Mengenal Bandwith dan Teknologi Streaming pada TV Internet

10 Nov 2011 12:00 5944 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sebelumnya Paseban pernah membahasa mengenai apa itu TV internet. Kali ini Paseban akan mengupas dua hal yang membuat TV Internet mungkin berjalan dan berfungsi sebagai mana mestinya. Teknologi TV Internet ini tentu penting untuk Anda ketahui, karena teknologi ini kedepan mungkin akan popular pada saatnya nanti.

Sebelumnya Plimbi pernah membahas mengenai apa itu TV internet. Kali ini Plimbi akan mengupas dua hal yang membuat TV Internet mungkin berjalan dan berfungsi sebagai mana mestinya. Teknologi TV Internet ini tentu penting untuk Anda ketahui, karena teknologi ini kedepan mungkin akan popular pada saatnya nanti.

Satu hal yang memungkinkan TV Internet berjalan adalah bandwidth. Untuk memahami bandwidth, cara mudahnya yakni dengan berpikir bahwa Internet adalah rangkaian jalan raya dan informasi sebagai mobilnya. Jika hanya ada satu mobil di jalan raya, mobil dapat melakukan perjalanan dengan cepat dan mudah. Jika ada banyak mobil, bagaimanapun, kemacetan lalu lintas dapat memperlambat segalanya. Nah, Internet bekerja dengan cara yang sama, jika hanya satu orang yang men-download satu file, proses transfer maka akan cukup cepat. Namun jika beberapa orang mencoba untuk men-download file yang sama, maka proses transfer dapat jauh lebih lambat.

Dalam analogi ini, bandwidth adalah jumlah jalur di jalan raya. Jika bandwidth web terlalu rendah, maka lalu lintas akan menjadi padat. Jika web meningkatkan bandwidth, informasi akan dapat melakukan perjalanan bolak-balik tanpa banyak kerumitan. Bandwidth merupakan hal penting untuk TV Internet, karena mengirim sejumlah besar data video dan audio melalui Internet membutuhkan bandwidth besar.

Bagian penting kedua dari TV Internet adalah streaming audio dan video. Teknologi streaming memungkinkan kita untuk menonton video langsung atau on-demand tanpa men-download copy-an nya langsung ke komputer.

Ada beberapa langkah dasar untuk menonton streaming audio dan video:

Pertama, Anda membutuhkan sebuah server untuk menyimpan data video. Bila Anda ingin menonton video, maka tentunya Anda akan meng-klik perintah yang tepat, seperti "Play" atau "Watch." Ini kemudian mengirimkan pesan ke server yang mengatakan bahwa Anda ingin menonton video tertentu.

Server merespon dengan mengirimkan data yang diperlukan. Ia menggunakan protokol streaming media untuk memastikan data tiba dalam kondisi baik dan dengan semua bagian dalam urutan yang benar. Sebuah plugin atau player di komputer seperti Windows Media Player dan RealPlayer adalah dua contoh populer untuk memutarkan audio atau video tersebut.

Kelemahan TV Internet yakni dalam hal koneksi. Pengguna dengan koneksi internet yang lambat mungkin mengalami kesulitan mendapatkan data cukup cepat. Banyak yang mengeluh bahwa kualitas videonya lebih rendah jika dibandingkan dengan layar HDTV, dan situs Web memiliki kesulitan dalam menyediakan bandwidth yang cukup. Peer-to-peer software dapat menawarkan solusi, karena ia dapat menyebar jumlah informasi yang tersedia di banyak komputer daripada meletakkan semua beban pada satu server.

Lepas dari kelemahannya, TV Internet bisa mengubah cara kita mendapatkan berita dan hiburan melalui layar televisi. [ND]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel