Gunakan Extension Bookmark Google Chrome Ini Untuk Mengorganisir dan Menyederhanakan Bookmark

25 Feb 2013 09:00 4779 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Bookmark menjadi suatu bagian kegiatan berselancar di duniamaya yang sulit dilepaskan. Namun yang menjadi masalah adalah ruang untuk bookmark Google Chrome itu terbatas, Anda perlu mengklik tanda panah kecil di bagian atas bar bookmark Chrome agar bisa menampilkan semua bookmark.

Bookmark menjadi suatu bagian kegiatan berselancar di duniamaya yang sulit dilepaskan. Ketika Anda menemukan website yang dianggap menarik, penting atau memiliki keinginan membukanya kembali suatu saat nanti, dengan bookmark Anda tinggal mengkliknya saja. Namun yang menjadi masalah adalah ruang untuk bookmark Google Chrome itu terbatas, Anda perlu mengklik tanda panah kecil di bagian atas bar bookmark Chrome agar bisa menampilkan semua bookmark. Karena kesukaan kita dengan bookmark, akhirnya bookmark ini membludak dan banyak sekali jumlahnya. Hingga kita bingung mana yang masih aktif, mana yang sudah lama sekali, dan bookmark mana yang sama atau duplikasi. Anda perlu membenahi kekacauan ini, dan hal ini bisa dibuat lebih sederhana dan terorganisir. Berikut beberapa langkah untuk merapikan dan menyederhanakan bookmark.

Bookmark Chrome

Bookmar Chrome menawarkan akses instan ke website-website favorit Anda. Cukup drag dari kolom URL dan letakkan di bar bookmar, jadilah shortcut untuk akses ke website-website favorit Anda. Untuk pengaturan bookmark Anda bisa membuka atau bisa mengklik kanan bar bookmark dan pilih menu Bookmark Manager. Untuk menampilkan atau menyembunyikan bar bookmark ini, bisa menggunakan keyboard dengan menekan tombol CTRL+SHIFT+B, atau bila ingin pengaturan lebih lagi Anda bisa membuka pengaturan Chrome untuk bookmark. Di situ Anda bisa memperluas entri bookmark, memilih bookmark mana yang perlu ditampikan dan lain sebagainya.

Membersihkan bookmark

Bila Anda orang yang suka mem-bookmark website-website tentu pernah mengalami bookmark yang berantakan, sampai-sampai bingung mana bookmark yang masih aktif, atau yang sudah ada duplikasinya, dan bookmark yang tidak bisa dikases lagi. Mungkin untuk membersihkannya bisa secara manual, satu demi satu bookmark tersebut Anda hapus. Bagaimana bila Anda memiliki bookmark lebihdari 50 website? Tentu menghapus satu demi satu bukan perkerjaan yang efesien, belum lagi sulit menemukan website yang sudah mati atau tidak bisa diakses lagi dan adanya bookmark yang sama. Ini sulit dideteksi bila bookmark Anda banyak jumlahnya.

Anda bisa memanfaatkan ekstensi bookmark Google Chrome yang bertugas mencari duplikasi dan bookmark yang tidak berfungis lagi. Eksitensi ini bernama Bookmark Sentry, dengan ekstensi ini Anda bisa menemukan bookmark-bookmark yang terduplikasi, link-nya sudah mati atau websitenya memang sudah tidak ada lagi. Selain secara manual, Bookmark Sentry juga bisa diatur waktunya. Klik ikon pengaturan kemudian pilih menu tools, atau Anda bisa masuk ke chrome://extensions/. Pilih option maka akan muncul untuk pengaturan Bookmark Sentry. Ekstensi ini bisa didapatkan di sini.

Super Sorter

Fungsi kedua ekstensi ini sama, hanya saja Bookmark Sentry lebih baik ketimbang ekstensi ini. Meskipun demikian, Super sortter memiliki kemampuan yang tidak dimiliki Bookmark Sentry seperti meletakkan folder sebelum adanya bookmark, menyatukan folder bookmark yang namanya sama dan juga menghapus duplikasi folder dan bookmark dan beberapa keuntungan lainnya. Kedua ekstensi ini saling melengkapi satu sama lainnya. Jadi, sarannya gunakan keduanya untuk merapikan bookmark browser Anda, silakan download ekstensi ini di sini.

Manfaatkan ruang bookmark

Sekarang bookmark Anda sudah bersih dan rapi, saatnya mengumpulkan bookmark favorit. Anda bisa memindahkan bookmark atau folder bookmark lain dengan mengklik atau men-drag-nya ke bar bookmark dengan menggunakan Bookmark Manager. Shortcut untuk membuka Bookmark Manager adalah CTRL+SHIFT+O dan juga bisa di akses melalui ikon menu Chrome.

Ruang bar di Chrome Anda sangat terbatas, bookmark Anda tidak akan semua tampil bila jumlahnya banyak. Untuk mensiasatinya Anda bisa memasukkan bookmark yang mirip atau sejenis ke dalam satu folder atau bisa menghapus judul bookmark dan hanya meninggalkan pavicon-nya saja (ikon bookmark).

Tidak seperti Firefox yang bisa menampilkan pavicon saja ketika kita membuat website menjadi bookmark, pada justru Chrome harus menghapus secara manual nama dari bookmark tersebut. Untuk menghapusnya Anda bisa membuka Bookmark Manager dan mengahapus nama bookmark tersebut. klik save dan bookmark hanya tinggal pavicon saja. Beruntung jika Anda mem-bookmark website yang memiliki pavicon, bila tidak Anda akan kesulitan membedakan bookmark tersebut.

Bila website yang Anda bookmark tidak memiliki pavicon, Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan ekstensi I hate your pavicon yang bisa didownload di sini. Masukkan URL bookmark Anda dan URL pavicon yang diinginkan, maka bookmark tersebut akan berubah pavicon-nya sesuai pilihan Anda.

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel