Mengenal Teknologi Telepon Analog VS Telepon Digital

22 Dec 2011 11:00 17455 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sebuah telepon *analog* adalah salah satu perangkat yang menggunakan teknologi analog. **Teknologi telepon** analog hanyalah proses di mana teknologi mengambil audio atau sinyal video dan menerjemahkannya ke dalam getar elektronik (suara manusia sedang dikirim melalui telepon, misalnya). Juga dikenal sebagai Plain Old Telephone Service (POTS), ini adalah standar dukungan telepon analog, mesin fax dan modem.

Telepon analog menggunakan teknologi yang menerjemahkan sinyal audio atau video ke dalam pulsa elektronik.

Sebuah telepon analog adalah salah satu perangkat yang menggunakan teknologi analog. Teknologi telepon analog hanyalah proses di mana teknologi mengambil audio atau sinyal video dan menerjemahkannya ke dalam getar elektronik (suara manusia sedang dikirim melalui telepon, misalnya). Juga dikenal sebagai Plain Old Telephone Service (POTS), ini adalah standar dukungan telepon analog, mesin fax dan modem.

Telepon digital menggunakan teknologi yang menerjemahkan sinyal audio atau video ke dalam kode biner.

Sebuah telepon digital adalah salah satu perangkat yang menggunakan teknologi yang memecah audio atau sinyal video (seperti suara atau televisi) ke dalam kode biner. Pada dasarnya, kode terdiri dari 1s dan 0s. Setelah diterjemahkan ke dalam kode biner, sinyal akan ditransfer ke ujung lain dari sebuah perangkat ke perangkat lain, baik berupa telepon, modem atau televisi. Perangkat penerima ini akan mengambil kode biner dan berkumpul kembali ke dalam sinyal asli. Ini artinya, sekali diterima, maka perangkat lain bisa menerjemahkan kode biner menjadi sinyal dari mana kode itu berasal dan mengirimkannya kembali ke ujung lain. Ini seperti tindakan berbalas.

Telepon analog memiliki kualitas suara jauh lebih besar, sementara telepon digital memiliki suara yang lebih jelas.

Teknologi telepon digital menyediakan tingkat keamanan yang lebih besar ketika terlibat dalam percakapan - di mana kode biner dengan mudah dapat mengatur enkripsi sementara transmisi untuk memastikan bahwa percakapan Anda tidak sedang diikuti oleh orang lain. Digital membutuhkan fase translasi kode, yang dapat memastikan bahwa setiap informasi yang ditransfer melalui telepon akurat. Ia mampu memperbaiki setiap kesalahan yang mungkin terjadi selama transmisi, ini berarti bahwa percakapan Anda jauh lebih jelas bila menggunakan telepon digital daripada bila menggunakan sebuah telepon analog.

Teknologi telepon analog memberikan pengguna kualitas suara yang lebih besar daripada digital. Karena ada banyak terjemahan antara perangkat yaitu telepon Anda dan telepon penerima, sehingga kualitas suara banyak dikorbankan. Seseorang juga terikat untuk membayar lebih banyak untuk ponsel dan perangkat komunikasi digital lainnya.

Analog juga agak terbatas dalam hal teknologi ponsel. Dengan perangkat wireless (seperti telepon selular atau telepon rumah), analog terbatas dalam rentang jarak (tentu saja, ini tergantung pada lingkungan di mana orang menggunakan telepon).

Telepon digital memungkinkan lebih banyak pengguna untuk menggunakan ponsel mereka dalam wilayah cakupan tunggal. Lebih banyak pengguna mampu mengirim dan menerima data pada saat yang sama. Meskipun kualitas suara analog masih jauh lebih unggul dengan kualitas suara digital melalui telepon, telepon digital kurang rentan terhadap memudarnya sinyal. [ND]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel