Bisakah Kamera iPhone 4S Menggantikan Posisi Kamera Digital?

9 Dec 2011 11:00 7079 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Namun disamping keunggulan hasil jepretan kamera iPhone di kelas kamera ponsel, pertanyaan yang layak dilontarkan dengan kemunculan iPhone 4S ini adalah, Bisakah Kamera iPhone 4S Menggantikan Posisi Kamera Digital?

Ketika Apple mengumumkan iPhone 4S, perusahaan berbasis di California ini dengan jelas membanggakan hardware kamera iPhone 4S yang tersemat pada produk smartphone terbarunya tersebut.

Dengan kemampuan 8 megapixel, lensa yang didesain ulang, dan pengembangan dalam hal software, tentu saja berita ini dapat menarik perhatian Apple fanboy yang banyak memanfaatkan kamera iPhone dan Instagram.

Namun di samping keunggulan hasil jepretan kamera iPhone di kelas kamera ponsel, pertanyaan yang layak dilontarkan dengan kemunculan iPhone 4S ini adalah, Bisakah Kamera iPhone 4S Menggantikan Posisi Kamera Digital?

Pertanyaan ini memiliki jawaban yang sangat variatif, karena kebutuhan pengguna akan kamera berbeda-beda. Apakah fotografer professional bisa menggantikan kamera DLSR andalannya dengan iPhone 4S? jelas tidak! Tetapi apakah pengguna umum bisa menggantikan digital pocket camera miliknya dengan kamera iPhone 4S? Mungkin, dan jawaban ini yang coba dibuktikan pada artikel ini.

Artikel ini akan mencoba membandingkan kamera iPhone 4S dengan Canon 20D berkemampuan 8 megapixel, Olympus Xz-1 berkemampuan 10 megapixel, kamera 8 megapixel Samsung Galaxy S II, dan juga kamera iPhone 4.

iPhone 4 vs iPhone 4S vs Canon 20D vs Olympus Xz-1

Foto pertama ini menunjukkan perbandingan hasil kamera iPhone 4S (1/3500 f/2.4 ISO80) pada sebelah kiri, dengan kamera iphone 4 (1/1150 f/2.8 ISO64) pada sebelah kanan.

Foto kedua ini menunjukkan perbandingan hasil kamera iPhone 4S pada sebelah kiri, dengan kamera Samsung Galaxy SII (1/1400 f/2.6 ISO32) pada sebelah kanan.

Foto ketiga ini menunjukkan perbandingan hasil kamera iPhone 4S pada sebelah kiri, dengan Olympus XZ-1 (1/2000 f/2.5 ISO100) pada sebelah kanan.

Foto keempat membandingkan hasil kamera iPhone 4S pada sebelah kiri, dengan Canon 20D (1/1000 f/4.5 ISO100) pada sebelah kanan.

Pada beberapa hasil foto diatas bisa Anda lihat perbedaan terletak pada pencahayaan. Dan pada kamera digital bisa dilihat terjadi over-exposure (pencahayaan yang berlebihan) jika dibandingkan hasil kamera iPhone 4S. Namun yang layak menjadi bahan pertimbangan adalah, sistem pencahayaan seperti ini pada kamera digital bisa disetting dan dibetulkan (contoh setting ini terletak pada tulisan 1/1000 f/4.5 ISO100), sementara pada iPhone tidak tersedia setting tingkat tinggi seperti pada kamera digital.

Gambar selanjutnya ini hasil zoom dari foto di atas, mulai dari kiri kamera iPhone 4S, iPhone 4, Samsung Galaxy SII, Olympus XZ-1, Canon 20D.

Bisa Anda lihat sendiri hasil foto pada kamera iPhone 4S dan iPhone 4 saat di zoom masih menunjukkan noise atau masih kotor. Samsung Galaxy S II dilengkapi dengan fitur noise reduction untuk membersihkan "hasil kotor" suatu foto, namun pada foto diatas menunjukkan hasil noise reduction malah memberikan hasil yang kurang memuaskan. Dan kedua kamera digital menunjukkan hasil yang bersih meskipun di-zoom.

Kesimpulan

Dari hasil diatas bisa ditarik kesimpulan, untuk pengguna awam, kamera iPhone 4S sudah bisa menggantikan digital kamera. Setting otomatis untuk hasil gambar maksimal pada iPhone memberikan kemudahan kepada pengguna untuk langsung mengambil foto tanpa diribetkan exposure, dynamic range, dan lain-lain.

Namun untuk pengguna tingkat advance yang sudah cukup memahami tentang setting hingga detail suatu foto, kamera iPhone 4S belum bisa menggantikan digital kamera. [RY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel