Tips Memilih Netbook Sesuai Keperluan Anda

30 Nov 2011 09:00 9284 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sederhana, praktis, mungil. Begitulah sebutan bagi Netbook atau Notebook mini. *Gadget* ini begitu digemari karena memiliki ukuran kecil dan tidak terlalu berat, sehingga Anda bisa memasukannya ke dalam tas dan membawanya kemana pun Anda pergi.

Sederhana, praktis, mungil. Begitulah sebutan bagi Netbook atau Notebook mini. Gadget ini begitu digemari karena memiliki ukuran kecil dan tidak terlalu berat, sehingga Anda bisa memasukannya ke dalam tas dan membawanya kemana pun Anda pergi.

Netbook hadir dengan aneka ragam pilihan, hal ini tidak menutup kemungkinan akan menyulitkan Anda ketika ingin membelinya, karena itu mungkin Anda perlu tips memilih Netbook.

Berikut Plimbi akan memberikan tips memilih Netbook yang sesuai dengan keperluan Anda:

  • Hal yang paling penting bagi pelanggan saat ingin membeli barang yaitu menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Dalam hal memilih Netbook, beberapa Netbook Nasional biasanya memiliki harga yang terjangkau karena merupakan perakitan dari dalam negeri. Mengenai kualitas sebenarnya tidak jauh berbeda, hanya saja perbedaannya terletak pada komponen yang digunakan dan teknologi masing-masing vendor. Selain merek dalam negeri, Netbook merek luar negeri pun ada yang menawarkan harga yang dapat dijangkau oleh berbagai kalangan.

  • Karena Netbook dirancang dengan ukuran yang kecil, maka tips memilih Netbook yang penting bagi Anda untuk memilih ukuran layar dan resolusinya yang bisa membuat mata Anda nyaman saat menggunakannya. Netbook dengan resolusi 800x480 pixel mungkin akan sedikit membuat Anda bekerja keras saat ingin melihat halaman sebuah situs Web secara utuh, karena harus menggulung-gulung ke arah samping. Supaya Anda dapat menjelajah internet dengan puas, sebaiknya Anda memilih Netbook yang memiliki layar berresolusi 1024x600 pixel. Selain layar, ukuran keyboard juga penting untuk kenyamanan Anda dalam mengetik. Keyboard pada kebanyakan Netbook akan dirasa sangat sempit, kecuali Anda memiliki jari-jari yang mungil, hal ini tidak menjadi masalah. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena kini ada beberapa Netbook yang menawarkan keyboard dengan ukuran lega.

  • Yang harus diperhatikan dalam tips memilih Netbook selanjutnya yaitu sistem operasi. Sistem operasi yang digunakan pada Netbook yaitu Linux dan Windows. Pada dasarnya Linux dapat mengurangi kemungkinan Netbook terserang malware secara signifikan, namun ketika Anda akan menambahkan aplikasi baru kemungkinan akan lebih sulit dibanding dengan Windows. Selain itu, cukup banyak aplikasi yang tidak compatible dengan Linux. Jika Anda menggunakan Windows, Anda dapat menambahkAn banyak aplikasi, karena sistem operasi ini sangat mudah dan compatible dengan aplikasi yang ada, namun rentan terhadap malware. Dengan begitu Anda perlu mempersiapkan antivirus.

  • Pilihlah Netbook yang memiliki dukungan prosessor yang dirancang dengan kecepatan dan efisiensi baterai yang sesuai. Saat ini ada dua perusahaan yang tengah menciptakan prosessor tangguh dan hemat baterai yaitu Intel dan VIA. Awalnya Intel memproduksi Intel Celeron M prosessor (900 MHz), kemudian menggantinya dengan yang lebih cepat dan efisien yaitu Atom Chips (800 MHz to 1.8 GHz). Sementara VIA menawarkan C7-M prosessor (1.0 GHz-1.7 GHz), kemudian mengeluarkan Nano platform (1.0 GHz to 1.8 GHz).

  • Netbook menawarkan 2 media storage, HDD/hardisk standar dan SSD (Solid State Drive). HDD/hardisk standar memiliki kapasitas yang besar namun rentan akan goncangan dan mudah rusak apabila terjatuh. Sementara SSD memiliki kecepatan akses data yang lebih cepat dan cenderung tetap dingin, namun SSD masih terhitung mahal sehingga Netbook hanya dibekali dengan SSD berkapasitas kecil. Jika Anda mementingkan kapasitas storage, Anda bisa memilih HDD. Namun jika Anda memprioritaskan proteksi data, Anda bisa memilih SSD.

  • Tips memilih Netbook yang terakhir adalah apabila Anda menginginkan Netbook dapat terhubung dengan piranti eksternal, maka Anda harus memperhatikan jumlah port pada Netbook. Umumnya Netbook ditanami 3 port yaitu USB 2.0, port VGA out dan slot kartu memori. [RF]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel