Perbandingan Bundling Modem EVDO Rev. B - ZTE AC2791 VS Huawei EC306-2

11 Nov 2011 16:00 11050 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Anda tentu sudah mendengar pada jaringan telekomunikasi berbasis CDMA, teknologi EVDO Rev.B Fase 2 baru saja memasuki Indonesia. Karena masih terbilang baru, hardware yang mendukung EVDO Rev.B masih sangat jarang, termasuk untuk modem EVDO Rev.B.

Anda tentu sudah mendengar pada jaringan telekomunikasi berbasis CDMA, teknologi EVDO Rev.B Fase 2 baru saja memasuki Indonesia. Karena masih terbilang baru, hardware yang mendukung EVDO Rev.B masih sangat jarang, termasuk untuk modem EVDO Rev.B.

Saat Plimbi menulis artikel ini, hanya ada dua varian modem EVDO Rev.B yang tersedia di pasaran tanah air, ZTE AC2791 dan Huawei EC306-2. Mari kita bahas kedua modem EVDO Rev.B tersebut.

ZTE AC2791

Modem bundling Smartfren seharga Rp 699.000 ini memiliki spesifikasi:

  • CDMA 2000 1x EVDO REV. B 800/1900 Mhz.

  • Download hingga 14.7 Mbps dan upload hingga 5.4 Mbps.

  • RUIM Enable, menyediakan slot SIMcard dan bukan sistem inject.

  • Menyediakan slot MicroSD dan dapat berfungsi sebagai flashdisk.

  • Kompatibel untuk OS (Operating System) Windows 7, Windows XP, Windows Vista, Mac OS X 10.5 (Leopard), 10.6 (Snow Leopard), dan 10.7 (Lion).

  • Bisa digunakan untuk SMS dan telepon via GUI (Graphical User Interface), software pada PC bawaan dari modem.

Dalam penggunaan aktif selama 5 jam, modem besutan ZTE ini cukup handal dan hanya terasa hangat, tidak panas, dan mampu untuk dicolokkan pada router Wifi. Namun tentu saja karena bundling dari Smartfren, modem ini dalam keadaan lock hanya bisa menggunakan SIM card milik Smartfren. Tetapi sebagian dari Anda pasti tahu unlock bukanlah hal yang tidak mungkin.

Huawei EC306-2

Modem yang juga bundling dari Smartfren seharga Rp 699.000 ini memiliki spesifikasi yang tidak jauh berbeda dengan ZTE AC 2791, keduanya hanya memiliki sedikit perbedaan.
Kelebihan:

  • Modem ini juga sangat handal seperti ZTE AC 2791 tidak panas saat digunakan dalam waktu lama.

  • Seperti ZTE AC 2791, bisa dicolokkan ke router WiFi.

  • Tidak dalam keadaan lock seperti ZTE AC2791, jadi bisa menggunakan SIM card operator lain.

Kekurangan:

  • Berbeda dengan ZTE AC2791, Huawei EC306-2 hanya bisa digunakan untuk SMS via GUI (Graphical User Interface), software pada PC bawaan dari modem.

  • Casing sedikit "ringkih" dan berbunyi saat anda tekan-tekan.

Apabila Anda perhatikan, harga modem EVDO Rev.B ini memang lebih mahal daripada EVDO Rev.A yang sudah bisa didapatkan dengan harga 200 ribuan. Pilihan harga paket internetan yang disediakan Smartfren juga belum memiliki "paket ekonomis" seperti EVDO Rev.A. Dimana paket internetan EVDO Rev.A bisa didapatkan dengan harga termurah Rp. 50.000 sebulan, sementara paket internetan EVDO Rev.B termurah pada harga Rp. 150.000 sebulan.

Semoga saja harga modem dan paket internet-an ini akan turun nantinya, sama seperti yang pernah terjadi pada EVDO Rev.A pertama kali keluar. [RY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel