Cara Reset Handphone atau Factory Reset Pada Android, iPhone, Windows Phone, dan BlackBerry

21 Nov 2011 14:00 8192 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Saat meng-*upgrade* *handphone* dan menjual *handphone* lamanya, kadang lupa menghapus data sebelum Anda menjualnya dan berganti tangan. Pada artikel berikut ini Plimbi menyajikan pembahasan mengenai cara reset handphone.

Saat pengguna meng-upgrade handphone dan menjual handphone lamanya, selalu ada satu hal penting yang mereka lupakan yaitu lupa menghapus data sebelum Anda menjualnya dan berganti tangan. Padahal, alangkah baiknya dan sangat disarankan jika Anda melakukan penghapusan data handphone Anda untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, pada artikel berikut ini Plimbi menyajikan pembahasan mengenai cara reset handphone.

Cara reset handphone, atau yang biasa disebut factory reset merupakan kondisi dimana Anda bisa dengan cepat menghapus semua data pada handphone Anda dan mengembalikannya pada setting awal pabrikan, dan hal ini tersedia pada semua merek handphone. Just in case Anda belum mengetahuinya, berikut cara reset handphone pada iPhone, Android, Windows Phone dan BlackBerry:

iPhone

Pertama, sebaiknya backup iPhone Anda menggunakan iTunes sebelum melakukan cara reset handphone, selanjutnya lakukan langkah-langkah seperti di bawah ini :

  • Akses Settings -> General -> Reset

  • Pilih Erase All Content and Settings, setelah itu Anda akan diminta untuk meng-input passcode sebelum proses bisa dieksekusi.

  • Proses ini akan berlangsung hanya dalam hitungan menit, kecuali Anda menggunakan perangkat model lama.

Android

Sama seperti pada iPhone, sebelum melakukan langkah-langkah cara reset handphone berikut ini, terlebih dahulu backup data pada Android Anda dengan cara mengkoneksikan perangkat Anda pada komputer lalu drag-and-drop file yang ingin Anda backup ke komputer. Setelah proses backup selesai, lakukan langkah-langkah selanjutnya di bawah ini :

  • Akses Menu -> Settings

  • Pilih Privacy

  • Klik Factory data reset

Windows Phone (7 dan 7.5)

Backup Windows Phone bisa Anda lakukan terlebih dahulu menggunakan software Zune khusus untuk Windows, tetapi sayangnya Anda tidak bisa mem-backup semua data SMS Anda, jadi sebaiknya Anda mencari cara lain atau melakukan backup dengan cara manual agar tetap bisa menyimpan SMS yang Anda inginkan. Selanjutnya cara reset handphone bisa Anda lakukan dengan cara seperti di bawah ini :

  • Akses Settings -> About

  • Scroll pada bagian paling bawah lalu pilih reset your phone

  • Pilih Yes apabila notifikasi muncul

  • Password tidak akan ditanyakan pada Windows Phone

BlackBerry OS 6

Gunakan BlackBerry Desktop Manager untuk mem-backup, selanjutnya cara reset handphone bisa dilakukan dengan cara :

" Akses Options -> Security.

" kemudian scroll ke Security Wipe.

" Pilih semua pilihan: Email & Contacts, Applications, Media card.

" Ketik BlackBerry" pada kotak yang disediakan, kemudian klik *confirm.

[RY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel