Cara Hemat Baterai iPhone Secara Praktis dan Mudah

22 Dec 2011 15:30 6697 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Menghemat baterai merupakan sesuatu hal yang penting, terutama bagi Anda yang aktivtas sehari-harinya tidak bisa dipisahkan dari sebuah *handset*. Tak Terkecuali dengan baterai iPhone yang dikenal cukup boros.

Penggunaan baterai pada perangkat handset apapun menjadi isu yang harus Anda perhatikan, baik itu terkait dengan cara perawatan baterai maupun mengenai bagaimana cara menghemat baterai untuk merek ponsel tertentu. Menghemat baterai merupakan sesuatu hal yang penting, terutama bagi Anda yang aktivtas sehari-harinya tidak bisa dipisahkan dari sebuah handset.

Pada artikel ini, Plimbi akan membahas bagaimana cara menghemat baterai iPhone. Plimbi ingat peristiwa beberapa waktu yang lalu saat iPhone 4S baru diluncurkan, di sisi lain orang begitu terpikat dengan perangkat ini, namun di sisi lain perangkat iPhone 4S dicibir karena mempunyai kelemahan pada baterai.

Ya, baterai iPhone ini diisukan cepat habis alias tidak tahan lama. Pihak Apple pun mengakui kelemahan baterai iPhone 4S miliknua dan menemukan beberapa bug yang mempengaruhi masa pakai baterai iPhone 4S, dan karena itu pulalah Apple merilis update software untuk mengatasinya.

Masalah tersebut bukan berarti selesai begitu saja, namun pada suatu hari bukan hal yang tidak mungkin bahwa Anda akan mengalaminya kembali. Dan pada artikel inilah Plimbi akan memberikan panduan kepada Anda untuk menghemat baterai iPhone khususnya iPhone 4S :

1.Hal pertama yang harus Anda lakukan yakni dengan 'mengubah' tampilan iPhone Anda, dalam hal ini Anda harus jeli dengan segala sesuatunya. Pilihlah tingkat kecerahan layar iPhone secukupnya, nonaktifkan Bluetooth dan WiFi jika tidak diperlukan. Minimalkan pemakaian iPhone (seperti membatasi memainkan music player sepanjang hari) dan jangan lupa mengunci ponsel setiap kali selesai menggunakan iPhone.

  1. Sistem Location Service memang diperlukan, namun Anda bisa menonaktifkannya untuk menghemat baterai iPhone. Aktifkan kembali setting-an ini bersama GPS navigasi dan setting-an lain yang terkait apabila diperlukan.

  2. Setting Zona waktu secara manual. Pada perangkat handphone manapun, biasanya setting-an zona waktu akan dilakukan secara otomatis, artinya jika kita saat ini berada di Indonesia, sementara besok Anda tiba berada di Korea Selatan, maka Anda tak perlu repot-repot mengubah jam, karena iPhone 4S secara otomatis akan menyesuaikannya. Namun kelemahan dari setting-an ini adalah menguras daya baterai iPhone Anda. Jadi Anda harus menonaktifkannya, caranya yakni pergi ke menu Settings > Location Services > System Service > Setting Time Zone.

  3. Sebaiknya, Anda menonaktifkan notifikasi dari beberapa akun online media sosial Anda yang biasa ter-update secara otomatis. Yang perlu Anda ketahui adalah bahwa dengan adanya notifikasi baterai iPhone Anda akan cepat terkuras.

  4. Untuk mengecek update software, Anda tidak harus melalui iTunes dengan menggunakan kabel USB, tapi Anda juga bisa menggunakan cara lain yakni dengan mengubah etting-an, sebagai berikut. Buka Settings > General > Software Update.

  5. Jika memang Anda tidak memerlukan email-email yang ter-update, sebaiknya Anda mengecek email tersebut secara manual, terutama jika email Anda tersebut adalah email yang Anda registrasikan untuk jejaring sosial dan Twitter, tentu hampir tiap hari Anda akan dikirimi email yang berisi notifikasi.

Itulah tips dari Plimbi untuk menghemat baterai iPhone, yang paling penting di sini adalah setting-an yang Anda lakukan harus disesuaikan dengan kondisi Anda. [HJ]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel