampir mirip seperti Skype di mana tergantung pada layanan apa yang Anda gunakan. Oleh karena itu, Fring masuk menjadi sebuah aplikasi yang bisa melengkapi iPod touch Anda dalam upaya untuk memfungsikannya menjadi iPhone.

Tips & trik handphone untuk mengubah iPod touch menjadi iPhone ini, masih akan berlanjut pada artikel selanjutnya yang akan membahas bagaimana cara untuk mendapatkan koneksi konstan layaknya iPhone dan lain sebagainya. Dan tentunya akan sangat menarik. [RY]

Artikel sleanjutnya, Anda bisa melihatnya di sini

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel