Mengenal Protokol Jaringan Internet pada Smartphone

10 Nov 2011 08:00 6428 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
*Smartphone* menggunakan teknologi jaringan telepon seluler untuk mengirim dan menerima data (seperti panggilan telepon, *web browsing*, *transfer file*). Pengembang mengklasifikasikan teknologi ini ke beberapa generasi. Generasi pertama mencakup teknologi ponsel analog. Ponsel digital memerlukan protokol jaringan yang lebih maju, yang merupakan generasi kedua.

Smartphone menggunakan teknologi jaringan telepon seluler untuk mengirim dan menerima data (seperti panggilan telepon, web browsing, transfer file). Pengembang mengklasifikasikan teknologi ini ke beberapa generasi. Generasi pertama mencakup teknologi ponsel analog. Ponsel digital memerlukan protokol jaringan yang lebih maju, yang merupakan generasi kedua. Antara generasi kedua dan tiga, insinyur jaringan membuat protokol jaringan yang lebih maju daripada teknologi digital dua generasi tapi tidak begitu inovatif yang mana mereka adalah generasi yang benar-benar baru.

Pengembang mengacu pada jaringan protokol sebagai generasi 2,5. Generasi ini mencakup beberapa protokol smartphone awal, beberapa di antaranya masih digunakan sampai sekarang.

Layanan Radio Paket Umum atau General Packet Radio Services (GPRS) adalah, wireless berbasis paket layanan komunikasi dan sampai saat ini protokol 2.5G merupakan standar yang paling digunakan dalam smartphone. Tidak seperti koneksi suara circuit-switched, ini adalah paket-switched, yang mana koneksinya selalu on dan tetap aktif selama telepon berada dalam jangkauan layanan.

Hal ini memungkinkan smartphone untuk melakukan hal-hal seperti aplikasi yang dijalankan dari jarak jauh melalui interface, jaringan dengan Internet, berpartisipasi dalam sesi instant messenger, bertindak sebagai modem wireless untuk komputer dan mengirim atau menerima email. GPRS ini dapat mengirim dan menerima data dengan kecepatan 114 kilobyte per detik.

Salah satu protokol yang lebih cepat daripada GPRS yang digunakan di pasar Amerika Serikat adalah Enhanced Data GSM Environment (EDGE). EDGE dapat mengirimkan data pada lebih dari tiga kali tingkat GPRS (384 Kbps). Banyak smartphone di Amerika Serikat sekarang menggunakan protokol EDGE. Namun, protokol ini hanya memiliki 2,5 generasi. Generasi ketiga (3G) adalah yang terbaru dalam teknologi komunikasi jaringan. Protokol pada 3G mentransmisikan sebutan megabyte per detik daripada kilobyte (terkadang secepat 10 Mbps). Sementara beberapa maskapai mendukung protokol 3G, masih banyak yang mengandalkan teknologi 2.5G. Eropa dan Asia memiliki integrasi 3G lebih kuat dalam jaringan masing-masing ponsel. Beberapa protokol 3G diantaranya:

  • Universal Mobile Telecommunication Service (UMTS)

  • Wideband Code-Division Multiple Access (WCDMA)

  • High-Speed Downlink Packet Access (HSDPA)

  • Evolution Data Maximized (EVDO) ND

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel