Tips Online dan Kegiatannya ala Secret Agent

8 Nov 2011 14:00 4149 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Dalam kegiatan *online* sehari-hari, Anda pasti sudah mengetahui pentingnya sebuah keamanan. Tahukah Anda hal yang mungkin bagi beberapa orang sangat "ribet," bisa menjadi suatu hal yang menyenangkan dan "*cool*", setidaknya apapun itu, Anda masih memerlukan tips online untuk kegiatan Anda yang satu ini.

Dalam kegiatan online sehari-hari, Anda pasti sudah mengetahui pentingnya sebuah keamanan. Tahukah Anda hal yang mungkin bagi beberapa orang sangat "ribet," bisa menjadi suatu hal yang menyenangkan dan "cool", setidaknya apapun itu, Anda masih memerlukan tips online untuk kegiatan Anda yang satu ini.

Kali ini Plimbi ingin berbagi tips online & tricknya untuk meng-upgrade kegiatan online Anda ala agen rahasia, Secret Agent Mode: on. Berikut tips online ala Plimbi:

Berbelanja Online Menggunakan VCC (Virtual Credit Card)

Tips online yang pertama adalah dengan "membuang" semuanya merupakan aktivitas standar dari seorang agen rahasia di sebuah film, membakar foto, video, dan bukti-bukti lain tentang identitas atau keberadaannya. Anda bisa menerapkan hal ini dan menggunakan nomor kredit card yang bisa dibuang.

Sulit untuk melacak seseorang yang menggunakan nomor kartu kredit yang berbeda setiap waktu, dan lebih sulit lagi untuk mencuri identitas maupun rekeningnya. Apabila Anda menyukai berbelanja online karena produk-produk unik yang tersedia disana, namun khawatir dengan keamanan transaksi online, penggunaan VCC dengan konsep "sekali pakai buang" bisa menjadi solusi yang manjur untuk Anda.

Enkripsi Data atau File Pribadi

Seorang agen rahasia umumnya tidak memiliki data pribadi untuk di enkripsi, karena data pribadi mereka telah diamankan dan dikunci oleh pihak yang berkuasa. Tetapi karena Anda adalah rakyat biasa, tool enkripsi yang bagus Anda perlukan untuk mengamankan data pribadi.

Tidak semua data harus anda enkripsi, ketika Anda memiliki data atau file sensitif yang tidak ingin orang lain melihatnya atau mencurinya, bukanlah ide yang buruk apabila Anda mengamankan data atau file tersebut dengan enkripsi.

Modif Tinta Printer Untuk Menghasilkan Pesan Tak Terlihat

Dengan memodifikasi tinta kuning pada printer Anda dengan jus lemon terkonsentrasi, Anda bisa menciptakan pesan tak terlihat yang hanya akan terbaca saat ia dipaparkan pada hawa panas (contoh: disetrika). Untuk memodifikasi printer Anda agar menghasilkan pesan tak terlihat, Anda bisa melihat pada video berikut:

 

Invisible Ink Printer

 

Menyembunyikan File di Dalam File Lain

Tips Online berikutnya adalah dengan Steganografi, atau seni untuk menyembunyikan sesuatu di tempat yang terbuka, adalah taktik agen rahasia yang bisa Anda manfaatkan pada kehidupan Anda. Pada dasarnya hal tersebut adalah menciptakan Security(keamanan) melalui Obscurity(tidak jelas/kabur), dan bisa menerapkan hal tersebut pada komputer Anda dengan menyembunyikan file di dalam file lain.

Contoh penerapan steganografi adalah menyembunyikan file pada sebuah file jpg menggunakan Winrar. Pada intinya hal ini sama seperti menciptakan file rar, hanya saja ditambah dengan teknik tertentu:

  1. Ciptakan file rar dari file yang akan Anda sembunyikan.

  2. Siapkan file jpg yang Anda gunakan.

  3. Buka aplikasi Command Prompt Windows. Umumnya Command Prompt secara default akan menampilkan parameter C:\Documents and Settings\"nama profile Anda" untuk lebih mudahnya simpan kedua file rar dan jpg pada folder tersebut.

  4. Pada Command Prompt ketikkan: copy /b "nama file jpg".jpg + "nama file rar".rar kemudian tekan "Enter."

  5. selanjutnya akan muncul notifikasi "1 file(s) copied."

  6. Selesai.

Foto atau gambar dari file jpg tersebut masih tetap akan bisa dilihat seperti biasa. Dan apabila Anda ingin mengambil kembali file yang Anda sembunyikan, buka Winrar pilih "open archive -> pada files of type pilih all files -> pilih file jpg tersebut." setelah itu Winrar akan menampilkan file yang Anda sembunyikan untuk di ekstrak.

Have fun! Secret Agent Mode: On! [RY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel