Sudah Efektifkah Peranan Teknologi Informasi Dalam Menjamah Dunia Akademik? (part-2)

15 Dec 2011 10:00 3505 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Melanjutkan dari artikel mengenai **Peranan Teknologi Informasi** yang Paseban paparkan kemarin (untuk melihatnya klik di sini), poin kedua dalam tren teknologi informasi saat ini yang bisa dimanfaatkan bagi dunia akademik yakni sebagai berikut:

Melanjutkan dari artikel mengenai Peranan Teknologi Informasi yang Plimbi paparkan kemarin (untuk melihatnya klik di sini), poin kedua dalam tren teknologi informasi saat ini yang bisa dimanfaatkan bagi dunia akademik adalah:

Location

LBS (Location-Based Service) juga sedang menjadi tren saat ini dan hampir semua handset memiliki GPS. Ide yang bisa dibayangkan dalam memanfaatkan peranan teknologi informasi LBS ini pada dunia pendidikan adalah:

Bayangkan apabila Anda mahasiswa baru di sebuah universitas dengan area yang sangat luas. Tetapi Anda tidak perlu bingung dan berkeringat dingin karena takut terlambat ospek, karena Anda bisa mengambil handphone Anda dan mengakses sebuah aplikasi kampus guide yang dilengkapi area peta dan GPS.

Memang ide peranan teknologi informasi bagi dunia pendidikan ini kurang apabila dilihat dari sisi edukatif, tetapi hal ini masih masuk dalam konteks pembahasan artikel dan dapat mempermudah dan membantu siswa.

Mobile

Poin tren teknologi informasi yang terakhir ini bisa dibilang sebagai pendukung utama dari kedua poin peranan teknologi informasi di atas. Bayangkan mahasiswa bisa mengakses aplikasi ponsel untuk keperluan memilih mata kuliah yang diinginkan, dilengkapi dengan petunjuk dan saran. Siswa mengakses suatu aplikasi khusus untuk membaca semua koleksi BSE. Guru bisa mengirimkan satu tugas dan langsung tersebar ke semua handset siswanya.

Masih banyak peranan teknologi informasi lain yang masih bisa dieksplor dan dimanfaatkan bagi efektivitas dunia pendidikan. Sebagai contoh, bukannya membanggakan produk sendiri tetapi ini adalah contoh tepat, Latihan SNMPTN Online Plimbi. Plimbi ingat pada masa dulu, untuk latihan menghadapi ujian yang pada waktu itu masih bernama UMPTN, harus membayar dan mengikuti try out yang diadakan oleh berbagai macam lembaga pendidikan dan di berbagai banyak tempat yang berbeda.

Namun kini, dengan peranan teknologi informasi, siswa bisa try out SNMPTN dari manapun (dari rumah sambil tiduran dan makan snack juga bisa) dan kapanpun, gratis! Peranan teknologi informasi yang memudahkan dan membantu seperti inilah yang dimaksudkan artikel ini untuk bisa diterapkan pada dunia pendidikan yang saat ini masih tertinggal, jadi para siswa bisa belajar secara atraktif, aktif, dan interaktif. [RY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel