Cara Meningkatkan Fungsi Custom Search Google Chrome

13 Jul 2013 23:00 4410 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Cara lainnya yang seringkali dilewatkan untuk mendongkrak browser adalah dengan menggunakan custom search Google Chrome.

Bila dilihat dalam hal kecepatan browsing dan fleksibilitas, Google Chrome mungkin menjadi favorit sebagian besar pengguna, besarnya kecepatan ini berasal dari browser itu sendiri. Kecepatan tersebut merupakan hasil dari ekstensi yang ada di Chrome, di samping itu cara lainnya yang seringkali dilewatkan untuk mendongkrak browser adalah dengan menggunakan custom search Google Chrome.

Dengan menggunakan kata kunci yang telah ditetapkan, Anda dapat mencari hampir semua situs yang diinginkan melalui omnibar Chrome. Ini merupakan mesin pencari yang dapat disesuaikan dan ditambahkan ke browser Anda secara otomatis saat menjelajah web, namun pada artikel ini juga akan ditunjukkan bagaimana menambahkan mesin pencari Anda sendiri ke dalam daftar. Menambahkan mesin pencari dari Wikipedia, Facebook, atau blog favorit Anda adalah cara yang bagus untuk memulai, namun Anda tidak harus berhenti di situ. Anda dapat menggunakan pencarian Chrome untuk menjalankan lebih dari permintaan pencarian yang sederhana.

Anda mungkin pernah melakukan pencarian Google langsung dari address bar menggunakan sebuah kata kunci, Anda juga dapat mengatur mesin pencari yang dapat disesuaikan. Artikel ini akan membahas mengenai cara meningkatkan fungsi dari custom search Google Chrome.

Dasar-dasarnya

Custom search Google Chrome dapat diakses melalui preferensi, caranya buka halaman pengaturan Chrome lalu gulir ke bawah untuk preferensi Search. Klik Manage search engines untuk membuka panel pencarian. Di sini, Anda akan melihat semua mesin pencarian yang sedang aktif dalam Chrome Anda. Pada bagian bawah other search engines, ada tiga input yang dapat dimasukkan untuk menambahkan mesin pencari Anda sendiri ke Chrome. Tambahkan nama situs, kata kunci yang ingin Anda gunakan untuk mengakses melalui omnibar Chrome, dan URL pencarian. Dengan menggunakan sistem ini, maka pencarian Anda akan lebih spesifik.

Secara default, Chrome menggunakan domain situs dan ekstensi sebagai kata kunci (misalnya: Plimbi.com), namun sangat disarankan untuk menyusun kata kunci sendiri. Anda dapat membuat kata kunci yang mudah diingat dan cepat pengetikannya, seperti dict, goog, yout, subs, dan sebagainya. Semua tergantung bagaimana cara Anda membuatnya mudah untuk Anda sendiri.

Bookmark Shortcut

Anda dapat menggunakan omnibar Chrome untuk mengakses bookmark, Anda dapat menambahkan bookmark seolah-olah ini adalah mesin pencari. Anda tinggal menambahkan mesin pencari ke Chrome dengan kata kunci sederhana dan URL bookmark tersebut. Sekarang, Anda dapat menjalankan sebuah situs dengan sederhana seperti memasukkan kata kunci di address bar Chrome lalu tekan enter. Hal ini sangat berguna untuk halaman situs yang menggunakan URL yang kompleks.

Bookmarklet JavaScript

Bookmarklet adalah potongan pendek kode JavaScript yang Anda tambahkan ke sebuah bookmark. Bookmarklet merupakan alternatif lebih cepat untuk ekstensi browser yang sederhana, antara lain Anda dapat menggunakan bookmarklet untuk mempersingkat URL dari halaman yang sedang dikunjungi, mengklip artikel untuk Evernote atau Facebook, mengkonversi sebuah halaman situs ke EPUB, atau mencari kata pada Wikipedia.

Membuat bookmarklet agar dapat diakses melalui address bar Chrome sangat mirip seperti cara yang dilakukan pada penjelasan di atas. Anda tinggal menambahkan bookmarklet kode JavaScript dalam ruang URL dan menyusun kata kunci untuk mengaksesnya. Catatan, pastikan kode tersebut diawali dengan removed, Chrome menghapus kata kunci ini untuk alasan keamanan jika Anda menggunakan salinan script bookmarklet.

Beberapa Kata Kunci Pertanyaan

Secara default, Anda hanya dapat menjalankan pencarian ini dengan parameter tunggal. Ini bagus jika Anda sedang mencari sesuatu di Wikipedia, tetapi tidak cukup jika Anda sedang mencari arah berkendara di antara dua alamat. Pertama kali disediakan oleh LifeHacker untuk Firefox dan diadaptasi untuk Google Chrome oleh Jon the Geek, potongan JavaScript yang ditunjukkan di atas bekerja rapi di sekitar pembatasan itu. Masukkan URL dalam bentuk kode dengan %s digunakan untuk menunjukkan setiap parameter dan menambahkan JavaScript untuk mesin pencari seperti seperti yang dilakukan sebelumnya. Gunakan tanda titik koma (;) untuk membatasi parameter, Anda dapat melakukan pencarian multi-parameter (misalnya Argumen-1; Argumen-2). [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel