Mengenal User Interface Operating System

15 Nov 2011 15:00 4826 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Dalam teknologi informasi, *user interface operating system* adalah segala sesuatu yang dirancang menjadi sebuah perangkat informasi yang mana seorang manusia dapat berinteraksi, termasuk layar, keyboard, mouse, penampilan desktop, karakter *illuminate*, pesan bantuan, dan bagaimana sebuah program aplikasi atau situs Web berinteraksi dan meresponnya.

Operating system berfungsi untuk mengontrol setiap tugas yang komputer Anda lakukan dan mengelola sumber daya sistem untuk mengoptimalkan kinerja. Kali ini kita akan mempelajari bagaimana operating system bisa menangani semuanya sehingga Anda bisa mengerjakan banyak hal tanpa membuatnya crash.

Sama seperti API yang menyediakan cara yang konsisten bagi aplikasi untuk menggunakan sumber daya sistem komputer, user interface (UI) membawa struktur interaksi antara pengguna atau user dengan komputer.

Dalam teknologi informasi, user interface operating system adalah segala sesuatu yang dirancang menjadi sebuah perangkat informasi yang mana seorang manusia dapat berinteraksi, termasuk layar, keyboard, mouse, penampilan desktop, karakter illuminate, pesan bantuan, dan bagaimana sebuah program aplikasi atau situs Web berinteraksi dan meresponnya.

Pada awal keberadaan komputer, user interface adalah layar tampilan yang hampir kosong dengan baris perintah, keyboard, dan satu set perintah yang ditanggapi oleh komputer. Baris perintah ini menyebabkan menu (daftar pilihan yang ditulis dalam teks) mendominasi layar.

Dalam dekade terakhir, hampir semua pembangunan user interface operating system berada pada bidang graphical user interface (GUI), dari Xerox Palo Alto Research Center, lalu diadopsi dan disempurnakan oleh Apple Computer, dan akhirnya secara efektif dijadikan standar oleh Microsoft dalam sistem operasi Windows yang sekarang menerima sebagian besar perhatian dan memperoleh sebagian besar pangsa pasar. Operating system open-source yang populer Linux juga mendukung user interface grafis ini.

Selain itu, terdapat user interface lain, beberapa berbentuk grafis sementara yang lainnya tidak. Unix, misalnya, memiliki user interface yang disebut "shell" yang menghadirkan user interface yang lebih fleksibel dan kuat daripada operating system interface standar berbasis teks. Program seperti C Shell dan Korn Shell adalah interface berbasis teks yang dapat menambah utilitas, tetapi tujuan utama mereka adalah untuk membuat user agar lebih mudah untuk memanipulasi fungsi dari operating system. Ada juga graphical user interface, seperti X-Windows dan Gnome, yang membuat lebih unik seperti komputer Windows dan Macintosh dari sudut pandang user.

Sangat penting untuk diingat bahwa dalam semua contoh ini, user interface adalah program atau seperangkat program yang duduk sebagai lapisan di atas operating system itu sendiri. Memang benar terdapat persamaan namun mekanismenya agak berbeda. Fungsi core operating system pada pengelolaan sistem komputer terletak pada kernel dari operating system. Display manager-nya terpisah, meskipun mungkin harus diikat erat ke kernel di bawah. Hubungan antara kernel operating system dan user interface, utilitas dan software lain mendefinisikan banyak perbedaan dalam operating system hari ini, dan selanjutnya akan menentukan mereka di masa depan. [ND]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel