5 Situs Sejarah Untuk Mengetahui Apa Yang Terjadi Pada Hari Ini Di Masa Lampau

21 Feb 2013 19:00 5809 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Salah satu hal dari sejarah yang cukup banyak digemari adalah sejarah tentang apa saja kejadian yang terjadi pada hari ini di masa lampau. Sebagai contoh, tahukah Anda kejadian apa yang terjadi pada tanggal 17 Desember? Jika Anda ingin mengetahuinya, maka Anda dapat mengunjungi 5 situs sejarah berikut ini.

‘Jas Merah’ yang berarti "jangan sekali-kali melupakan sejarah” merupakan istilah yang sangat populer dari Presiden Soekarno. Ucapan Bung Karno tersebut sangatlah jelas menyuruh kita agar selalu mengingat sejarah karena kita bisa mengambil contoh dari berbagai macam kejadian yang sudah terjadi di masa lampau.

Untungnya saat ini kita tidak perlu repot-repot pergi ke perpustakaan ataupun museum untuk mengetahui sejarah tersebut. Saat ini kita sudah bisa dengan mudah mengaksesnya melalui media internet. Terdapat banyak sekali informasi sejarah di internet yang bisa kita dapatkan untuk menambah pengetahuan kita terhadap sejarah.

Salah satu hal dari sejarah yang cukup banyak digemari adalah sejarah tentang apa saja kejadian yang terjadi pada hari ini di masa lampau. Sebagai contoh, tahukah Anda kejadian apa yang terjadi pada tanggal 17 Desember? Jika Anda ingin mengetahuinya, maka Anda dapat mengunjungi 5 situs sejarah yang akan Plimbi bahas di bawah ini.

This Day In History

Situs pertama yang dapat Anda kunjungi adalah situs History.com. Jika Anda sering mengunjunginya, maka Anda akan melihat tampilan situsnya selalu berubah setiap hari mengikuti berbagai event yang terjadi di masa lampau. Biasanya terdapat sebuah cerita utama dengan beberapa file multimedia seperti video. Di kolom sebelah kiri juga terdapat event penting lain yang terjadi di masa lampau. Anda juga dapat melihat kejadian di hari-hari yang lain menggunakan kalender yang sudah disediakan. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan konten This Day in History ini ke email Anda. Jika Anda tertarik untuk mengunjungi situs ini, maka Anda dapat mengaksesnya di sini.

BBC "On This Day”

BBC selalu mengikuti berbagai perkembangan di dunia, maka sudah pasti mereka memiliki arsip yang sangat banyak mengenai berbagai macam kejadian yang terjadi di masa lampau. Maka dari itu, BBC juga memiliki halaman khusus bernama On This Day yang berisi tentang kejadian-kejadian dari tahun 1950 hingga saat ini. Selain itu, halaman tersebut juga berisi berita-berita pada saat perang dunia kedua dari tahun 1939 hingga 1945. Yang menarik adalah adanya kolom bernama In Context yang menjabarkan efek serta hal-hal yang terjadi setelah kejadian terebut. Anda dapat mencari berita-berita tersebut berdasarkan tanggal, tahun, tema, ataupun penulisnya. Jika Anda tertarik untuk mengunjungi situs ini, maka Anda dapat mengaksesnya di sini.

New York Times "On This Day”

New York Times memiliki sebuah blog unik yang berisikan materi edukasi bernama The Learning Network. Terdapat banyak sekali berita tentang kejadian-kejadian di masa lampau yang bisa Anda temukan di sini. Tampilan dari situs ini juga sangat bersahabat untuk para pelajar karena menampilkan tanggal serta bulan ketika kejadian tersebut berlangsung. Dengan begitu, situs ini sangatlah cocok bagi para pelajar yang ingin mengetahui lebih banyak tentang peristiwa-peristiwa pada beberapa abad yang lalu. Selain itu, di sini juga Anda dapat melihat hari kelahiran serta kematian para tokoh terkenal. Jika Anda tertarik untuk mengunjungi situs ini, maka Anda dapat mengaksesnya di sini.

Library of Congress

Library of Congress merupakan salah satu perpustakaan terbesar yang merekam berbagai macam hal yang terjadi pada masa lampau. Terdapat banyak sekali arsip sejarah yang bisa Anda temukan di sini. Anda dapat membaca keseluruhan arsip sejarah, membaca sejarah pada tanggal tertentu, ataupun juga membaca secara dari bulan ke bulan. Sayangnya, hanya sejarah amerika saja yang dimiliki oleh situs ini. Jika Anda tertarik untuk mengunjungi situs ini, maka Anda dapat mengaksesnya di sini.

Wikipedia

Situs yang terakhir ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita, yaitu Wikipedia. Selain menyediakan sejarah yang sangat lengkap untuk berbagai hal, Wikipedia juga menyediakan sebuah fitur yang bernama "On this day...”. Dalam fitu tersebut Anda dapat melihat kejadian apa saja di masa lampau yang terjadi pada hari ini. Jika Anda mengklik tanggalnya, maka Anda akan dibawa ke halaman lengkap mengenai tanggal tersebut. Semuanya bisa Anda dapatkan dengan mudah di Wikipedia. Jika Anda tertarik untuk mengunjungi situs ini, maka Anda dapat mengaksesnya di sini. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel