Menggunakan 10 Trik Photoshop favorit Pada GIMP (part-2)

14 Dec 2011 16:00 5831 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel Plimbi mengenai aplikasi GIMP ini. Pada artikel ini, Plimbi akan membahas **trik Photoshop** yang lain yang bisa Anda terapkan pada GIMP ini, simak yang berikut ini:

Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel Plimbi mengenai aplikasi GIMP ini. Pada artikel ini, Plimbi akan membahas trik Photoshop yang lain yang bisa Anda terapkan pada GIMP ini, simak yang berikut ini:

Mencerahkan Bagian Tertentu pada Foto

Trik Photoshop ini bisa dibilang paling gampang dilakukan dengan software foto editor apapun. Tools yang dibutuhkan umumnya adalah "Levels," "Curves," dan tool pengaturan warna lainnya. Yang memerlukan penyesuaian adalah letak dari tool tersebut di GIMP.

Menciptakan Efek Refleksi Foto

Menciptakan refleksi dari suatu teks atau gambar adalah efek efek paling standard an menggunakan tool dasar. Trik Photoshop ini bisa Anda terapkan pada GIMP dengan langkah-langkah yang mirip, hanya dengan sedikit perbedaan. Perbedaannya adalah pada nama tool dan letak menu, Anda bisa membalik foto di GIMP dengan cara mengakses menu "Image > Transform."

Ekstrak Subyek dan Menempatkannya sebagai Background Baru

Konsep umum dari trik Photoshop ini adalah menggantikan background suatu foto dengan foto lain. Contoh: Anda menggantikan background foto Anda di kamar dengan background pantai. Tool yang digunakan juga sangat standar yaitu "Polygonal Lasso," "Eraser" dan "Saturation."

Yang sedikit berbeda dalam menerapkan trik Photoshop ini pada GIMP adalah GIMP tidak mempunyai tool Polygonal Lasso, tetapi Anda bisa menggantikan fungsi tool ini dengan lasso tool biasa yang tersedia di GIMP. Tool lain yang tidak tersedia pada GIMP adalah "Background Eraser," tetapi Anda bisa mendapatkan fungsi yang sama dari tool tersebut dengan menggunakan "Brush tool -> Color Erase -> dan Setting Foreground Color dengan warna yang ingin Anda hapus." Tool "Magic Wand" juga bisa melakukan fungsi tersebut apabila foreground dan background pada bagian yang ingin Anda hapus jauh berbeda dengan bagian yang ingin Anda gunakan. Sementara tool "Saturation" dan tool penyesuaian warna lainnya sudah tersedia pada GIMP dan mirip dengan Photoshop.

Edit Distorsi pada Foto

Terkadang hasil foto tidak sesuai dengan apa yang Anda bayangkan, dan untuk memperbaiki distorsi tersebut Anda bisa menggunakan tool Photoshop Liquify. GIMP tidak memiliki tool dengan nama tersebut, tetapi untuk menerapkan trik Photoshop ini, GIMP memilih tool dengan fungsi yang sama di "Filters -> Distorts -> Iwarp.

Anda bisa melakukan eksperimen untuk menemukan tool lain dalam menerapkan fungsi ini pada GIMP. Tetapi Iwarp tetap akan menjadi preferensi tool yang disarankan untuk menggantikan Liquify milik Photoshop.

Mengganti Warna pada bagian Tertentu Suatu Foto

Untuk melakukan ini Photoshop memiliki tool bernama "color replacement" yang akan memudahkan pekerjaan Anda, tetapi GIMP tidak memiliki tool semacam ini. Apabila Anda ingin menerapkan trik Photoshop ini menggunakan GIMP, Anda harus melakukannya secara manual menggunakan tool yang sama dengan pembahasan trik Photoshop di atas.

Menciptakan Efek Instagram-Like

Satu lagi trik Photoshop yang membutuhkan proses lebih rumit adalah menerapkan efek Instagram-like. Apabila menggunakan Photoshop, Anda hanya perlu download beberapa Photoshop actions. Tetapi apabila menggunakan GIMP, Anda harus melakukannya secara manual.

Anda bisa googling untuk menemukan cara menciptakan efek instagram-like menggunakan GIMP. Dan apabila berungtung mungkin Anda juga bisa menemukan plugin GIMP yang bisa menciptakan efek foto jadul seperti Instagram tersebut. [RY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel