Mengenal Berbagai Jenis Cloud Storage - iCloud dan MobileMe

17 Nov 2011 14:30 4855 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Cloud storage merupakan perkembangan tren teknologi saat ini. Ia menggunakan teknologi *cloud computing*, layanan *cloud storage* memberikan Anda *password* yang mana berfungsi untuk melindungi akses ke *storage* atau ruang penyimpanan *online*. Sebelumnya Paseban pun pernah membahas mengenai media penyimpanan secara *online* beberapa waktu yang lalu.

Cloud storage merupakan perkembangan tren teknologi saat ini. Ia menggunakan teknologi cloud computing, layanan cloud storage memberikan Anda password yang mana berfungsi untuk melindungi akses ke storage atau ruang penyimpanan online. Sebelumnya Plimbi pun pernah membahas mengenai media penyimpanan secara online beberapa waktu yang lalu.

Di sini Anda dapat meng-upload file ke ruang penyimpanan sebagai back up konten dari hard drive Anda, sebagai ruang tambahan untuk melengkapi hard drive Anda, atau hanya untuk membuat file-file menjadi online dari komputer lain atau perangkat mobile yang tersedia.

Cloud storage produk Apple, iCloud, dirancang untuk bekerja secara lancar dengan semua perangkat Apple yang terhubung ke Internet. Sebagai contoh, Anda dapat meng-upload foto dari iPhone dan mengaksesnya dari MacBook Anda, meng-upload musik dari MacBook Anda untuk mendengarkannya dari iPod Touch Anda, atau meng-upload dokumen penting dari desktop Mac untuk mengaksesnya dari iPad Anda ketika Anda berpergian.

Tapi iCloud bukanlah layanan penyimpanan online pertama Apple. MobileMe sudah lama berdiri sebagai pendahulu iCloud, ia menawarkan layanan sinkronisasi dengan biaya langganan tahunan. tujuan utama MobileMe adalah untuk menyimpan file-file tertentu yang disinkronkan pada beberapa perangkat. Ini termasuk email, kontak, kalender, bookmark browser, galeri foto juga jasa Apple iWeb dan iDisk. Meskipun MobileMe dibuat khusus untuk produk Apple, ia juga memberikan pilihan kepada pengguna untuk mensinkronisasi data dari komputer non-Apple.

Apple memperbarui MobileMe dan bergabung ke dalam penawaran layanan iCloud baru. iCloud tidak hanya menggantikan MobileMe, juga menambahkan fitur, fleksibilitas dan layanan gratis hingga 5 GB ruang penyimpanan. Selain itu, produk digital yang Anda beli melalui iTunes Store Apple juga tersedia pada akun iCloud Anda tanpa mengurangi jatah 5 GB gratisnya.

Seperti pendahulunya MobileMe nya, keuntungan terbesar iCloud adalah bahwa ia dapat terintegrasi ke dalam perangkat lunak Apple. Itu membuat iCloud menjadi pilihan cloud storage yang paling nyaman, bagi Anda yang menggunakan komputer dan perangkat mobile Apple. Aplikasi yang Anda gunakan dalam Mac OS X dan Apple IOS dapat terhubung ke ruang iCloud Anda dan secara otomatis menyimpan data Anda di sana, termasuk daftar kontak Anda dan galeri foto. Dan seperti MobileMe, iCloud juga dapat diperluas untuk mencakup perangkat Apple yang digunakan oleh anggota keluarga lainnya. Dengan iCloud, Anda dapat memastikan data Anda terus disinkronkan ke setiap perangkat Apple Anda saat mereka terhubung ke Internet. [ND]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel