Mengintip Rahasia Teknologi Touchscreen iPhone

3 Nov 2011 14:00 5382 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Perangkat elektronik pada umumnya menggunakan banyak metode yang berbeda dalam mendeteksi pemakaian seseorang pada ponsel layar sentuh. Kebanyakannya menggunakan sensor dan sirkuit untuk memantau perubahan dalam keadaan tertentu. Salah satunya adalah produk Apple, layar touchscreen iPhone mampu memantau perubahan arus listrik, sementara lainnya memantau perubahan refleksi gelombang suara atau sinar cahaya inframerah terdekat.

Perangkat elektronik pada umumnya menggunakan banyak metode yang berbeda dalam mendeteksi pemakaian seseorang pada ponsel layar sentuh. Kebanyakannya menggunakan sensor dan sirkuit untuk memantau perubahan dalam keadaan tertentu. Salah satunya adalah produk Apple, touchscreen iPhone mampu memantau perubahan arus listrik, sementara lainnya memantau perubahan refleksi gelombang suara atau sinar cahaya inframerah terdekat.

Untuk beberapa sistem mereka menggunakan transduser untuk mengukur perubahan dalam getaran yang disebabkan oleh jari Anda yang menyentuh permukaan layar untuk memantau perubahan cahaya dan bayangan.

Ide dasarnya cukup sederhana yakni ketika Anda menempatkan jari Anda atau stylus di layar maka ia akan merubah keadaan yang mana dipantau oleh perangkat. Dalam layar yang mengandalkan gelombang suara atau cahaya, jari Anda secara fisik mem-blok atau mencerminkan beberapa gelombang. Kemampuan touchscreen iPhone menggunakan lapisan bahan kapasitif untuk menahan muatan listrik; menyentuh layar merubah jumlah muatan pada titik tertentu pada kontak. Pada layar resistif, tekanan dari jari Anda menyebabkan lapisan konduktif dan resistif dari sirkuit untuk saling menyentuh, mengubah perlawanan sirkuit.

Selama ini, sistem ini dapat dengan baik mendeteksi lokasi hanya dari tepat satu sentuhan. Jika Anda mencoba untuk menyentuh layar touchscreen iPhone di beberapa tempat sekaligus, hasilnya bisa tidak menentu. Beberapa layar akan mengabaikan semua sentuhan setelah yang pertama. Orang lain dapat mendeteksi sentuhan simultan, tetapi software mereka tidak dapat menghitung lokasi masing-masing dengan akurat. Ada beberapa alasan untuk ini, diantaranya:

  • Banyak sistem mendeteksi perubahan sepanjang sumbu atau dalam arah tertentu, bukan pada setiap titik di layar.

  • Beberapa layar bergantung pada lebar system rata-rata untuk menentukan lokasi sentuhan.

  • Beberapa sistem melakukan pengukuran dengan menetapkan baseline terlebih dahulu. Ketika Anda menyentuh layar touchscreen iPhone, Anda membuat baseline baru. Menambahkan sentuhan lain menyebabkan sistem untuk mengambil pengukuran menggunakan baseline yang salah sebagai titik awal.

Apple iPhone adalah berbeda, banyak unsur merupakan multi-touch user interface yang mengharuskan Anda untuk menyentuh beberapa poin di layar secara bersamaan. Sebagai contoh, Anda dapat memperbesar ke halaman Web atau gambar dengan menempatkan ibu jari dan jari pada layar dan menyebarkan mereka terpisah. Untuk memperbesar kembali keluar, Anda dapat mencubit ibu jari dan jari bersama-sama. Touchscreen iPhone mampu menanggapi kedua titik sentuhan dan gerakan mereka secara bersamaan.

Untuk memungkinkan orang untuk menggunakan perintah yang membutuhkan sentuhan beberapa jari, iPhone menggunakan pengaturan baru dari teknologi yang ada. Layar sentuh sensitif yang mencakup lapisan bahan kapasitif, seperti banyak layar sentuh lainnya. Namun, kapasitor iPhone disusun menurut sistem koordinat. Sirkuit yang dapat merasakan perubahan pada setiap titik di sepanjang grid.

Dengan kata lain, setiap titik pada grid menghasilkan sinyalnya sendiri saat disentuh dan relay sinyal ke prosesor iPhone. Hal ini memungkinkan ponsel untuk menentukan lokasi dan gerakan menyentuh simultan di beberapa lokasi. Karena ketergantungan pada bahan kapasitif, iPhone hanya bekerja jika Anda menyentuhnya dengan ujung jari Anda dan tidak akan bekerja jika Anda menggunakan stylus atau memakai sarung tangan non-konduktif. [ND]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel