Tips Memperpanjang Hidup Baterai iPad

9 Nov 2011 09:00 5356 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sama seperti dengan iPhone atau iPod Touch, masa pakai baterai iPad Anda akan lebih pendek jika digunakan secara terus menerus. Namun, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk menjaga perangkat Anda sehingga Anda bisa menghemat baterai iPad, berikut tips-tipsnya

Sama seperti dengan iPhone atau iPod Touch, masa pakai baterai iPad Anda akan lebih pendek jika digunakan secara terus menerus. Namun, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk menjaga perangkat Anda sehingga aktif selama beberapa jam tanpa khawatir perangkat Anda mati tiba-tiba karena kehabisan baterai atau nge-drop. Setidaknya di sini Anda perlu bagaimana cara memperpanjang hidup baterai iPad.

Pada artikel kali ini Plimbi akan menjelaskan apa yang dapat Anda lakukan untuk memperpanjang hidup baterai iPad Anda. Berikut ini adalah cara memperpanjang hidup baterai iPad dari Paseban.

  1. Matikan WiFi dan setting data selular (iPad + 3G). iPad akan menguras daya baterai ketika mencari dan mencoba untuk connect ke menara WiFi atau jaringan selular terdekat, sehingga jika Anda tidak berencana menggunakan Safari atau aplikasi yang membutuhkan fitur ini, segera matikan mereka.

  2. Matikan atau kurangi waktu untuk mengambil data. Data yang di-update secara teratur termasuk pemberitahuan email dan RSS feed.

Caranya pergi ke "Setting". Tekan pada "Mail, Contacts, Calendars" dan pergi ke "Fetch New Data". Tekan "Manually". Atau sebagai alternative tekan Bergantian, tekan "Hourly" untuk meningkatkan pengambilan waktu jeda.

  1. Matikan push notifikasi. Kegunaan dari langkah ini tergantung pada seberapa banyak email atau IM + yang biasanya Anda terima, jika biasanya Anda mendapatkan banyak notifikasi, maka langkah ini mungkin layak digunakan karena hal ini dapat menguras baterai.

Caranya pergi ke "Setting" >> "Mail, Contacts, Calendars" >> "Fetch New Data". Kemudian matikan "Push".

  1. Kurangi kecerahan. Semakin terang layar maka lebih banyak daya baterai yang iPad Anda konsumsi.

Cara mengurangi kecerahan layar yakni dengan pergi ke "Setting" >> kemudian pilih "Brightness & Wallpaper"

Pilih "Auto Brightness" ini memungkinkan iPad untuk mengatur kecerahan tergantung pada kecerahan lokasi Anda, atau coba tarik slider ke kiri untuk menurunkan kecerahan layar secara default. 25 persen hingga 30 persen kecerahan seharusnya cukup untuk penggunaan di siang hari, dan bagi kebanyakan orang, juga cukup untuk digunakan pada malam hari.

  1. Matikan sound effect. Sound dapat menyebabkan baterai terkuras lebih cepat jika mereka sering digunakan karena diaktifkan secara default, mereka akan terdengar setiap kali Anda menerima notifikasi atau ketika menekan tombol untuk keyboard pada layar.

Caranya pergi ke "Settings", "General", dan "Sounds". Ada lima pilihan berbeda pada equalizer untuk "Increase/Decrease" (kenaikan/penurunan sound). Atau, Anda dapat beralih ke "On/Off" jika mau. Tentunya dengan menonaktifkan sound akan mengurangi penggunaan baterai ini.

  1. Matikan layanan lokasi. Penggunaan aktif pada peta dan layanan lokasi lainnya akan menguras baterai. Jika ditinggalkan dalam keadaan "on" Peta akan update terus menerus, dan menguras baterai Anda.

  2. Hindari terlalu sering menggunakan aplikasi 3D atau grafis yang berat. BrickBreaker HD tentunya tampak hebat dalam definisi tinggi, tapi bermain untuk jangka waktu yang lama akan menguras baterai tanpa terasa.

  3. Aktifkan Airplane Mode jika Anda memiliki iPad 3G +. Ini akan mem-blok semua sinyal nirkabel iPad dan akan meningkatkan masa pakai baterai. Di daerah di mana 3G tidak merata atau lemah, ini bisa menguras baterai bahkan lebih, jadi ide yang sangat baik untuk mematikannya dalam situasi seperti ini.

  4. Jauhkan iPad jauh dari suhu ekstrem. Suhu tinggi atau rendah yang ekstrem dapat menyebabkan masa pakai baterai berkurang. Jaga lingkungan iPad antara 0 º C dan 35 º C.

Berhati-hatilah menggunakan casing iPad saat pengisian baterai, karena hal ini dapat mengurangi ventilasi yang memadai, meningkatkan suhu iPad dan berpotensi merusak baterai.

  1. Jaga software Anda agar tetap up-to-date setiap saat. Apple merekomendasikan proses update secara teratur karena biasanya mereka mencari cara baru untuk mengoptimalkan kinerja baterai dpada setiap pembaruan software-nya.

  2. Aktifkan fitur auto-lock. Ini berarti bahwa iPad Anda akan mati otomatis setelah jangka waktu tertentu jika dibiarkan tidak aktif.

Caranya pergi ke "Settings", "General", dan tekan pada "Auto Lock". Jangan lupa setting interval untuk beberapa jeda waktu yang singkat, misal satu menit.

Sebagai penutup, ingat untuk selalu mengisi daya baterai iPad Anda sebelum meninggalkan rumah, terutama jika hendak melakukan perjalanan panjang. Jangan lupa untuk membawa charger jika Anda akan pergi semalaman, atau untuk jangka waktu yang lama. Lakukan kalibrasi baterai bulanan. Kuras isi baterai, kemudian isi kembali hingga 100 persen penuh.

Pengisian baterai dalam lingkungan yang hangat mengurangi jumlah muatan yang diterima oleh baterai dan menurunkan tegangan yang dicharge pada baterai. Jadi charge iPad Anda di tempat yang dingin untuk mendapatkan daya maksimum. Semoga tips memperpanjang hidup baterai diatas dapat membantu Anda! [ND]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel