Cara Membuat Password yang Aman dari Jamahan Hacker

13 Dec 2011 14:00 6492 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kebanyakan orang yang membuat *password* dengan kode-kode yang rumit pada intinya ingin menjaga privasinya seapik mungkin. Namun, pada kenyataannya hal tersebut malah menyebabkan Anda lupa mengingat kode *password* yang telah Anda buat. Untuk mencegahnya Anda memerlukan tips mengenai cara membuat *password* yang aman, baik dan benar, dan tentunya sulit dijamah *hacker*.

*Password* atau yang lebih dikenal dengan nama kata kunci sudah pasti dibutuhkan untuk mengamankan akun Anda, baik pada email, jejaring sosial, *blog*, rekening Bank (dengan istilah pin), komputer bahkan pada *smartphone* Anda. Dengan sebuah *password*, maka *smartphone* maupun layanan-layanan yang Anda miliki dan gunakan bisa terjaga rahasianya selayaknya barang privasi. Karena *password* hampir bisa melindungi "semua privasi Anda", maka Anda perlu mengetahui bagaimana cara membuat password yang aman dan tentunya mudah diingat? Kebanyakan orang yang membuat *password* dengan kode-kode yang rumit pada intinya ingin menjaga privasinya seapik mungkin.

Namun, pada kenyataannya hal tersebut malah menyebabkan Anda lupa mengingat kode *password* yang telah Anda buat, jika sudah demikian siapa yang akan merasa repot? Untuk mencegah hal itu terjadi, Anda memerlukan tips mengenai cara membuat *password* yang aman, baik dan benar, dan tentunya sulit dijamah hacker.

Tips ini berlaku untuk mengamankan semua akun, baik itu *email*, *blog*, komputer PC ataupun *smartphone* Anda.

Berikut ini adalah tips mengenai cara membuat password yang aman ala Plimbi.com:

1. Tips pertama dalam membuat *password* adalah cobalah untuk menghindari *password* yang mudah ditebak, seperti enam digit dari tanggal lahir Anda, angka atau huruf yang berurutan, nama Anda sendiri atau dengan kata 'password' itu sendiri. Semua rangkaian kata atau huruf *password* tersebut sudah banyak digunakan, sehingga terkadang pemilik layanan akunnya sendiri menolak *password* dengan komposisi tersebut.

2. Buatlah *password* yang berbeda untuk setiap akun jika Anda memiliki akun layanan yang banyak, jika memungkinkan gantilah secara berkala. Apabila Anda termasuk orang yang mudah lupa, catatlah *password* beserta *username* dari setiap akun layanan di buku harian Anda. Penelitian dari Bitdefender menyatakan bahwa 75% pengguna internet mempunyai *password* yang sama untuk setiap akun, jadi jika satu sudah terbobol, maka habislah sudah semuanya.

3. *Password* sebaiknya terdiri dari delapan digit, dan gunakan perpaduan angka serta huruf atau 'spasi' untuk keperluan ini. Misalnya *password* Anda 'portal plimbi', maka ubahlah menjadi 'portal plimbi'. Perlu Anda ingat bahwa semakin panjang *password* yang Anda gunakan, maka semakin sulit pula *hacker* membobol akun-akun milik Anda.

4. Jika 'alay' itu menjadi suatu hal yang Anda hindari dalam berkomunikasi, mungkin metode alay ini diperlukan dalam kasus membuat *password*.

Perpaduan huruf besar dan kecil, *plus* tambahan karakter angka yang bisa dibaca selayaknya sebuah huruf perlu Anda terapkan dalam membuat *password*, pasalnya *domain* membaca suatu hal yang berbeda untuk setiap rangkaian huruf kecil dan huruf besar.

Coba Anda membuat *password* 'ad1 6aLaU 5eL4Lu' atau 'Pr1a Ke5eP1aN'. Anda mau menerapkan hal ini? Silahkan saja, tetapi dengan catatan Anda harus benar-benar mengingat kombinasi huruf dan angka itu sendiri.

Nah, itulah tips cara membuat *password* yang aman ala Plimbi. Sekali lagi ingatlah bahwa jangan sesekali Anda membuat password yang sangat mudah ditebak. Menurut penelitian, orang yang menggunakan *password* seperti itu sama saja seperti orang yang tidak memiliki *password* karena saking mudahnya untuk dibobol.

Melindungi akun pribadi merupakan kewajiban diri Anda sendiri, jika tak mau dibobol maka buatlah *password* yang menurut Anda kuat dan mudah untuk Anda ingat. [HJ]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel