Penelitian Membuktikan Keypad Handphone Banyak Mengandung Kuman

13 Dec 2011 17:00 8646 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Keypad handphone merupakan bagian yang paling sering disentuh oleh pengguna, dan layar pada *handset touchscreen*. Satu hal yang kurang diperhatikan oleh pengguna adalah kebersihan dari bagian *handset* tersebut.

Keypad handphone merupakan bagian yang paling sering disentuh oleh pengguna, dan layar pada *handset touchscreen*. Satu hal yang kurang diperhatikan oleh pengguna adalah kebersihan dari bagian *handset* tersebut.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Keeping It Kleen, pemerhati kebersihan dan kesehatan, menemukan bahwa 16% ponsel mengandung kuman, dan umumnya pada bagian yang sering disentuh yaitu *keypad handphone* atau layar pada *handset* Touchscreen Perbandingan Ponsel Touchscreen:

Motorola Defy vs Nokia N8 vs LG Optimus GT540 "). Isu ini juga terjadi pada *gadget* pada umumnya seperti laptop, desktop, dan lain-lain. Sebelum Anda menggunakan keypad handphone atau keyboard laptop Anda, atau semua *gadget* yang Anda miliki, pertimbangkan hasil temuan Keeping It Kleen berikut ini:

- *Keyboard/mouse/keypad handphone* lima kali lebih kotor dan mengandung kuman 60 kali lebih banyak daripada toilet seats, 150 kali di atas batas yang dapat diterima dari standar level bakteri.

- 16% dari Ponsel /laptop/ *tablet pc* ditemukan memiliki kuman

- Kuman flu dari bersin bisa bertahan di permukaan *gadget* hingga 48 jam, bahkan beberapa microba bisa bertahan hingga ratusan tahun, bila tidak dibersihkan.

Hal yang sedikit melegakan adalah hasil penelitian menemukan, setidaknya, *keypad* *handphone*, *keyboard* laptop, atau *gadget* pada umumnya bukanlah yang paling kotor.

Keeping It Kleen menemukan bahwa *remote* tv, khususnya yang berada di hotel atau tempat penginapan umum, ditahbiskan sebagai yang paling kotor, mengandung lebih banyak kuman daripada toilet.

Selain mengungkapkan "momok" ini, Keeping It Kleen juga memberikan cara untuk mengatasinya. Apabila Anda ingin—bukan sekedar membersihkan *keypad handphone*, keyboard laptop*, layar *touchscreen*, atau bagian lain dari *gadget*, tetapi—membersihkan dari kuman, tidak disarankan Anda menggunakan:

- Kaus kaki atau celana dalam kotor

- Tisu dan ludah. Umumnya pengguna menggunakan cara cepat ini untuk menghilangkan noda pada *gadget*, tetapi malah memberikan kuman.

- Lengan baju - Memberikan "tiupan nafas" terlebih dahulu sebelum melap dengan sesuatu

- Air toilet Disarankan Anda menggunakan alat sebagai berikut:

- Tisu Clorox

- Alcohol dan Tisu halus

- UV light cleaners Dan apabila Anda menggunakan suatu produk cairan pembersih, selalu perhatikan petunjuk dari manufaktur, yang umumnya terdapat pada kemasan, tentang detail produk tersebut bisa digunakan pada alat elektronik apa saja. [RY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel