Teknologi Terbaru Microsoft Untuk Membersihkan Kuman Dan Virus dari Ponsel Touchscreen

4 Nov 2011 15:00 4538 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Bersumber dari paten yang diajukan Microsoft, nampak bahwa Microsoft sudah menemukan cara dan sedang menggarap teknologi "*self-cleaning touchscreen*" di mana ini memanfaatkan sinar UV (Ultra Violet) sebagai "pembersih ajaib."

Pada perkembangan teknologi saat ini, layar sentuh atau touchscreen adalah bagian yang bisa dibilang pusat dari pengoperasian sebuah perangkat, di mana ia berfungsi sebagai layar tampilan utama dan juga sebagai tombol navigasi. Oleh karena itu layar sentuh akan menjadi bagian yang paling sering digunakan dan disentuh oleh tangan, di mana "kotor" akan menjadi sesuatu yang wajib. Apalagi perkembangan yang terjadi saat ini, teknologi ponsel touchscreen menuju ke arah diterapkan pada sarana publik seperti ATM, denah petunjuk sebuah mall, dan yang lainnya.

Sebelum bayangan paranoid Anda berkembang hingga berbagai macam tangan manusia yang menjamah ponsel touchscreen dan potensi transfer kuman dan penyakit, Microsoft telah mengembangkan teknologi untuk mengimbangi dampak negatif dari teknologi touchscreen tersebut. Bersumber dari paten yang diajukan Microsoft, nampak bahwa Microsoft sudah menemukan cara dan sedang menggarap teknologi "self-cleaning touchscreen" di mana ini memanfaatkan sinar UV (Ultra Violet) sebagai "pembersih ajaib."

Pada frekuensi yang tepat, sinar Ultra Violet bisa digunakan untuk "disinfects" sebuah permukaan. Dan Microsoft menggunakan konsep ini untuk membersihkan ponsel touchscreen. Istilah teknis dari konsep ini adalah Ultraviolet Germicidal Irradiation (UVGI).

UVGI adalah metode yang sangat efektif menghancurkan mikroorganisme. Metode ini bisa dan telah digunakan dalam berbagai aplikasi, seperti pemurnian makanan, udara dan air. UVGI memanfaatkan short wavelength dari ultra violet yang berbahaya bagi mikro organisme. UVGI efektif dalam menghancurkan asam nukleat dalam organisme sehingga DNA mereka terganggu oleh radiasi UV. Lebih mudahnya, UVGI akan menghilangkan kemampuan reproduksi mereka dan membunuh mereka.

Menurut paten yang diajukan Microsoft, konsep ini sederhana. Setiap ponsel touchscreen akan memiliki komponen yang dinamakan "backlight LED", dan pada bagian komponen tersebut UV LED juga akan ditambahkan. Perangkat juga akan dilengkapi dengan sensor untuk mengetahui apakah sedang digunakan atau tidak. Apabila tidak sedang digunakan proses sterilisasi sinar ultra violet akan aktif, begitu sebaliknya.

Konsep UVGI ini dapat dipastikan akan diterapkan pada perangkat mobile touchscreen, khususnya produk gadget touchscreen Microsoft Windows 8 keluaran berikutnya. [RY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel