Tips mempercepat Koneksi Internet Dengan Cara Mengatur DNS

27 Feb 2013 17:00 8091 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Internet memang terlihat hanya sebuah koneksi. Tetapi sebenarnya, koneksi ini merupakan serangkaian sistem yang kompleks hingga sampai kepada Anda.

Internet memang terlihat hanya sebuah koneksi. Tetapi sebenarnya, koneksi ini merupakan serangkaian sistem yang kompleks hingga sampai kepada Anda. Bukan sekedar Anda me-request ke server dan mendapatkan apa yang Anda inginkan. Ada proses-proses yang sebelumnya harus dilalui. Untuk meminimalisir proses tersebut Plimbi berikan cara mempercepat koneksi internet dengan DNS yang ada saat ini. Tapi jangan terlalu berharap tinggi-tinggi. Ini tidak akan mengubah kecepatan internet Anda dari yang awalnya 50Kb/s menjadi 500Kb/s. Namun, paling tidak ini cukup membantu agar kegiatan browsing atau kegiatan internet lainnya lebih baik dan lebih cepat lagi.

Software juga bukan merupakan alat bantu yang secara langsung bisa merubah kecepatan internet Anda. Tetap, paket data yang Anda miliki merupakan pengaruh terbesar dalam kecepatan internet. Semakin besar paket data, akan semakin besar pula dana yang dibutuhkan. Jadi, jangan percaya kalau ada software yang mempu menaikkan kecepatan internet Anda secara drastis.

Apa itu DNS?

DNS merupakan singkatan dari Domain Name System. DNS menerangkan sebuah identitas nama sebuah server. Sebenarnya Twitter.com, Facebook.com, atau website lainnya disistem internet dikenal dengan angka-angka atau yang sering disebtu sebagai IP (Internet Protocol). Misalnya Facebook, IP nya adalah 69.63.181.11. Bila kita ketikkan angka tersebut maka yang terbuka adalah Facebook. Disinilah fungsi DNS. DNS melakukan encode atau menterjemahkan nama seperti Google.com atau Facebook menjadi angka-angka tersebut karena, sistem internet tidak mengenal nama-nama itu, dia mengenal IP mereka.

DNS biasanya dimiliki oleh penyedia layanan sambungan internet seperti Indosat, Telkomsel, Telkom, dan lainnya. Server DNS suatu ISP atau penyedia internet pasti mempunyai kemampuan, kecepatan, spesifikasi, dan pembacaan ip tersediri sehingga mereka bisa secara cepat menterjemahkan IP yang kita inginkan.

Benchmarking Kemampuan DNS Anda

Untuk melakukan Benchmarking kita bisa menggunakan software tambahan. Namun, ini tidak bekerja secara otomatis. Software ini menunjukkan kepada Anda daftar DNS publik yang bisa digunakan dan memberi perbandingan waktu respon masing-masing DNS tersebut dan kebaharuan server DNS yang tersedia. Tetapi Anda tidak akan kesulitan memahami data yang diberikan software ini. Dari data yang disediakan oleh DNS Benchmark kita bisa memilah-milih DNS mana yang bisa kita gunakan agar koneksi kita dapat lebih cepat yang kadang-kadang memang signifikan.

Salah satu software lain yang bisa kita gunakan untuk mengidentifikasi permasalahan DNS Anda adalah NameBench yang juga mudah digunakan. Setelah melakukan scan, maka software akan merangkum kondisi DNS yang tersedia. Petunjuk lengkapnya, hanya ada tiga tahap melakukan benchmarking yang tersedia di website resminya di sini. Software ini telah terdaftar di Google dan dapat di jalankan dibeberapa OS seperti Mac OS X, Windows tetapi dalam bentuk portable dan Phyton versi 2.4 dan 2.7.

Optimalisasi Kemampuan DNS

Setelah melakukan bencmarking melalui software-software di atas kini Anda tahu bagaimana ketersedian kecepatan internet yang ada di negara kita dan mahal pula bila dibandingkan dengan negara-negara lain. Karena itu, langkah selanjutnya untuk pengoptimalisasian DNS adalah membersihkan record dan sedikit mengimprovisasi performa website di komputer Anda.

Yang membantu kita untuk melakukan hal tersebut adalah NameHelp. Software yang satu ini dikembangkan oleh Universitas Northwestern, Amerika Serikat. Software ini bekerja dibelakang layar. Secara diam-diam dia akan bekerja untuk Anda dengan melakukan pengaturan DNS seperti membersihkan record dan menghubungi server tercepat di daerah Anda. Setelah selesai menginstal software ini, kita membutuhkan sedikit pengaturan agar dalam bekerjanya nanti bisa lebih optimal lagi karena software ini bekerja secara otomatis.

Setelah semua selesai maka Anda akan melihat bagaimana NameHelp meningkatkan performa browsing dan website Anda. Ini sedikit membuat bencmarking yang kita lakukan sebelumnya agak berarti. Tapi perlu kita ingat, terkadang manual itu lebih berdampak secara signifikan daripada yang otomatis. Bencmark juga bisa berguna ketika software otomatis Anda sedang dalam masalah atau tidak mampu memproses tugas yang seharusnya dilakukannya.

Untuk mendownload software ini secara gratis, Anda bisa klik di sini. Software ini bisa dijalankan pada sistem operasi Windows, Mac dan Linux. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel