Waspadai dan Hati-hati terhadap Virus Handphone

16 Nov 2011 12:00 3593 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Handphone pada dasarnya adalah sebuah mini-komputer dan orang-orang yang menggunakan handphone untuk browsing web bisa saja kurang beruntung dan berakhir dengan virus. Jika handphone Anda telah menjadi tidak responsif atau bertindak tidak teratur, sangat mungkin perangkat Anda memiliki virus.

Handphone pada dasarnya adalah sebuah mini-komputer dan orang-orang yang menggunakan handphone untuk browsing web bisa saja kurang beruntung dan berakhir dengan virus. Jika handphone Anda telah menjadi tidak responsif atau bertindak tidak teratur, sangat mungkin perangkat Anda memiliki virus. Sebagian besar handphone dasar tidak menjalankan risiko mendapatkan virus, sedangkan handphone yang lebih canggih, seperti smartphone, PDA atau perangkat tablet lebih rentan terhadap virus handphone karena sistem operasi mereka. Semakin kompleks ponsel, semakin banyak peluang ia mendapatkan virus seluler.

Bagi Anda yang gemar mengecek email via handphone, misalnya. Hati-hati akan email dengan kategori yang destruktif atau mengganggu yang Anda temukan dalam inbox atau spam folder. Beberapa email dapat berisi attachment yang menyertakan virus handphone atau hal-hal yang tidak kita inginkan seperti virus, worm atau trojan horse.

Dalam banyak kasus, virus handphone via email ini bukan virus yang "sebenarnya" karena mereka tidak bisa meniru tanpa interaksi manusia. Meskipun demikian, mereka dapat dengan efektif mematikan sistem utama email Anda.

Untungnya, banyak aplikasi anti-virus ada yang dapat menghapus virus handphone dan mencegah mereka menghancurkan handphone Anda. Perusahaan software anti-virus besar, seperti Trend Micro dan Norton, telah banyak menawarkan aplikasi anti-virus handphone. Perusahaan lainnya juga turut berkontribusi akan pengadaaan aplikasi anti-virus ini termasuk NetQin Anti-Virus Mobile, Droid Security dan Trend Smart Surfing.

Dengan adanya aplikasi software anti-virus, maka ia dapat melakukan scan pada aplikasi lain yang Anda gunakan, meng-scan halaman web yang Anda kunjungi dan meng-scan isi ponsel Anda untuk mengecek kemungkinan adanya virus. Sebagian besar aplikasi dapat di-minimize saat proses scan berlangsung.

Selain itu beberapa aplikasi anti-virus bebas untuk download ke handphone Anda. Anda cukup memeriksa toko aplikasi handphone Anda, Android Market misalnya atau coba download software antivirus ini langsung dari situs resminya. Kemudian lakukan update pada antivirus Anda tersebut secara berkala untuk menjaga kepekaannya terhadap virus.

Jangan lupa untuk mengecek apakah handphone Anda memiliki aplikasi anti-virus resmi atau tidak. Jika Ya, maka coba gunakan versi resmi yang tersedia atau gunakan anti-virus yang direkomendasikan oleh operator handphone Anda. Ini akan memastikan bahwa Anda menginstal software terbaik dan tentunya tidak akan merusak handphone Anda. [ND]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel