Cara Setting MMS Axis Secara Manual

30 Oct 2011 09:00 15280 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Seperti janji Plimbi sebelumnya, setelah Plimbi memaparkan cara *setting* MMS untuk beberapa operator seperti Simpati, Indosat dan 3, kali ini Plimbi akan menjelaskan cara setting MMS Axis.

Sebagai salah satu operator GSM di Indonesia, Axis yang diluncurkan pada April 2008 telah eksis cukup lama dan menjadi salah satu pesaing kuat berbagai provider seluler GSM di Indonesia saat ini. Dengan jaringan yang luas dan terjangkau Anda tentunya ingin bisa berbagi cerita, mengirimkan dan menerima data melalui pesan multimedia atau yang biasa disebut MMS (Multimedia Message Service).

Seperti janji Plimbi sebelumnya, setelah Plimbi memaparkan cara setting MMS untuk beberapa operator seperti Simpati, Indosat dan 3, kali ini Plimbi akan menjelaskan cara setting MMS Axis.

Sebelum Anda bisa mengirimkan dan menerima MMS di ponsel kesayangan Anda, Anda harus memastikan layanan setting MMS Axis telah terpasang dan teraktivasi dengan baik. Untuk mengaktivasi MMS pada kartu perdana Axis Anda saat pertama kali digunakan sebelumnya Anda harus mengaktifkan sambungan GPRS di ponsel Anda. Caraya dengan mengubungi customer service Axis di nomor 838. Anda akan diminta memberikan merek dan tipe ponsel Anda.

Setelah settingan GPRS aktif maka langkah berikutnya adalah mengaktivasi layanan dan setting MMS Axis di ponsel Anda. Untuk melakukan setting MMS Axis ada beberapa parameter yang harus Anda isi pada menu Connection Setting.

Pada kolom Connection Name isilah dengan "AXISmms" dan pada kolom Data Bearer isikanlah dengan "GPRS" atau "PS". Langkah berikutnya untuk setting MMS Axis adalah dengan mengisi kolom Acces Point Name (APN) dengan "AXISmms". Masukkan Username "Axis" dan Prompt Password dengan "No".

Untuk Password isikanlah dengan password standard bawaan kartu Axis yaitu "123456" dan memilih kolom Authentication dengan menu "Normal". Langkah berikutnya untuk setting MMS Axis adalah dengan mengisi kolom Gateway/Proxy IP Address dengan nomor "10.8.3.8" dan pada kolom gateway/Proxy Port isikanlah angka "9201" atau "8080".

Pada kolom Homepage isikanlah situs resmi untuk setting MMS Axis yaitu "http://mmsc.axis". Kemudian pasanglah Connection Security ke mode "Off" dan buatlah setting-an Session Mode pada posisi "Permanent".

Kini setting MMS Axis baik secara otomatis maupun manual di ponsel kesayangan Anda telah berhasil dilakukan. Anda pun kini dapat berbagi pesan multimedia seperti gambar seperti foto atau video dan suara ke pada orang-orang tersayang.

Untuk operator lain, seperti XL, Plimbi akan membahasnya pada artikel mendatang, tunggu saja. [EK]

 

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel