Cara Mengatasi Masalah pada Symbian V1

30 Oct 2011 13:00 3797 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Bagi para pengguna ponsel Nokia berbasis OS Symbian V1 pastinya pernah mengalami beberapa masalah pada system operasi yang satu ini. Beberapa masalah yang biasanya muncul antara lain seperti kesulitan membuka aplikasi ponsel ataupun aplikasi game yang Anda inginkan.

Bagi para pengguna ponsel Nokia berbasis OS Symbian V1 pastinya pernah mengalami beberapa masalah pada system operasi yang satu ini. Beberapa masalah yang biasanya muncul antara lain seperti kesulitan membuka aplikasi ponsel ataupun aplikasi game yang Anda inginkan.

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi beberapa masalah pada Symbian V1

Aplikasi Error

Jika terjadi kesalahan informasi yang dibaca oleh ponsel Anda, tulisan App Close Main Error pasti akan muncul di layar ponsel Symbian V1 Anda. Akibatnya aplikasi tersebut sama sekali tidak bisa dibuka. Cara mengatasinya antara lain:

  • Mematikan dan menghidupkan kembali ponsel tanpa kartu memori. Hal ini untuk mengurangi beban kerja OS Symbian V1 sehingga hanya terfokus pada memori pada ponsel Anda.

  • Meng-uninstall aplikasi yang tidak berguna. Hal ini dilakukan untuk mengurangi beban memori pada ponsel Symbian V1 Anda.

  • Mengecek dan menghapus beberapa aplikasi yang Anda curigai menyebabkan sistem Symbian V1 Anda menjadi error.

  • Menghapus dan memperbaiki bootdata pada ponsel Anda dengan menjalankan aplikasi seperti FExplorer atau SeleQ dan menghapus file dengan nama "firsboot.dat" di folder C:/SYSYTEM/BOOTDATA/

  • Mengformat ulang ponsel Anda. Langkah ini dilakukan jika langkah-langkah sebelumnya tidak berhasil mengatasi aplikasi error pada ponsel Symbian V1 Anda.

Ponsel Hang dan Menu Start Up Tidak Dapat Ditampilkan

Ponsel Symbian V1 yang tiba-tiba hang dan tidak pada digunakan tentunya sangat menggangu Anda. Bila hal tersebut terjadi Anda dapat melakukan beberapa hal di bawah ini

  • Matikan dan cabut memory card di ponsel Symbian V1 Anda. Coba hidupkan kembali ponsel Anda. Bila ponsel bisa kembali beroperasi dengan baik maka masalah ada pada kartu memori. format ulang atau ganti memori card Anda dengan yang baru.

  • Mengunakan menu safe mode atau mode darurat. Seperti layaknya komputer, ponsel Anda juga dapat beroperasi dengan fitur Safe Mode. Caranya dengan mematikan ponsel Symbian V1 dan menghidupkan kembali dengan menekan tombol "ON" dan tombol "EDIT" secara bersamaan. Tombol edit pada ponsel symbian V1 biasanya memiliki symbol atau gambar pensil.

  • Jika masih belum berhasil maka langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah memformat ulang ponsel Symbian V1 Anda. Caranya dengan menekan tombol "Call" yang berwarna hijau dan tombol bintang secara bersamaan untuk menghidupkan kembali ponsel Anda. Cara lainnya jika Anda bisa masuk melalui menu Safe Mode, maka Anda dapat melakukan format ulang denga memasukkan kode #7370# saat kondisi ponsel Symbian V1 Anda dalam keadaan *standby.

Demikian beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah pada ponsel Symbian V1 Anda. Jika masih belum dapat teratas, sebaiknya Anda segera menghubungi layanan servis untuk memperbaikinya. [EK]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel